Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thenothingnessAvatar border
TS
thenothingness
Ada Itu Tidak Dapat Diartikan
ADA ITU

Sebelum manusia sempat bertanya apakah Tuhan ada (Is God exists), seharusnya menanyakan terlebih dahulu atau membersitkan pikiran tentang apa itu ada, ada itu apa.

Ironisnya dan tak terelakkan lagi, dalam pencarian akan apakah ada itu manusia sebenarnya telah menemukan jawabannya.

Yaitu dengan mengadakannya di pikiran, dalam pemikiran, dengan cara mengadakan sebuah pertanyaan tentang ada itu sendiri.

Jadi, sebenarnya ada itu tak dapat dipertanyakan, tak berspekulasi, tak beralasan. Karena ketika kita bertanya tentang ada, ternyata ada sudah mendahului bersitan pemikiran kita (adanya pertanyaan kita tentang ada).

Nah, soal pertanyaan tentang ada, kita menempatkan sebuah apa ketika kita menjadikan ada sebagai objek pemikiran kita, dan ketika kita mempersonalisasikan ada kita menempatkan kata tanya siapa.

Hmmm.. Ternyata selama ini kita telah salah pikir (logical fallacy). Bagaimana bisa kita menanyakan ada sedangkan kita sendiri ada? Atau, eksistensi kita telah mendahului pertanyaan kita atau dalam hal ini kesadaran kita.

Maka dari itu, seorang filsuf Rene Descartes sebenarnya kurang tepat dalam pernyataannya akan ada atau kesadaran ada:
Quote:

Seharusnya adalah, sebelum manusia menyadari akan adanya dirinya, manusia sudah adasebelum sempat menyadari akan keberadaannya, lebih tepatnya ketika kita bayi ataupun saat berumur cukup yang disitu kita hanya berperilaku tanpa berpikir, berfilosofi akan eksistensi diri.

Jadi seharusnya:
Quote:


adadi awal adalah eksistensi atau keberadaan kita sebelum sadarnya kita akan adanya kita.

Kemudian kita menyadari, sadar, berpikir, berfilosofi tentang diri kita (self), tentang adanya kita. Berpikir bahwa kita ini ber-ada, sedang ada.

Maksudnya juga seperti ini, aktivitas pikiran kita adalah adanya kita, baik itu pikiran kita menyadari eksistensi diri ataupun tidak.


Apakah Tuhan itu ada?

Saat manusia mempertanyakan apakah Tuhan ada, pertanyaan ini bahkan masih berspekulasi yaitu:
Quote:

Hal ini bisa menjadi paradoks. Sebab manusia tak dapat mendeskripsikan ada.

ada itu tak terdefinisikan, tak terjelaskan, tak diketahui, tak dipahami, bahkan tak terpikirkan. Jika ada masih bisa dijelaskan, itu hanyalah usaha sia-sia, itu hanya akan memperbanyak ada. Menjelaskan yang tidak bisa dijelaskan. Menjelaskan yang jika berdefinisi justru malah 'menduplikasi', menggandakan ada. Sudah terjawab oleh dirinya sendiri.
Menjelaskan yang sudah terjawab oleh adanya ada.
Nah, sudah terjawab bukan? emoticon-Smilie

Maka dari itu, Tuhan itu Sang Ada. Yang Ada. Yang Maha Mendahului adanya kita. Yang tak diketahui. Maha Ghaib. Tak dapat dipertanyakan. Tak berspekulasi. Karena ada menguasai segala sesuatu, melingkupi segala sesuatu yang bisa disebut sebagai ada atau eksis.

Karena itulah, saat manusia bertanya "Tuhan ada?" atau "is God exists?", sebenarnya dia sudah bertemu, menemukan jawabannya. emoticon-Smilie

Catatan: Disini saya mencoba berfilosofi dengan semaksimal mungkin tidak mengutip filsuf awal atau terkemuka. Agar jelas bahwa setiap kita berhak untuk berpikir, anda adalah siapa-siapa. Mereka filsuf-filsuf, saya, bukan siapa-siapa bagi anda dalam artian anda punya hak dan kebebasan memilih untuk berpikir dan mempercayai pemikiran anda sendiri, bahkan untuk tidak mempercayai pemikiran anda sendiri. Sehingga anda bisa menentukan mana yang benar dan salah.

ada itu tidak dapat diartikan selain ada


Baca juga:
Filosofi dari Ada: Filosofi Angka 1 dan 0 dan Asumsi Ketiadaan Mutlak



Thread awal

Tulisan awal sebelum nanti bila perlu akan diedit beberapa kata untuk memperjelas
Spoiler for thread awal:
Diubah oleh thenothingness 01-05-2019 11:31
orthodoxlicious
orthodoxlicious memberi reputasi
2
2.7K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.