pecintasosisAvatar border
TS
pecintasosis
Daftar Museum dan Galeri Seni yang menarik di Jakarta!
Jakarta merupakan kota yang memiliki banyak museum dan tempat bersejarah lainnya yang wajib banget kalian kunjungi untuk sekedar berwisata atau menambah ilmu. Untuk penyuka atau apresiator seni tidak perlu khawatir karena Jakarta punya Museum dan Galeri Seni yang menarik untuk dikunjungi. Para pengunjung akan dibuat nyaman dan tertarik ketika datang ke museum dan galeri seni ini, harga tiket masuknya tergolong murah. Nah, berikut museum dan galeri seni di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi.

1. Galeri Nasional Indonesia


Spoiler for Galeri Nasional Indonesia:



Lembaga budaya negara ini dijadikan museum untuk menyimpan karya seni rupa modern atau kontemporer yang terletak di Jl. Medan Merdeka Tim, No. 14, Gambir, Jakarta Pusat. Tidak hanya sebagai tempat menyimpan karya seni, Galeri ini juga memiliki gedung yang juga berfungsi sebagai tempat pameran dan perhelatan seni rupa. Akses masuk ke Galeri Nasional Indonesia ini mudah sekali, kalian nantinya disuruh mengisi data kalian di buku pengunjung sembari diberitahukan aturan yang berlaku pada saat memasuki dan melihat karya seni di gedung tersebut. Buka dari jam 10.00 - 19.00 WIB, tutup setiap hari senin dan harga tiket masuknya tidak dipungut biaya sepesepun alias gratis!

Detail lengkapnya mengenai koleksi dan pameran bisa cek di website resminya :
Situs GNI


2. Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) 

Spoiler for Museum MACAN:



Museum MACAN ini sama persis seperti Galeri Nasional Indonesia yaitu merupakan tempat menyimpan karya seni rupa modern dan kontemporer dari Indonesia. Pendiri museum ini adalah Haryanto Koesoemo, Museum ini terletak di AKR Tower Level MM, Jl. Perjuangan No.5, Kebon Jeruk, DKI Jakarta. Museum ini memiliki karya seni yang Instagramable banget dan tentunya bernilai estetika tinggi. Fasilitas yang disediakan juga lengkap yaitu terdapat toilet untuk difabel dan ruang untuk menyusui. Museum ini juga dijadikan tempat pameran dan perhelatan seni, untuk kalian yang menjadi anggota Museum MACAN bisa mendapat acara khusus untuk anggota. Kalian juga diperbolehkan menggambar atau meniru karya seni yang dihadirkan asalkan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Buka mulai pukul 10.00 - 18.00 WIB, tutup setiap hari senin dan harga tiket masuknya beragam. Berikut daftar harga tiket masuknya :


Quote:



3. ART:1 


Spoiler for Art:1:



 
Art:1 sebelumnya didirikan sebagai Mon decor oleh Martha Gunawan pada tahun 1983. 
Art Space ini merupakan ruang pameran dan galeri komersial khusus lukisan dan patung kontemporer karya seniman dari Indonesia. Art:1 berlokasi di Jalan Rajawali Selatan, Gunung Sahari Utara, Jakarta.  Art:1 memenangkan penghargaan Best Gallery of the Year pada tahun 2010. Museum ini buka pukul 10.00-18.00 di akhir pekan dan pukul 10.00-16.00 di hari Minggu. Tutup disetiap hari senin dan hari besar lainnya.  Harga tiketnya terbilang murah yaitu Rp. 35.000,- Namun, kalau mau masuk ke New Art:1 Museum, kamu perlu membayar agak mahal yaitu Rp. 75.000,-. 

4. Galeri Hadiprana 


Spoiler for Galeri Hadiprana:



Inilah galeri aktif yang tertua di Jakarta. Didirikan oleh Hendra Hadiprana pada tahun 1961, Galeri Hadiprana bertahan meski ada di tengah kondisi ekonomi dan politik Indonesia yang kacau. Hadiprana Galeri menyimpan banyak karya seni berupa lukisan, foto, patung hingga video karya anak bangsa. Selain galeri seni, Hadiprana juga punya banyak kelas seni yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa mengunjungi galeri ini di Butik Mitra Hadiprana, lantai dasar No. 30 Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Buka pukul 10.00 - 18.00, setiap hari.

5. RuangRupa 


Spoiler for RuangRupa:



Organisasi seni rupa kontemporer yang didirikan pada tahun 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta. Sebagai organisasi nirlaba, ruangrupa bergiat mendorong kemajuan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan melalui pameran, festival, laboratorium seni rupa, lokakarya, penelitian, serta penerbitan buku, majalah, dan jurnal online.
RuangRupa ini memiliki gedung yang berisi karya seni dan berlokasi Jl. Pancoran Timur II, No.4, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan. Buka mulai pukul 11.00 - 21.00 WIB dan tutup setiap hari minggu.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai museum dan galeri seni yang menarik untuk dikunjungi oleh agan-agan penyuka dan apresiator suatu karya seni. Tetap menjaga aturan dan ketentuan yang berlaku saat berkunjung kesana ya gan! 

Sumber:
- Pengalaman Sendiri
- id.wikipedia.org


𝑻𝒆𝒓𝒊𝒎𝒂 𝑲𝒂𝒔𝒊𝒉 𝒕𝒆𝒍𝒂𝒉 𝒎𝒆𝒎𝒃𝒂𝒄𝒂 𝒅𝒂𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒌𝒖𝒏𝒋𝒖𝒏𝒈 𝒌𝒆 𝑻𝒉𝒓𝒆𝒂𝒅 𝒊𝒏𝒊! 

emoticon-Toast emoticon-Shakehand2

𝑱𝒂𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒍𝒖𝒑𝒂 𝒖𝒏𝒕𝒖𝒌 𝒌𝒂𝒔𝒊𝒉 𝑹𝒂𝒕𝒆 𝒅𝒂𝒏 𝑪𝒆𝒏𝒅𝒐𝒍 𝒏𝒚𝒂 𝒚𝒂 𝑮𝒂𝒏!
Diubah oleh pecintasosis 28-03-2019 17:11
7
7.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.