Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Kereta Api Tercepat di Asia Tenggara, Bisa Melaju 160 Km/jam

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Inilah Kereta Api Tercepat di Asia Tenggara, Bisa Melaju 160 Km/jam
Sektor infrastruktur menjadi salah satu penunjang utama dalam menggerakan perekonomian suatu negara. Makanya berbagai negara di dunia saling berlomba dalam mengembangkan infrastruktur mereka. Salah satunya adalah infrastruktur dibidang perkeretaapian. 

Saat ini teknologi dibidang perkeretaapian sudah begitu maju. Majunya teknologi membuat manusia telah mampu menciptakan kereta api yang dapat melaju hingga kecepatan diatas 400 km/jam. Jadi kecepatan kereta api saat ini sudah bisa disamakan dengan kecepatan beberapa pesawat turboprop. Sayangnya untuk di Asia Tenggara belum ada kereta api yang melaju dengan kecepatan diangka tersebut. Pasalnya di Asia Tenggara sama sekali belum ada kereta api yang masuk dalam kategori kereta cepat atau HSR (high speed rail).

Inilah Kereta Api Tercepat di Asia Tenggara, Bisa Melaju 160 Km/jam

Shinkansen, salah satu HSR  (sumber : japanvisitor.com)


Sebenarnya tidak ada standar resmi untuk mengkategorikan layanan kereta api tergolong kereta cepat atau bukan. Namun biasanya istilah kereta cepat digunakan untuk layanan kereta api yang minimal beroperasi pada kecepatan 250 km/jam. Sementara untuk di Asia Tenggara saat ini belum ada layanan kereta api yang dapat melaju pada kecepatan tersebut. Saat ini layanan kereta api tercepat di Asia Tenggara dipegang oleh KTM ETS yang berada di Negara Malaysia. Kereta api ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal yang mencapai 160 km/jam. 

Inilah Kereta Api Tercepat di Asia Tenggara, Bisa Melaju 160 Km/jam

KTM ETS (sumber : economytraveller.com)


KTM (Kereta Tanah Melayu) ETS (Elektric Train Service) merupakan layanan kereta rel listrik yang menghubungkan Padang Besar di Negara Bagian Perlis dengan Gemas di Negara Bagian Negeri Sembilan. Layanan kereta api ini pertama kali dibuka pada 12 Agustus 2010. Jadi kurang lebih sudah beroperasi selama sembilan tahun. 

Inilah Kereta Api Tercepat di Asia Tenggara, Bisa Melaju 160 Km/jam
Stasiun Padang Besar (sumber : malaysiatrains.com)


Untuk jalurnya sendiri menggunakan rel dengan lebar 1.000 mm. Dari segi ukuran, rel tersebut lebih kecil dibandingkan rel yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri ukuran lebar relnya adalah 1.067 mm. Sayangnya karena teknologi perkeretapian di Indonesia belum terlalu berkembang, jadi kecepatan maksimal kereta api yang beroperasi di Indonesia tidak ada yang melebihi 100 km/jam. 

KTM ETS menggunakan kereta api yang diproduksi oleh perusahaan asal China bernama CRRC Zhuzhou Locomotive Co., LTD. Perusahaan ini sebelumnya juga pernah memasuk LRT (Light Rail Transit) untuk Malaysia.


Inilah Kereta Api Tercepat di Asia Tenggara, Bisa Melaju 160 Km/jam

LRT Malaysia buatan Zhuzhou Locomotive (sumber : hype.my)


Itulah sekilas tentang kereta api tercepat di ASEAN. Rencananya Indonesia juga akan membangun kereta api dengan kecepatan yang sama seperti di Malaysia untuk menghubungkan Jakarta-Surabaya. Semoga saja proyeknya lancar sehingga kita bisa menikmati layanan kereta api yang jauh lebih baik daripada sekarang. 

Referensi :
https://www.busonlineticket.com/ktm-...g-besar
http://www.ktmb.com.my/ets.html
https://ekonomi.bisnis.com/read/2017...k-kereta-cepat


Diubah oleh arifdoank 30-03-2019 12:46
2
9.1K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.