Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

omatsuri.hanaAvatar border
TS
omatsuri.hana
Makanan Enak & Murah Sahabat Anak Kost, pengganti Mie Instan.. (Under Rp. 5,000)
Kamu yakin Indomie adalah sahabat pengisi perut terbaik untuk anak kos di tanggal tua..?
Faktanya masih banyak opsi makanan murah meriah yang bisa mengenyangkan tapi tidak menimbulkan masalah penyakit di kemudian hari.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahaya mie instan masih di sepelekan banyak orang. Padahal belum lama ini di beritakan seorang mahasiswi mengalami kanker perut karena mengkonsumsi terlalu sering mie instan saat kost.
Tidak ada uang bukan alasan, tapi rasa malas memasak yang menyebabkan kamu makan mie instan ini.

Berikut aku rangkum, makanan yang mudah kamu temui dan biaya nya kurang dari 5,000 rupiah per porsi.

1. Nasi pecel Ati & Ampela Ayam



Harga mentah satu pasang Ati & Ampela berkisar di harga 2,000 - 2,500. Kamu cukup membeli jahe, bawang putih, bawah merah untuk bumbu ungkepnya.. atau bila kerepotan cukup beli bumbu ungkep instan yang tersedia di pasaran seharga 2,500 per sachet. Tips nya kamu masak untuk stock per seminggu. Beli lah 4 pasang ati & ampela (2,500×4 = 10,000), bumbu jadi 2,500 rupiah, beras 1,5 liter 15,000, Minyak goreng dan bumbu 5,000 rupiah. Jadi total biaya yang di keluarkan untuk 8 kali makan adalah 30,000. artinya kita kita menghabiskan 3,750 untuk satu kali makan porsi kenyang.. tinggal di tambahkan sambal dan kerupuk atau lalapan untuk menambah selera. Oya informasi tambahan, saat membeli ampela bilang abang nya untuk minta di bersihkan bagian dalam ampela.. jadi kamu tinggal mencuci bersih saja sesampai di rumah. dan untuk penyimpanan kamu tinggal menyimpan nya di toples yang kedap udara setelah di goreng dan dingin. Bisa tahan sampai 5 hari loh.

2. Sambal Teri


Ini opsi buat kamu yang suka gurih-gurih dan mual kalau makan jeroan ayam. Harga 1 ons ikan teri berkualitas standart dan bila di goreng menjadi garing harga nya sekitar 8,000-10,000 / ons. Bilang saja sama si abang pedagang ikan asin, kalau kamu ingin teri tawar yang kalau di goreng kering.. tapi kalau kamu suka yang alot sih bisa request juga sama si abang nya. Trus kamu tinggal beli 5,000 sambelan (cabe,bawang tomat). Tinggal beli beras 1,5 liter dan minyak goreng serta garam (habis sekitar 20,000). Untuk satu ons ikan teri bisa untuk makan 8-10 porsi. Jadi bila dengan nasi kamu akan menghabiskan sebanyak 4,375. Kami tinggal tambah mentimun deh biar segar. Kamu bisa makan gurih, murah dan dapat nutrisi ikan lagi.

3. Balado ikan tongkol



Kalau kamu sering ke warteg, biasanya balado tongkol di jual sekitar harga 3,000-5,000 per buah. Tapi tau gak kamu berapa harga tongkol cue mentah per buah nya? Harga nya cuma sekitar 1,500 loh. Belum lagi suka di kasih bonus sama abangnya bila belanja di kelipatan 10,000. Terus kamu tinggal beli racikan sambal balado di kios sambal&bumbu, 3,000 rupiah aja udah banyak banget loh bumbu nya. Kalau kamu beli sebanyak 10 buah tongkol cue cukup untuk 3,000 bumbu balado. Beras 1,5 liter, minyak goreng dan bumbu tambahan lain nya total keseluruhan 38,000 untuk sepuluh porsi. Jadi kamu cuma habis kurang dari 4,000 untuk posi nasi kenyang dan tongkol balado. Uwow bingit kan. 😁😁😁

------------------

Sekian dulu deh referensi makanan kenyang di bawah 5,000 rupiah dari aku. Kalo kamu suka dengan thread seperti ini komen di bawah ya. Nanti ku lanjut part dua nya.

Terus bagi kamu yang merasa, wah aku gak bisa ka.. coba komen di bawah gak bisa nya karena apa.. mungkin aku bisa kasih solusi..

Masa iya sebagai anak kost, yang mana dalam masa perjuangan, kantong kempes mau di tambah lagi dengan penderitaan penyakit karena terlalu sering makan mie instan..
Aku sih ogah sakit. 😨😨

PS : penyimpanan masakan yang sudah matang sempurna (warna ada cahaya golden gitu) wajib di toples kedap udara, agar kuat di simpan maksimal 5 hari. Tanpa berjamur , tanpa bau apek. dan skip bumbu tomat serta perbanyak bawang putih bila ingin lebih di simpan lebih lama. Bawang putih selain bikin enak, juga sebagai anti bakteri.
Diubah oleh omatsuri.hana 29-03-2019 01:33
koi7
tien212700
tien212700 dan koi7 memberi reputasi
7
4.8K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.