Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Music
  • Cerita Di Balik Lagu "Telstar" Milik The Tornados

metaliqueAvatar border
TS
metalique
Cerita Di Balik Lagu "Telstar" Milik The Tornados


Satelit Telstar

"Telstar" adalah lagu instrumental yang sangat populer yang dirilis pada tanggal 17 Agustus 1962. Suara unik dalam lagu adalah hasil dari dimasukkannya instrumen keyboard yang agak unik yang disebut clavioline. Sama seperti Synthesizer Moog, clavioline menggunakan sirkuit elektronik untuk membuat suara sehingga memberikan kesan bahwa lagu menjadi lebih futuristik dan seperti suara dari dunia lain. Sempurna untuk lagu yang mengambil namanya dari sebuah satelit. Yuk cari tau kisah apa saja yang melatarbelakangi terciptanya lagu Telstar.

Apa itu Telstar?


Thor Delta Meluncurkan Satelit Telstar I, 10 Juli 1962

Telstar adalah nama yang diberikan untuk serangkaian satelit telekomunikasi yang diluncurkan antara tahun 1962 dan 2018. Telstar I dibangun oleh Bell Laboratories dan diluncurkan dari Cape Canaveral pada tanggal 10 Juli 1962 dengan menggunakan roket Thor-Delta.

Telstar I adalah upaya multi-nasional untuk memungkinkan komunikasi trans-Atlantik melalui serangkaian pelacakan dari stasiun darat. Secara total ada 6 stasiun yang dibangun, masing-masing di AS, Inggris, Kanada, Jerman, Prancis, dan Italia, lalu untuk berkomunikasi dengan satelit harus melalui microwave. Karena satelit berputar saat mengorbit dekat bumi, ia memiliki sejumlah antena di bagian tengahnya untuk memungkinkan komunikasi yang tidak terputus.



Telstar I memberikan apa yang pada saat itu disebut sebagai lompatan besar ke depan. Meskipun cukup sederhana dengan standar yang ada saat ini, namun Telstar I ini mampu mendukung panggilan telepon transatlantik yang disiarkan dari luar angkasa dan memungkinkan orang untuk mendapat pengalaman menggunakan TV transatlantik untuk pertama kalinya.
Quote:

Joe Meek dan The Tornados



Joe Meek adalah seorang sound engineer, penulis lagu dan produser yang berasal dari Inggris dan seringkali sosoknya dibandingkan dengan Phil Spector. Meek mengembangkan equivalent-nya sendiri tentang "Wall of Sound" dengan menggunakan teknik di studionya seperti overdubbing dan reverb.

Meek terpesona oleh pekerjaannya saat itu yang dilakukan di Jerman, Prancis dan AS dengan menggunakan suara analog dan ia mulai bereksperimen dengan berbagai cara untuk mengubah impuls listrik menjadi musik. Dia secara luas diakui sebagai salah satu pelopor dengan apa yang disebut sebagai "Space Age Music", sebuah genre yang menangkap kegembiraan zaman dan daya tarik dengan ruang angkasa yang menandai tahun 50-an dan 60-an.

Meek menulis lagu "Telstar" untuk band asal Inggris The Tornados. The Tornados dibentuk pada tahun 1961 yang digunakan sebagai kendaraan untuk menyalurkan ide musik Meek. Band ini terdiri dari Clem Cattini (drum), Alan Caddy (lead guitar), George Bellamy (rhythm guitar), Heinz Burt (bass), Roger LaVern (keyboard) dan Geoff Goddard (clavioline).

Selain tampil sebagai band sendiri, antara Januari 1962 dan Agustus 1963, The Tornados menjadi band pendukung penyanyi Billy Fury, sehingga kemudian muncul sebagai "Billy Fury and The Tornados." Dari rilis single pertama mereka pada tahun 1962 hingga 1965, The Tornados merekam dan merilis total 11 single pada label Decca and Columbia, banyak dari lagu-lagu itu ditulis oleh Meek.

Saat itu tidak ada lagu yang lebih besar dari lagu "Telstar." Lagu ini mencapai tempat nomor satu di tangga lagu AS Billboard pada bulan Desember 1962 dan juga memuncaki tangga lagu nomor satu di Inggris.


Meskipun lagu Telstar sukses secara komersial, umur band The Tornados tidak akan bertahan lama. Pada musim panas tahun 1963, Meek membujuk Heinz Burt untuk memulai karier solo bersamanya. Drummer Cattini pergi pada tahun 1965 untuk memulai karir yang sukses sebagai musisi paruh waktu dan mulai bekerja dengan Sir Cliff Richard. Itu berarti bahwa pada tahun 1965 tidak ada anggota band asli yang tersisa meskipun nantinya ada berbagai inkarnasi band seperti "The New Tornados" dan "Fury's Tornados."

Saat berada di London, Meek bertemu dengan manajer The Beatles Brian Epstein dan telah menolak kesempatan untuk bekerja bersama mereka. Meek berpikir bahwa Merseybeat sebagai genre sedang menuju ambang kemunduran dan menganggap bahwa musik elektronik adalah gelombang masa depan. Meek merasa bahwa musiknya dan lagunya sudah istimewa jadi Meek merasa tidak perlu mendapat bantuan dari orang lain.

Seperti halnya Epstein, Meek juga merupakan seorang lelaki gay di dunia homofobik. Dia memulai hubungan dengan Heinz Burt yang menjadi kekasih dan anak didiknya. Dia menghabiskan banyak uang untuk Burt dan meyakinkannya untuk mewarnai rambutnya yang pirang.

Meek yang lemah lembut juga menderita gangguan depresi karena bipolar dan skizofrenia. Meek percaya bahwa para eksekutif di label Decca telah menyadap apartemennya dan bahwa orang-orang selalu datang untuk memerasnya karena dia seorang gay (homoseksualitas masih ilegal di Inggris pada saat itu). Penggunaan narkoba untuk pelarian hanya memperburuk paranoia-nya. Meek menjadi terobsesi dengan ilmu gaib dan percaya bahwa musik terbaiknya dipengaruhi oleh kekuatan dari dunia lain.

Pada tanggal 3 Februari 1967, Meek menggunakan senapan yang dimiliki Burt, kemudian mengarahkan pistol ke dirinya sendiri dan Meek tewas seketika.

3 Fakta Seputar Lagu Telstar



- Dave Adams yang ikut membantu memproduksi lagu "Telstar," juga merupakan anggota band pendukung Heinz Burt, The Wild Boys. Seorang rekan musisi di band The Wild Boys adalah Ritchie Blackmore, salah satu anggota pendiri mega-band Deep Purple.

- Mendiang Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher pernah berkata bahwa "Telstar" adalah salah satu lagu pop favoritnya.

- Lagu "Telstar" muncul di akhir episode #10 film "Mad Men."


Referensi: Wikipedia
Courtesy Google Image & Youtube



-- Terima Kasih --
Diubah oleh metalique 05-04-2019 13:17
3
3.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.8KThread8.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.