TaraAnggaraAvatar border
TS
TaraAnggara
"Saatnya Impian Jadi Nyata" -Mengenal Budaya Yang Ada Di Singapura.



Halo gan, sis! perkenalkan, aku adalah penghuni baru yang belum memiliki banyak thread karena mood menulis tenggelam ke dasar lautan terdalam, eakkk. Dan nggak tahu kenapa mood kembali hadir setelah membaca Kasquiz, mungkin karena iming-iming hadiahnya kali ya?

Nah, Sesuai tugas dari admin, aku akan mengulas tentang beberapa budaya yang ada di Singapura. Yuk ... simak aja langsung.

Singapura adalah negara kecil yang penduduknya terdiri dari bermacam suku, diantaranya : Suku Melayu, Cina, India, dan Eurosia (percampuran Eropa dan Asia). Suku asli Singapura adalah Melayu, namun penduduk terbesar negara ini adalah Cina. Karena penduduknya beranekaragam, maka tidak heran jika negara berlambang singa ini juga memiliki budaya yang beraneka ragam.

Berikut adalah beberapa budaya di Singapura,

1. Idhul Fitri
Untuk budaya satu ini sudah pasti kita semua tahu dong guys. Idul Fitri di rayakan oleh umat beragama muslim yang kebanyakan di anut oleh penduduk keturunan Melayu. Namun ada juga keturunan India dan Cina yang beragama muslim ikut merayakan hari raya ini.

2. Chinese New Year
Chinese New Year adalah tahun baru Cina yang tentu saja di rayakan oleh warga keturunan Tionghoa. Biasanya saat malam Chinese New Year mereka akan berkumpul di rumah anggota keluarga yang paling tua untuk makan bersama dan saling membagikan amplop merah berisi sejumlah uang atau biasa di kenal dengan sebutan hong pao. Ke-esokan harinya mereka akan berkunjung ke rumah kerabat atau anggota keluarga lainnya.

Ada hal yang tabu dilakukan saat Chinese New Year tiba diantaranya : tidak boleh menyapu, mengepel, dan mencuci karena mereka percaya hal itu sama saja mengusir keberuntungan dari rumah mereka. Namun sebelum Chinese New Year tiba, mereka akan membersihkan seluruh isi rumah terlebih dahulu. Bahkan langit-langit dan tembok pun harus di lap.


sumber gambar www.pexels.com


3. Natal
Sama seperti Indonesia, di Singapura saat Natal tiba para penganut agama kristen juga saling menukar kado. Kemudian saling mengunjungi rumah kerabat dan sahabat untuk makan bersama.

4. Depavali
Depavali atau festival cahaya adalah perayaan kemenangan kebaikan atas keburukan. Perayaan ini dilakukan oleh umat beragama Hindu yang kebanyakan di anut oleh warga keturunan India. Di hari Depavali para penganut agama Hindu yang ada di Singapura menghiasi rumah mereka dengan anake macam lampu warna-warni. Mereka juga akan berbagi makanan manis dan berdoa.


Daerah yang di gunakan untuk merayakan hari Depavali adalah Little India. Sehari sebelum hari depavali tiba, sepanjang jalan ini akan di hiasi dengan lampu-lampu yang memiliki beraneka macam bentuk dan warna.

sumber gambar www.visitsingapore.com

Itu dia beberapa budaya di Singapura yang aku ketahui selama dua tahun bekerja di sana guys. Satu hal yang patut di contoh dari negrara ini adalah tingginya sikap toleransi di antara mereka.

Di Singapura aku sempat terkejut ketika melihat masjid dan gereja terletak bersebelahan. Ada juga gereja dan wihara yang letaknya berhadapan, namun tidak pernah ada demo yang meributkan hal tersebut. Mereka saling menerima satu sama lain. Semoga kita dan seluruh WNI bisa mencontoh sikap tersebut ya guys.


Sekian dan terimakasih buat yang sudah membaca, sampai jumpa lagi di thread selanjutnya.

#visitsingapore.com




Cilacap, 14 Maret 2019
Diubah oleh TaraAnggara 15-03-2019 06:30
kakekane.cell
azidqi
tata604
tata604 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
3.5K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
MancanegaraKASKUS Official
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.