Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • MotoGP
  • Kiprah Pembalap Argentina di Gelaran MotoGP Argentina

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Kiprah Pembalap Argentina di Gelaran MotoGP Argentina

   Sebelum menengok balapan seri kedua MotoGP Argentina 2019, gak ada salahnya kita membaca sejarah pembalap – pembalap di negeri Tango ini. Selain melahirkan pesepakbola yang handal seperti Lionel Messi dan Maradona, ternyata Argentina juga melahirkan pembalap – pembalap tangguh yang berlaga di ajang balap bergengsi MotoGP.

Walaupun karir mereka gak secemerlang Valentino Rossi, Max Biaggi, dan Gary Hocking, tapi paling tidak diantara mereka ada yang pernah mencicipi gelar podium tertinggi. Berikut beberapa nama pembalap Argentina yang pernah naik podium tertinggi di sepanjang gelaran MotoGP:

Jorge Kissling


Pada era 60 – an, jarang sekali pembalap Argentina yang menjadi pembalap reguler di MotoGP. Paling mereka hanya menjadi perwakilan tuan rumah untuk turun di lintasan. Namun, hal menarik terjadi di 1961, saat itu untuk pertama kalinya Argentina menjadi tuan rumah MotoGP. Saat itu di kelas 500 cc MotoGP, hanya ada enam pembalap yang ambil bagian. Empat orang diantaranya adalah orang Argentina.

Balapan ini pun dimenangkan oleh Jorge Kissling dari Argentina disusul rekan senegaranya Juan Carlos Salatino. Ini menjadi kemenangan satu – satunya Kissling sepanjang karir balap di MotoGP (1961 – 1963)

Benedicto Caldera


Setahun setelah Kissling meraih podium di MotoGP Argentina, tahun 1962 Argentina kembali mengirim pembalapnya di podium tertinggi. Benedicto Caldarella yang menjadi aktornya kala itu. Gak hanya Benedicto, dua pembalap Argentina lainnya juga naik podium yakni Juan Carlos Salatino dan Eduardo Salatino. Kedua pembalap ini berada dipodium kedua dan ketiga. Sama halnya dengan Kissling, ini juga menjadi satu – satunya kemenangan Benedicto selama karirnya di MotoGP (1961 – 1964).

Sampai tahun 2018, belum ada lagi pembalap Argentina yang mampu memenangkan gelaran MotoGP Argentina. Walaupun demikian, Argentina tetap melahirkan pembalap berbakat yang gak kalah hebat dengan dua senior mereka diatas, diantaranya:

Sebastian Porto


Sosok yang satu ini merupakan pembalap asal Argentina yang paling sukses di ajang balap MotoGP. Tercatat Porto telah menginjakkan kaki sebanyak tujuh kali di podium teratas MotoGP. Dan karirnya pun lebih panjang dibandingkan dengan dua seniornya. Namun, dari tujuh kali tersebut, tidak ada satupun gelar podium teratas yang diraih Porto di Argentina. Sepanjang karirnya Porto hanya lima kali balapan di kandang.

Gabriel Rodrigo


Pembalap kelahiran 12 Oktober 1996 ini sekarang masih balap dikelas Moto3. Walaupun begitu, kans Rodrigo untuk naik ke MotoGP dan juara di MotoGP Argentina masih terbuka lebar. Peluang itu masih ada. Layak kita tunggu apakah karir Rodrigo akan lebih baik dari pendahulunya 



4pr3t
tata604
tata604 dan 4pr3t memberi reputasi
4
4K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
MotoGP
MotoGPKASKUS Official
1.5KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.