Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
PNS Jabar Diminta Pakai Bandara Kertajati, Ini Kata Pengamat
PNS Jabar Diminta Pakai Bandara Kertajati, Ini Kata Pengamat

Pemprov Jawa Barat (Jabar) mengimbau pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungannya untuk bisa menggunakan Bandara Kertajati karena masih sepi. Tingkat okupansi penumpang pesawat di Bandara Kertajati, Jawa Barat masih rendah, yakni di bawah 70% per hari. 

Melihat hal ini, Pengamat Penerbangan Alvin Lie menilai hal itu karena persiapan awal yang tidak matang. Menurutnya pembangunan Bandara Kertajati merupakan proyek yang mengabaikan aspek ekonomi. Sebab, tak ada konsultasi perencanaan untuk menghitung daya tarik baik dari masyarakat dan juga maskapai penerbangan.

"Kertajati itu pembangunan mengabaikan aspek ekonomi. Jadi saat membangun apakah tidak konsultasi dengan maskapai? Apakah sudah menghitung daya tarik siapa saja yang akan menggunakan jasa penerbangan karena itu ada hitung-hitungannya," kata dia kepada detikFinance, Rabu (3/4/2019).

"Sejak awal tidak lengkap perhitungan dan tidak matang persiapan. Targetnya cuma jadi bandaranya tapi what's next?" sambung dia.

PNS Jabar Diminta Pakai Bandara Kertajati, Ini Kata Pengamat

Alvin pun mengungkapkan, beberapa penerbangan mengalami kerugian akibat membuka rute dari bandara tersebut. Pasalnya, berdasarkan informasi yang ia terima terdapat penerbangan dengan kapasitas 160 orang hanya terisi oleh 4-6 orang.

"Maskapai membuka rute baru dari Kertajati terbukti terbang beberapa kali rugi. Penumpang 4-6 orang dengan kapasitas 160 orang, itu kan rugi dan akhirnya memberhentikan rute," terang dia.

Dari beberapa rute yang ditutup tersebut ternyata juga berdampak pada sepinya gerai-gerai di dalam bandara. Alhasil, bandara Kertajati semakin dinilai tidak menarik bagi calon penumpang.

"Gedung terminal jadi sepi, tidak ada gerai-gerai, semakin tidak ada, semakin tidak menarik dan nggak ada apa-apa kan kalau lagi nunggu bandara," tutup dia

https://finance.detik.com/berita-eko...-kata-pengamat

Infrastruktur konyol di bangun tanpa perhitungan yang matang, Uangnya hasil hutang sedangkan bandara rugi terus yg mau bayar hutang siapa?
Apa 01 bisa bayar yg pengin buru buru meresmikan?
pencitraan konyol, skrg siapa yg mau naik pesawat dari jkt ke Kertajati?
Ataupun dari daerah lain untuk menuju ke Bandung terlalu jauh.. sedangkan bandara di Bandung pun masih beroperasi. Naik pesawat melalui Kertajati tujuannya mau kemana?
Ke tempat wisata juga ga ada apanya yg menarik?

Hadduuuhh hadduuuhh.. nanti ambruk sendiri tinggal cerita itu bandara




Diubah oleh nevertalk 03-04-2019 09:34
0
1.8K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.