Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

goahraesaAvatar border
TS
goahraesa
Survei Voxpol: PDI-P Peringkat Pertama, Disusul Gerindra dan Golkar
Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 09/04/2019, 19:43 WIB

https://nasional.kompas.com/read/201...dra-dan-golkar

KOMPAS.com/Fabian Januarius Kuwado Suasana Konferensi Pers hasil survei Voxpol Center Research and Consulting di bilangan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Voxpol Center Research and Consulting menyelenggarakan survei mengenai elektabilitas partai politik peserta Pemilu 2019.
Untuk mengukur elektabilitas partai, survei yang dilakukan pada 18 Maret hingga 1 April 2019 ini, mengajukan dua model pertanyaan kepada 1.600 responden yang terlibat.
Dua model pertanyaan itu adalah terbuka dan tertutup.
Hasilnya, ketika diajukan pertanyaan tertutup yaitu dengan mengajukan nama-nama partai politik peserta Pemilu 2019, partai dengan elektabilitas tertinggi yaitu PDI Perjuangan, Gerindra, dan Golkar.

"Hasilnya sebanyak 24,1 persen memilih PDI Perjuangan, lalu 19,3 persen memilih Gerindra, 9,5 persen memilih Golkar, 6,1 persen memilih PKB dan 5,7 persen memilih Demokrat," kata Direktur Exekutif Voxpol Pangi Syarwi Chaniago saat konferensi pers di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).
Sementara, Partai Nasdem dan PAN masing-masing dipilih 4,3 persen dan 4,1 persen responden.
Jika mengacu pada ambang batas parlemen sebesar 4 persen, artinya Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, Hanura, PBB dan PKPI tidak lolos ke Senayan karena elektabilitasnya diprediksi di bawah ambang batas.
Sementara, 14,9 persen responden menyatakan belum memutuskan partai politik pilihannya.

 
"Entah apa yang ditunggu undecided voters ini. Apakah menunggu masa kampanye selesai, menunggu sembako, bantuan mungkin. Atau ada juga yang perlu salat istiqoroh baru nyoblos atau lainnya," ujar Pangi.
Pertanyaan terbuka
Sementara, pada pertanyaan terbuka, responden ditanya partai politik mana yang akan dipilih dalam Pemilu 2019. Bagaimana hasilnya?
"Sebanyak 13,3 persen memilih PDI Perjuangan, 11,9 persen memilih Partai Gerindra dan 4,3 persen memilih Partai Demokrat," ujar Pangi.
Peringkat selanjutnya diisi Partai Golkar dengan 3,7 persen serta Partai Nasdem dan PKB masing-masing sebesar 2,8 persen.

Adapun, partai lain, yakni Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PSI, PAN, Hanura, PPP, PKPI, dan PBB di bawah 2,5 persen.
Pada pertanyaan model ini, jumlah responden yang belum memutuskan, cukup tinggi, yakni sebesar 52,7 persen.
Survei digelar sepanjang 18 Maret hingga 1 April 2019 dengan wawancara tatap muka dan kuisioner.
Jumlah responden sebanyak 1.600 orang yang diambil secara multistage random sampling dari 34 provinsi dan terbagi 50:50 berdasarkan jenis kelamin.
Margin of error survei sebesar 2,45 persen dan tingkat kepercayaannya sebesar 95 persen.

0
1.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.