Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azkaraharja999Avatar border
TS
azkaraharja999
Gaikindo: Jokowi Paling Perhatian dengan Mobil karena Bangun Tol
Gaikindo: Jokowi Paling Perhatian dengan Mobil karena Bangun Tol
Bukti Kepedulian Jokowi Pada Perkembangan Otomotif di Indonesia

Pemerintah dinilai telah turut mendukung perkembangan industri otomotif lewat pembangunan infrastruktur. Tidak hanya terfokus di Jawa tetapi pembangunan infrastruktur juga dilakukan luar Jawa sehingga mobilitas di antar wilayah semakin baik.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut penjualan otomotif di Indonesia dalam setahun terakhir semakin merata. Jika selama ini penjualan didominasi di pulau Jawa, namun saat ini tidak lagi.

"Pertama adalah Jawa Barat, kedua DKI Jakarta dan ketiga Jawa Timur. Dan ini presentasenya 13,12 persen. Jadi cukup besar. Apalagi kalau kita lihat dari 8 tahun yang lalu penjualan otomotif itu terkonsentrasi di pulau Jawa sebesar 82 persen. 18 persennya di luar Jawa," kata Nangoi di Surabaya, Kamis (28/3/2019).

Dari pemerintahan Jokowi 4 atau 5 tahun ini, yang paling diperhatikan oleh Pak Jokowi adalah otomotif. Karena beliau telah membangun berbagai fasilitas untuk mobil yaitu jalan raya, jalan tol dan berbagai infrastruktur yang lainnya.

"Yang terakhir bahkan jalan tol sudah dibangun dari Jakarta nyambung sampai ke Surabaya. Untuk siapa lagi kalau bukan untuk kendaraan bermotor. Bukan untuk pesawat terbang, kapal tapi kendaraan bermotor," tambahnya.

Selain mempermudah mobilitas, infrastruktur itu juga telah berdampak baik bagi perkembangan industri otomotif. Karena dengan adanya infrastruktur, saat ini pengangkutan bahan baku maupun komponen otomotif dari satu wilayah ke wilayah lain lebih mudah dan cepat.

"Dan ini kami melihat untuk industrinya sendiri sangat positif. Mengapa? Karena kami berharap terus terang selama ini industri otomotif tersentralisasi di dekat Jakarta. Tapi tanah sudah begitu mahal, ongkos produksi juga sudah begitu mahal. tapi kalau saya punya pabrik komponen di Jateng dan Jatim pengangkutannya sangat susah karena fasilitas atau infrastruktur belum ada," terang Nangoi.

Dan sekarang, setelah rampungnya infrastruktur itu, memungkinkan industri komponen juga bisa berkembang di Jatim yang pada akhirnya bisa memberi stimulasi industri otomotif di Indonesia. Sehingga perkembangannya akan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.


Sumber Berita : https://oto.detik.com/mobil/d-448776...ena-bangun-tol 

Alhamdulillah, Luar biasa... Allahu Akbar,
kalau sebelah perhatian ama kuda kan ya...
rakyat indonesia mau di ubah menjadi kendaraanya kuda semua... biar di perempatan ntar ada yang bersihin kotoran kuda...
emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh
0
1.7K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.