• Beranda
  • ...
  • Buku
  • Rekomendasi Buku Tentang Filsafat Seni Ini Menarik Dibaca!

pecintasosisAvatar border
TS
pecintasosis
Rekomendasi Buku Tentang Filsafat Seni Ini Menarik Dibaca!


Buku adalah jendela ilmu karena dengan membaca buku kita dapat memahami suatu ilmu pengetahuan hingga suatu cerita dan kita juga kaya akan kosakata. Tapi bagaimana untuk penyuka seni atau apresiator seni untuk mendapatkan buku seni yang menarik dibaca?. Tentunya ada banyak buku yang mengkaji filsafat seni secara menyeluruh dan dapat dipahami jika agan-agan dapat mengerti maksud dan kalimatnya. 

Membahas filsafat memang kelihatannya merupakan ilmu yang berat dipelajari, tapi ada juga buku filsafat yang ringan dibaca karena diceritakan dengan alur cerita yang unik contohnya Dunia Shopie. Nah, berikut rekomendasi buku yang membahas tentang filsafat seni.

1. Filsafat Seni (Jakob Sumardjo)


Spoiler for Buku Filsafat Seni:



Budayawan asal Indonesia, Jakob sumardjo adalah Pelopor kajian filsafat dan pemerhati sastra asal Indonesia yang karya buku Filsafat Seni nya banyak digunakan untuk bahan pengajaran mahasiswa dibawah Fakultas Ilmu Seni. Buku ini mengkaji seni dengan menyeluruh mulai dari apa itu hakekat seni, kedudukan seni dan estetika, benda-benda seni dan banyak sub bab lainnya yang dihadirkan untuk menjawab pertanyaan dan kasus-kasus mengenai seni. Tidak hanya buku ini saja yang dikeluarkan terkait pembahasan seni, namun Jakob juga mengeluarkan buku bertema seni seperti Estetika Paradoks.

2. Filsafat Seni Karl Marx (Mikhail Lifshitz)


Spoiler for Filsafat Seni MArx:



Marx tidak berangkat dari teori seni melainkan dari komentar singkat dan tulisan mengenai sastran dan seni. Tulisan oleh Marx menekankan kesenjangan perkembangan sosial dengan artistik, dan memandang sasaran tertinggi estetika Marx adalah memecahkan kontradiksi kekuatan-kekuatan produktif dengan meningkatkannya aliansi kelas-kelas produktif. Marx memandang Marxisme ada sasaran untuk menghilangkan kontradiksi penindasan dengan apa yang ditindas, kerja fisik dengan mental, sehingga memungkinkan terciptanya kebudayaan yang nirkelas atau berkelas dan tentunya tidak mengasingkan.

Kedua buku tadi dapat dijadikan refrensi untuk agan penyuka seni untuk mendalami perihal seni dan apa yang berhubungan dengan seni. Kalau ane pribadi lebih suka dengan buku Jakob Sumardjo yang terbilang kental dengan pembahasaan seni nya karena Jakob sendiri merupakan seorang filsuf. Jika agan tertarik untuk membacanya, jangan lupa untuk selalu membeli buku cetakan original dari penerbitnya. Oh ya, Filsafat Seni karya Jakob Sumardjo diterbitkan oleh ITB Press sedangkan Filsafat Seni Karl Marx diterbitkan oleh Gramedia.

Sumber : Disini.



𝑻𝒆𝒓𝒊𝒎𝒂 𝑲𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒕𝒆𝒍𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒂𝒄𝒂 𝒅𝒂𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒌𝒖𝒏𝒋𝒖𝒏𝒈 𝒌𝒆 𝑻𝒉𝒓𝒆𝒂𝒅 𝒊𝒏𝒊! 

emoticon-Toast emoticon-Shakehand2

𝑱𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒍𝒖𝒑𝒂 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒌𝒂𝒔𝒊𝒉 𝑹𝒂𝒕𝒆 𝒅𝒂𝒏 𝑪𝒆𝒏𝒅𝒐𝒍 𝒏𝒚𝒂 𝒚𝒂 𝑮𝒂𝒏!


2
4.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.