• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sekedar Saran Biar "Tak Asal Ngejudge", Karena Dunia Tidak Monokrom

Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Sekedar Saran Biar "Tak Asal Ngejudge", Karena Dunia Tidak Monokrom

idcloudhost.com

Seringkali kita terlalu cepat melabeli seseorang atau sesuatu sebelum tuntas mengenalinya secara menyeluruh. Kalau diibaratkan memilih barang di toko swalayan, baru sebatas melihat kemasan dan mendengar testimoni suatu produk dari orang lain tapi sudah berani menilai kualitasnya. Tanpa pernah melihat isi atau mencicipinya terlebih dahulu.

*****


idrc.ca

Seseorang bisa saja dicap kriminal, misalnya karena melakukan pembajakan hak cipta. Seperti yang dituduhkan oleh korporasi penerbit jurnal Elsevierkepada pendiri Sci-Hub, Alexandra Elbakyan.

Ternyata di balik itu, tujuan Sci-Hub memberikan akses jurnal gratis bukan untuk kepentingan sekelompok orang saja. Melainkan untuk membantu inklusi pengetahuan, terutama untuk dapat diakses para peneliti dan mahasiswa dari negara dunia ketiga. Hanya saja caranya salah dan dianggap menyimpang.

Dimanapun, mengakses sesuatu tanpa seijin pemiliknya adalah ilegal. Tapi memberi akses pengetahuan pada orang yang membutuhkan juga bukan hal yang buruk. Justru mengeksklusifkan pengetahuan dengan harga mahal, seperti yang dilakukan Elsevier, adalah hal yang tidak pantas.

*****


provoke-online.com

Seseorang juga bisa saja dicap baik, walaupun "ada udang di balik batu". Banyak pemuda atau pemudi yang kelihatannya relijius, rajin beribadah, mengenakan kostum agamis, hijrah starterpack. Tapi tidak ada yang tahu apakah orang itu tulus beribadah atau hanya pamer? Seperti halnya browser history yang bisa dihapus, isi hati orang siapa yang tahu. Bisa saja seperti kata Jason Ranti, "hatinya hitam, baju berkilau".

*****

Atau mungkin seseorang atawa sekelompok orang yang dilabeli perusuh. Karena sering tertangkap media massa mengeluarkan pernyataan kontroversial. Padahal nyatanya apa yang dia sampaikan adalah satir.

*****


youtube.com

Marcus Aurelius, filsuf dari abad ke-2, pernah bilang, "Everything we hear is an opinion, not a fact. Everything we see is a perspective, not the truth." Yang kelihatannya baik belum tentu baik. Yang kelihatannya buruk juga belum tentu buruk.

Dunia tidak cuma hitam dan putih. Silakan nge-judge, kalau sudah kenal luar dalam, kenal kebiasaannya, bahkan tahu isi hatinya. Tapi itu mustahil, kecuali kalian punya terlalu banyak waktu luang untuk mengurusi kehidupan orang lain. Sampai-sampai tidak punya waktu untuk diri kalian sendiri.

*****

Sekian dari ane Bre & Sis.
Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast

*Thread ini terinspirasi dari artikel berikut
Diubah oleh kaskus.support16 02-04-2019 03:46
17
5.7K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.