alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ca72144c9518b45ad58716e/ternyata-pemaes-harus-melakukan-meditasi-sebelum-merias-sang-manten-gansis
Lapor Hansip
05-04-2019 16:35
Ternyata Pemaes Harus Melakukan Meditasi Sebelum Merias Sang Manten GanSis!
Past Hot Thread
Agan Sista ingin menyelenggarakan pernikahan? Pakai adat apa?

Ternyata Pemaes Harus Melakukan Meditasi Sebelum Merias Sang Manten GanSis!

Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak provinsi tentu memiliki banyak kebudayaan GanSis. Tidak hanya soal pakaian, tarian, atau alat musiknya saja, tapi dalam hal pernikahan pun ternyata Indonesia memiliki banyak sekali adat istiadat yang harus dilakukan sebelum pernikahan.

Ternyata Pemaes Harus Melakukan Meditasi Sebelum Merias Sang Manten GanSis!

Sebagai orang yang sering dateng ke pesta pernikahan dengan adat jawa, ane cukup penasaran sama riasan pada wajah dan rambut yang digunakan oleh manten-manten beradat Jawa. Pasti Agan Sista tau kan kalau manten perempuan beradat jawa pasti ada riasan lekukan berwarna hitam pada dahi dan menyatu dengan rambut? Itu namanya paes, GanSis. Lekukan-lekukan paes ini ternyata ga sembarangan loh, setiap lekukannya memiliki makna-makna tersendiri berupa doa untuk sang manten perempuan loh. Misalnya, penunggul yang berarti paling tinggi/paling baik, pengapit yang berarti keseimbangan, penitis sebagai simbol kearifan, serta godheg artinya mengetahui asal usulnya/kembali ke asal.

Ternyata Pemaes Harus Melakukan Meditasi Sebelum Merias Sang Manten GanSis!

Nah, karena paes memiliki arti dan doa yang begitu mendalam, jadi ga sembarangan orang yang boleh melukiskan paes pada wajah manten. Orang yang boleh melalukannya adalah pemaes/dukun manten. Untuk jadi seorang pemaes, banyak banget ritual-ritual yang harus dilakukan GanSis, karena menjadi pemaes bukan hanya membutuhkan skill tapi juga membutuhkan keseriusan dan kesungguhan hati dalam setiap ritualnya. Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemaes adalah meditasi.

Ternyata Pemaes Harus Melakukan Meditasi Sebelum Merias Sang Manten GanSis!

Meditasi merupakan hal yang penting GanSis, karena meditasi akan membuat pikiran dan tubuh seseorang menjadi lebih tenang, lebih bisa mengontrol diri, dan lebih mudah konsentrasi. Pemaes hanya tinggal mencari tempat tenang dan jauh dari keributan, menggunakan pakaian yang nyaman, merilekskan seluruh otot tubuh tanpa melihat apapun sambil mengatur pernapasan, untuk bisa mendapatkan manfaat dari meditasi. Hal-hal yang didapatkan dari meditasi ini sangat bermanfaat bagi seorang pemaes GanSis, dengan begitu seorang pemaes akan mudah berkonsentrasi saat merias manten, sehingga makna dan doa dari setiap riasannya dapat tersampaikan dengan baik.

Itu dia GanSis alasan betapa pentingnya meditasi bagi seorang pemaes. Ternyata jadi seorang pemaes itu ga mudah ya, banyak banget ritual yang harus dilakukan. Tapi walaupun sulit, ternyata ritual-ritual ini berhasil dilakukan oleh Yasnina (Atiqah Hasiholan) untuk menjadi seorang pemaes loh. Kalau Agan dan Sista yang penasaran ritual apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemaes, GanSis bisa langsung aja nonton film Mantan Manten mulai tanggal 4 April 2019 di bioskop kesayangan anda!


Diubah oleh surayrus
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
05-04-2019 18:20
Kalau pamaes orang Jawa asli ati2 gan, ntar bisa ketahuan kalau "nabung" duluan emoticon-Ngakak
1
Lihat 1 balasan
05-04-2019 21:12
baru tau
0
06-04-2019 09:07
Quote:Original Posted By yueda
Kalau pamaes orang Jawa asli ati2 gan, ntar bisa ketahuan kalau "nabung" duluan emoticon-Ngakak


Biar bs beli rmh cash

0
06-04-2019 09:11
gua fokus ke nadin sang mantan waktu smp emoticon-Cape d... (S)


emoticon-Blue Guy Cendol (S)
0
06-04-2019 09:12
wkwkwkw meditasi dan puasa biar waktu di paes bisa pangkling
0
06-04-2019 09:13
promo film terselubung banget
0
06-04-2019 09:17
Ternyata begitu ya, gan.
0
06-04-2019 09:19
ga tapa brata
0
06-04-2019 09:20
karna ane bukan orang jawa, jadi ngeliat cewek pake paes itu ane bingung, cantik nya dimana gitu
0
06-04-2019 09:23
biar maksimal
0
06-04-2019 09:23
Quote:Original Posted By jokerandbane
karna ane bukan orang jawa, jadi ngeliat cewek pake paes itu ane bingung, cantik nya dimana gitu


Kalau cantik sih nisbi.
Semua ada filosofinya emoticon-thumbsup
0
06-04-2019 09:27
Quote:Original Posted By amikurnia
Kalau cantik sih nisbi.
Semua ada filosofinya emoticon-thumbsup


Apatuh nisbi ?
1
06-04-2019 09:39
iklan pilem lagi ya
0
06-04-2019 09:51
Quote:Original Posted By jokerandbane
Apatuh nisbi ?


Nisbi itu tidak mutlak, cantik menurut kita bukan berarti cantik bagi orang lain begitu pula sebaliknya emoticon-thumbsup
Nggak ada yang mutlak semuanya.
0
06-04-2019 09:52
Quote:Original Posted By amikurnia
Nisbi itu tidak mutlak, cantik menurut kita bukan berarti cantik bagi orang lain begitu pula sebaliknya emoticon-thumbsup
Nggak ada yang mutlak semuanya.


Ohh relatif gitu maksudnya
1
06-04-2019 09:53
Quote:Original Posted By jokerandbane
Ohh relatif gitu maksudnya


Iyap anda benar emoticon-thumbsup
0
06-04-2019 09:56
Nambahin..
Terlepas dari iklan, ibuku seorang pemaes..dan betul memang ada ritual khusus sebelum maes 'manten'..
Ritual tersebut dimaksudkan agar sang pengantin terlihat cantik, ganteng, memesona dst.
Selain itu apabila sebelum/dalam/setelah prosesi terjadi hal yg tidak dinginkan..hanya pemaes saja yg bisa menangani..
Contoh kasus, waktu ibuku maes manten laki asal dr sulawesi.
Calon pengantin laki, gak mau dipaes..ngotot gak mau..
Akhirnya sama ibuku disuruh makan 1 sendok nasi.. Setelah mkn, calon pengantin tadi nurut nurut aja pas dipaes..
emoticon-Belomatabelo
0
06-04-2019 09:59
wihh sampe segitunya yah ane baru tau
0
06-04-2019 10:01
kirain main asal gambar terus jadi beres deh emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
06-04-2019 10:06
Ane tau nya biasa sampe kudu puasa dulu
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.