omcons.redAvatar border
TS
omcons.red
Survei Voxpol Center: Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandi Terpaut 5,5%


Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei elektabilitas pada H-8 pelaksanaan Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul tipis 5,5% dibanding Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei Voxpol Center ini dilakukan pada 18 Maret-1 April 2019. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar +/- 2,45% dan tingkat kepercayaan 95%.

Survei diambil dengan metode wawancara secara tatap muka. Sebanyak 1.600 responden terlibat dalam survei ini, dengan cakupan wilayah sampel 34 provinsi di Indonesia. Pembagian jumlah responden pun dibagi secara berimbang antara perempuan dan laki-laki, yaitu 50:50.

Hasil survei menyatakan pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat suara 48,8%, sedangkan Prabowo-Sandi 43,3%. Adapun undecided voters 7,9%. Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan elektabilitas tersebut dihasilkan secara tertutup menggunakan simulasi surat suara.

"Kalau kita tanya langsung tanpa surat suara itu, hasilnya Jokowi-Ma'ruf mendapat 46,8%, sedangkan Prabowo-Sandi 39,7% dan undecided voters 13,5%, walau tetap saja Jokowi masih unggul," ujarnya dalam rilis survei di Gado-Gado Boplo, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/5/2019).

Pangi menilai elektabilitas Jokowi-Ma'ruf cenderung menurun dibanding survei yang dilakukan sebelumnya. Lalu sebaliknya, ia mengatakan tren pemilih Prabowo-Sandi saat ini sedikit meningkat.

"Pak Jokowi itu cenderung stagnan, kali ini kalau kita lihat trennya itu turun, tapi kalau kita bicara di atas kertas itu Pak Jokowi masih unggul. Kalau bicara tren memang trennya Pak Prabowo lebih baik," ucapnya.

Kedua pasangan capres-cawapres, jelas Pangi, masih dapat merebut undecided voters yang terbilang masih cukup banyak. Tinggal bagaimana, menurutnya, kedua pasangan capres mengambil hati masyarakat.

"Undecided voters kalau dihitung itu sekitar belasan juta ya, masih bisa keduanya merebut itu. Tapi kemudian kita lihat peta politik isu ke depan, blunder atau tidak, kemudian bagaimana untuk menyenangkan pihak mayoritas dan minoritas," papar Pangi.

SUMUR

Semakin tipis gan. Seru nih!
emoticon-Matabelo
tien212700
tien212700 memberi reputasi
2
3.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.