Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c9e40fcfacb9573f9097fcd/orang-terkaya-sedunia-ini-sungguh-keterlaluan-pemurahnya
Apa sih ukuran standar, sehingga seseorang dapat disebut kaya? Punya puluhan mobil mewah, rumah megah, uang berlimpah, harta bejibun, istri-istri yang rupawan, dan anak-anak yang berduyun-duyun? Kalo menurut Ane nih: Orang kaya itu bukan dinilai dari seberapa banyak harta yang dia miliki, tapi seberapa besar manfaat dan materi yang dia berikan kepada orang lain. Lalu, siapa
Lapor Hansip
29-03-2019 22:59

Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan PemurahnyaMerdeka.com.

Apa sih ukuran standar, sehingga seseorang dapat disebut kaya? Punya puluhan mobil mewah, rumah megah, uang berlimpah, harta bejibun, istri-istri yang rupawan, dan anak-anak yang berduyun-duyun?

Kalo menurut Ane nih:
Quote:
Orang kaya itu bukan dinilai dari seberapa banyak harta yang dia miliki, tapi seberapa besar manfaat dan materi yang dia berikan kepada orang lain.

Lalu, siapa sih orang paling kaya yang memenuhi kriteria di atas? Jeff Bezos, si Bos Amazon? Mark pendiri Facebook? Bill Gates pemilik Microsoft? Atau si pemilik perusahaan Djarum?

Ah rasanya ga ada deh di antara mereka. Sebab Ane tak pernah dapat voucher belanja gratis dari Amazon, beriklan gratis di FB, dapat lisensi gratis untuk install Windows dan Microsoft Office, atau gratis sebatang rokok dari Djarum. emoticon-Big Grin

Emang sih, kalo dilihat dari segi banyaknya jumlah harta, Jeff Bezos adalah orang yang paling kaya, sehingga majalah Forbes menobatkannya sebagai orang terkaya sedunia tahun 2019 ini, dengan estimasi kekayaan sebesar Rp.1.800 triliun.

Namun kata BBC News nih, kekayaan Bos Amazon itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kekayaan yang dimiliki oleh Mansa Musa, pemimpin dari Afrika Barat yang berkuasa di abad ke 14 lalu. Sangking kayanya pria ini, Profesor University of California, Rudolph Butch mengatakan, kekayaan Mansa Musa sudah tak terbilang jumlahnya. Sedangkan para peneliti lain tahun 2012, mencoba menghitung jumlah kekayaannya mencapai Rp. 5.700 triliun.

Lalu, siapa sih sebenarnya Mansa Musa itu, dan apa pekerjaannya, sehingga bisa memiliki harta semelimpah itu?

Mansa Musa dilahirkan tahun 1280, keturunan para bangsawan alias penguasa di Afrika Barat. Musa punya saudara yang bernama Mansa Abu-Bakr yang merupakan penguasa Afrika. Tahun 1312, saudara Musa ini melakukan ekspedisi ke laut Atlantis bersama ribuan anak buahnya, dengan membawa 2000 kapal. Namun saudaranya tersebut dinyatakan hilang dan tak pernah kembali lagi setelah ekspedisi itu. Entah bagaimana nasibnya, tidak ada lagi ceritanya, sehingga Mansa Musa menggantikan kedudukan saudaranya itu sebagai penguasa Afrika Barat. Ia wafat pada tahun 1337 dalam usia 57 tahun. Sedangkan anaknya ternyata tidak mampu meneruskan tampuk kerajaan, sehingga kekuasaannya perlahan mulai terpecah belah.

Terus, darimana harta sebanyak itu diperolehnya? Ternyata saat itu Afrika adalah lahan tambang emas terbesar, dan sumber garam terbaik, yang saat itu harganya sangat mahal. Dengan mengelola kedua sumber daya alam ini, Mansa Musa dapat menguasai kekayaan separuh dunia, dan mendapatkan pajak dari setiap transaksi perdagangan yang terjadi di wilayah kekuasaannya.

Lantas, di mana letak kedermawanan/kepemurahan Mansa Musa?

Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan PemurahnyaRombongan Mansa Musa dengan ribuan unta menuju Mekkah.


Diceritakan, pada suatu waktu, Mansa Musa berangkat haji ke Makkah, Saudi Arabia. Untuk menemani perjalanannya dari Afrika ke Makkah, ia membawa serta seluruh pegawai, pelayan dan pekerja di kerajaannya yang berjumlah 72 ribu orang, terdiri dari 60 ribu pegawai/pelayan, dan 12 ribu budak. Mereka menempuh perjalanan darat melalui gurun Sahara dan Mesir.


Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan PemurahnyaCatalan Atlas yang merupakan peta hasil dari perjalanan Mansa Musa selama beribadah haji (BBC News).


Dalam perjalanan itu, Mansa Musa juga membawa harta-hartanya seperti batangan emas dan kain sutra terbaik dari Persia. Ribuan unta digunakan untuk membawa harta tersebut. Dan sepanjang perjalanan, Mansa Musa membagi-bagikan emas-emas dan sutra itu hingga ia sampai di Mesir.

Barangkali dari jumlah harta yang dibawa dan dibagikannya, dan biaya perjalanan 72 ribu pelayan itulah para peneliti dapat memperkirakan jumlah kekayaan Mansa Musa

Dengan jumlah kekayaan sebesar itu, maka para peneliti sepakat menetapkan sebagai Mansa Musa sebagai orang terkaya sedunia, sepanjang masa.
***
Duh andai saja di negeri ini ada pemimpin atau seseorang yang kaya dan sepemurah itu. (*)
Wiki
BBC
Merdeka.com
Diubah oleh Aboeyy
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
02-04-2019 02:52
Lah nabi sulaiman apa kabarnya gan ?? Bukanya gak ada yg ngalahin beliau ya
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
02-04-2019 06:03
Jadi, sisa-sisa emas jamannya Mansa Musa itu secara geografik, sekarang ada di Sierra Leone ya? emoticon-Big Grin
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
02-04-2019 08:04
harta gak bakal dibawa mati gan, hidup secukupnya dengan bahagia
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
02-04-2019 11:58
Kekayaan dulu sama sekarang beda yaa gan
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
02-04-2019 12:09
ane tau Sultan Mansa ya dari game. Age Of Empire II : African Kingdom DLC.
.
pasukan khususnya ngeri gan : EMAK-EMAK BAWA KAPAK! emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
.
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
02-04-2019 15:20
Bill gates bagi" duid dong
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
02-04-2019 22:07
ane juga termasuk orang terkaya didunia lo, sayangnya semua kekayaan ane hilang setelah ane bangun dari mimpi indah ane
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
03-04-2019 07:45
Bill Gates menyalurkan bantuan ke dunia dalam bentuk Yayasan Bill dan Melinda.
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
03-04-2019 08:23
King salomon alias sulaiman nggak di itungin gan? emoticon-Matabelo
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
03-04-2019 15:19
Raja2 Afrika jaman dulu emang kaya2 bree krena Afrika dataran besar yg bnyak batu mulia, emas, hewan2 mahal, yg pling terknal y mesir dngan firaunnya, tapi soal kewibawaan kalah sama raja2 dari timurnya krna kerajaan timur ntu lihai dlm hal militer emoticon-Jempol
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
03-04-2019 20:40
Kekayaan itu letaknya ada di dalam hati. Jangan menunggu kaya dan bergelimang harta untuk menjadi seorang yang pemurah. Sekarang ini sudah banyak bermunculan orang-orang yang pemurah, meskipun jika dilihat ekonomi mereka belum seberapa kaya, jika dibandingkan dengan para jutawan maupun para milyader.
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
04-04-2019 08:44
Quote:Original Posted By Asyiru
72rebu, udah kek bedol desa emoticon-Matabelo

btw itu yg 2rb kapal malah lebih menarik, kemana ekspedisinya ?
banyak harta karun tuh pastinya


pelayan 72rb + budak 12rb

Cukup lah buat bikin kecamatan
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
04-04-2019 09:15
sultan dripada para sultan
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
29-02-2020 14:13
Quote:Original Posted By rafatharhero
Di Indonesia juga ada brow king atta gledek 10jt subscriber bangun masjidOrang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya


GIF
Kalo ini samber gledekemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Orang Terkaya Sedunia Ini Sungguh Keterlaluan Pemurahnya
29-02-2020 18:51
Kaya dimata dunia, BELUM PASTI KAYA dimata Allah azza wa jalla emoticon-Jempol
0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia