bsdnoobzAvatar border
TS
bsdnoobz
Hasil Survei LKPI, duet Prabowo-Sandi Kalahkan duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin


TIMESINDONESIA, SURABAYA – Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) memprediksi pada Pilpres 2019, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, duet Prabowo-Sandi akan mengalahkan pesaingnya duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

Fakta tersebut terungkap dari hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia  (LKPI) yang dilaksanakan dari tanggal 20 Maret hingga 3 April 2019.

Tingkat eletabilitas pasangan Jokowi-KH Maruf Amin hanya berkisar  40,9 persen dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mencapai 58,1 persen. Dan yang tidak memilih sebanyak 1 persen,” jelas Direktur Eksekutif LKPI, Tubagus Alvin, dalam keterangan pers yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (5/4/2019).

Alvin juga menjelaskan bahwa beberapa faktor yang menyebabkan merosotnya tingkat keterpilihan Jokowi-KH Maruf Amin, diantaranya soal arah negara dibawah kepemimpinan Jokowi.

Hasil survey LKPI kata Alvin, sebanyak 58,1 persen masyarakat berpendapat bahwa negara Indonesia saat ini sedang berjalan ke arah yang salah. Seperti bertambahnya utang negara, tingginya tingkat korupsi yang kian merajalela, mempermudah masuknya tenaga kerja asing di Indonesia serta maraknya jual beli jabatan di pemerintahan dari tingkat desa smpai ke tingkat pusat.

Menurunnya, tingkat pendapatan dan perekonomian keluarga yang sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia sebesar 85,5 persen. "Selama kurun waktu 4 tahun terakhir juga menjadi alasan masyarakat tidak percaya lagi dengan Jokowi,” tegasnya.

Tak hanya itu, kata dia, ketidakpuasan masyarakat dalam keadaan negara saat ini, di bawah kepemimpinan Jokowi menyangkut berkembangnya ideologi khilafah yang sangat meningkat sehingga mengancam ideologi Pancasila dan suburnya politik identitas dalam kehidupan sosial politik.

“Hal ini tercermin  dari temuan survei sebanyak 79,1 persen sehingga mengakibatkan ketidakpuasan masyarakat mencapai 65,6 persen,” tuturnya.

Disisi lain, Alvin juga mengungkapkan sumber perolehan dana dalam melakukan survei kali ini. Karena, kata dia, sebelumnya belum ada lembaga survei yang menjelaskan dari mana dana penelitian didapat.

"Yang pertama, dana didapat dari sumbangan donatur yang terdiri dari pengusaha-pengusaha yang tidak ingin disebutkan namanya. Yang kedua, dana dari LKPI sendiri," katanya.

Menurutnya, para pengusaha menginginkan survei yang independen untuk menentukan kebijakan usahanya di tanah air. "Ini juga penting bagi mereka untuk mengambil kebijakan terkait investasinya di Indonesia," pungkasnya.

Untuk diketahui, survei LKPI melibatkan 2426 responden dengan margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 1.99 persen. Pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Responden terpilih, diwawancarai lewat tatap  muka oleh surveior yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 35 persen dari total sample oleh surveyor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot-check). (*)

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/rea...kh-maruf-amin/

---

Pasangan 01 = 40,9%
Pasangan 02 = 58,1%

Dah disalip gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh bsdnoobz 05-04-2019 17:06
4
4.1K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.