Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bear89800Avatar border
TS
bear89800
Hal Sepele yang Merusak Bumi Kita

Tentu saja kita ingin memiliki rumah yang bersih,nyaman, aman dan sehat.

Demikian juga halnya dengan bumi, tentu saja kita ingin memiliki bumi yang bersih dan layak di tinggali.

Tentu saja kita tidak ingin tinggal di bumi penuh sampah, udara yang berbau dan air yang tercemar. Karena itulah kita memiliki kewajiban untuk ikut menjaga kebersihan bumi kita.

Percaya atau tidak percaya, sebenarnya sampah kita sudah ada dimana-mana. Yang paling banyak adalah sampah plastik.

Walaupun sampah plastik sering di beritakan, sebenarnya jenis sampah di luar sana tidak hanya itu saja. Banyak jenis sampah dan limbah yang berasal dari industri namun kurang menjadi sorotan.

Penyampahan berlangsung terus-menerus. Bahkan kebanyakan orang tidak sadar bahwa tindakan mereka bisa menyebabkan penumpukan sampah dan perusakan lingkungan.

Berikut adalah beberapa hal yang dikira sepele namun menyebabkan penyampahan.

Menerbangkan lentera ke langit.


Dulu, tradisi ini populer di Asia Timur seperti China dan Jepang. Sekarang sih tradisi ini sudah jarang. Walaupun sudah jarang, tradisi ini bisa menyebabkan masalah lingkungan.


Lentera yang terbang pasti akan jatuh di suatu titik kan? Coba bayangkan apa yang akan terjadi jika lentera itu jatuh di lahan yang mudah terbakar, apalagi kalau lilin nya belum padam? Ini akan menyebabkan kebakaran hutan dan lahan. Sama bahaya nya jika lilin itu jatuh di rumah orang lain, pastinya bisa menyebabkan hal yang berbahaya.

Sampah lentera ini juga akan bertebaran kemana-mana, tentu sangat susah untuk mengumpulkan  sampah yang terbang tanpa kepastian.

Menggunakan barang2 non-organik untuk memorial.


Masyarakat memiliki kegiatan untuk menggalang solidaritas ketika ada bencana, tragedi dan peristiwa kemanusiaan. Salah satunya adalah memorial, masyarakat akan meletakkan bunga-bunga, boneka dan barang2 lain di tempat terjadinya tragedi.

Setelah kesedihan itu berlalu, pernahkah ente bertanya kemana perginya bunga dan barang-barang yang kita letak disana?

Kalau bunga karena organik jadi bisa di kumpulkan ke tempat sampah. Lalu bagaimana dengan barang non-organik? Boneka, pembungkus plastik dan lain sebagainya adalah jenis sampah yang susah untuk di urai, butuh ratusan tahun untuk mengurai jenis sampah ini. Jadi sebelum membeli sesuatu coba pikirkan dampaknya.

Keseringan beli Hape Baru.


Tiap tahun pasti ada saja jenis hape keluaran baru dengan fitur baru dan paling penting adalah resolusi kamera yang wawww.


banyak orang langsung beli hape baru dan hape lama tidak di gunakan lagi. Pabrik hape pun akan terus menerus mencetak produk baru, masyarakat terus membeli dan akhirnya sampah elektronik menggunung tak terkendali.

Inilah sebabnya kita harus lebih memperhatikan lagi dampak dari segala tidandakan kita terhadap lingkungan.

Ketika kita menerbangkan balon.


Menerbangkan balon adalah hal yang biasa dilakukan ketika ada event, nikahan (?), atau ada acara tertentu.

Melihat balon ini terbang ke angkasa memang sangat menyenangkan. Lalu setelah terbang ke angkasa, kemana si balon pergi? Apakah dia akan pergi keluar angkasa dan bertemu dengan alien? Ya enggak lah.

Balon yang terbang akan meletus setelah mencapai ketinggian beberapa kilometer. Lalu apa yang terjadi? Sampah dan karet balon ini akan berjatuhan di tempat yang tidak menentu. Ada yang jatuh di puncak gunung, ada yang jatuh di samudra pasifik dan ada yang jatuh di hatimu emoticon-Big Grin

Tak jarang ada hewan yang memakan karet balon karena di kiranya jenis makanan, mereka akan jatuh sakit dan mati perlahan karena memakan karet balon.

Sayangi planet kita, sebelum terlambat.


20
6.8K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.