Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cikadangAvatar border
TS
cikadang
Aplikasi Pemilu, Sudah Ada Nama Kalian di DPT?
Pemilihan Umum tahun ini tinggal menghitung hari tepatnya 17 April kita akan menentukan masa depan Indonesia lewat pemimpin kita. Aplikasi Pemilu buatan KPU (Komisi Pemilihan Umum) sebagai upaya KPU mengedukasi pemilih pemula.
Terutama generasi milenial yang tahun ini baru menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali. Kampanye dan publikasi yang tepat sasaran lewat media digital sudah menjadi keharusan bukan hanya tugas KPU,Partai politik melainkan para stakeholder dan orang terdekat yang sudah berpengalaman memilih.
Untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang berkualitas dan berintegritas KPU RI meluncurkan aplikasi. Lewat aplikasi ini diharapkan pemilih maupun pemilih pemula bisa dengan cepat teredukasi bagaimana tata cara memilih saat hari H nanti.

Aplikasi Pemilu
Fitur Serba Cek Aplikasi KPU Pemilu RI 2019
Melalui aplikasi tersebut KPU menyediakan fitur dengan nama Cek data Pemilih. Berdasarkan domisili RT/RW,Kecamatan,Kabupaten hingga Kota. Sudah lengkap jika kamu memasukan NIK(Nomor induk keluarga) dan Nama depan dengan baik dan benar.
Aplikasi Pemilu, Sudah Ada Nama Kalian di DPT?
Sebagai langkah awal kamu harus mengunduh aplikasi pemilu KPU terlebih dahulu di google playstore Aplikasi KPU RI. Setelah kamu mengunduh aplikasi tersebut, muncul atarmuka dengan daftar sebagai berikut :
[ul]
[li]Cek Pemilih[/li]
[li]Cek Calon[/li]
[/ul]
Untuk hasil dan berita seputar pemilu yang bisa kalian cek kebenaran berita tersebut di aplikasi pemilu antara lain :
[ul]
[li]Cek Hoax[/li]
[li]Cek Hasil[/li]
[/ul]
Sesuai dengan kampanye dan publikasi KPU yang menekankan bahwa jadilah pemilih cerdas. Yang dapat memilah dan memilih berita seputar informasi tentang kebenaran informasi/berita tersebut benar atau tidak?

Meme Fakta Pemilu
Salah satu yang menjadi keunggulan dan informasi ini tepat sasaran kepada pemilih muda alias millenial. Meme Fakta Pemilu diperlihatkan dalam aplikasi tersebut. Tentunya bukan sekedar meme yang ada di fitur aplikasi. Tetapi ada pesan kepada pemilih bahwa memilih berdasarkan riset dan inforasi terhadap calon yang akan kita pilih nantinya.
Aplikasi Pemilu, Sudah Ada Nama Kalian di DPT?

Tanpa perlu takut dan tercedari demokrasi kita. KPU konsisten menyuarakan #PemiluAntiHoax melalui campaign yang yang disertai gambar interaktif dalam meme pemilu tersebut. Salah satu cara agar bisa mendekatkan kepada pemilih yang belum terlalu hafal betul bagaimana informasi berita bohong tersebut dan bisa langsung cek keaslian berita.

Cek Hasil Valid Atau Tidak?
Fitur yang mungkin belum banyak orang tahu. Cek Hasil pemilu, fitur yang menurut hemat kami bisa digunakan ketika pemilu sudah selesai. Karena mustahil kita bisa cek hasil pemilu melalui data, sedangkan pemilu saja belum mulai. Oleh karena itu fitur ini ada untuk langsung real time cek hasil pemilu yang sudah berjalan.
Aplikasi Pemilu, Sudah Ada Nama Kalian di DPT?

#SukseskanPemilu2019 suara yang terus didengungkan oleh KPU agar pemilu 2019 ini berjalan dengna damai. Walaupun terdapat perbedaan pilihan, sebagai bangsa Indonesia yang memegang teguh pancasila persatuan dan kesatuan adalah harga mati.
Dengan adanya aplikasi pemilu tersebut tentunya akan sangat membantu para pemilih. Bukan hanya menyasar pemilih pemula saja/millenial tetapi juga orang yang tinggal di pelosok yang baru mengenal internet. Tanpa harus capek cari googling di internet, cukup kalian instal di hp android, kalian sudah beres.

Sosialiasi KPU Yang Tepat Sasaran
Melalui aplikasi ini publik dan peilih akan mengetahui Daftar Pemilih Tetap(DPT). Selain berisi informasi tentang KPU, aplikasi tersebut juga berisi tentang informasi Pemilu 2019. Untuk memastikan aplikasi KPU mudah diakses oleh masyrakat. Untuk itu KPU memutuskan untuk merilis aplikasi yang hanya ada platform android. Belum diketahui apakah iOS aplikasinya ada atau tidak?
Aplikasi Pemilu, Sudah Ada Nama Kalian di DPT?
Alur yang dijelaskan dalam infografis diatas sudah jelas bahwa kita sudah yakin nama kita terdaftar di DPT. Tentunya cara ini tidak akan berguna jika kalian tidak mempunyai hp android terbaik kalian dan tidak ada akses koneksi internet. Tenang saja kalian bisa cek di website KPU dengan nama lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Kalau juga ternyata belum terdaftar segera kirim data diri. Lengkap dengan Kartu KTP dan kartu keluarga kamu ke email layananpemilih@kpu.go.idKalau tidak sekarang kapan lagi kita sebagai generasi penerus bangsa haruslah pintar dan pandai dalam menentukan masa depan Indonesia kedepannya.


0
620
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.