mrdfssAvatar border
TS
mrdfss
5 Cara Cegah Korupsi Terjadi Di Indonesia


Korupsi merupakan tindakan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Karena bila kita korupsi sama saja dengan mencurangi orang lain maupun perusahaan. Bila kita terbukti melakukan korupsi sama saja dengan menghilangkan kepercayaan orang-orang pada diri kita. Oleh karena itu, korupsi harus kita cegah. Baik yang melakukan maupun yang menerima. Adapun 5 cara pencegahan tersebut adalah sebagai berikut:

5. Tegur Orang Yang Melakukan Praktik Korupsi


sesawi.net

Biasanya orang yang melakukan korupsi tidaklah sendirian, biasanya mereka akan menawarkan kepada teman-temannya untuk melakukan korupsi agar ketika terbukti melakukan korupsi dirinya tidak terkena sendiri. Oleh karena itu bila ada yang mengajak kalian untuk korupsi langkah awal yang harus dilakukan adalah menegurnya. Mengingatkan mereka tentang apa saja resiko yang bisa mereka dapatkan bila suatu saat korupsinya terbongkar.

4. Bertindak Tegas Dan Laporkan 


infobekasi.co.id

Banyak perusahaan yang bangkrut karena karywannya korupsi. Oleh karena itu bila orang tersebut sudah di tegur namun tetap ngeyel, sebaiknya segera lapor pada atasan. Walaupun orang yang korupsi tersebut sangat dekat dengan kalian, tapi bila kalian biarkan dan perusahaan merugi dan bangkrut maka akan banyak orang yang menerima imbasnya.

Bila yang melakukan adalah ASN atau pemerintah maka segera laporkan pada KPK.

3. Jangan Mudah Tergoda Dan Teguh Pada Pendirian


finansialku.com

Orang yang tidak mau diajak korupsi biasanya akan digoda dan dirayu oleh orang-orang yang melakukan korupsi. Biasanya bila sudah terlalu sulit, mereka akan memberikan bagian yang lebih besar pada kita. Karena mereka tentu akan merasa khawatir bila ada seseorang yang mengetahui perbuatannya namun tidak mau diajak untuk ikut melakukan hal yang sama. Itulah mengapa kita harus tetap tegas pada pendirian.

2. Berhenti Untuk Melihat Sesuatu Dari Nilainya


pemeriksaanpajak.com

Banyak orang tergoda melakukan korupsi karen tergoda untuk membeli sesuatu karena memiliki nilai yang tinggi. Karena dengan korupsi mereka bisa membeli barang tersebut dengan cepat dan dirinya akan merasa lebih dipandang bila memiliki barang tersebut. Sebaiknya hal ini kalian hindari karena semua itu tidak selalu tentang nilai. Mulailah menjadi orang yang sederhana yang selalu bersyukur dan merasa puas. Agar kita terhindar dari pemikiran seperti itu.

1. Memberikan Wawasan Tentang Korupsi Dan Sejenisnya


youtube.com

Banyak orang yang tidak tau bahwa hal yang telah dilakukannya adalah korupsi. Karena korupsi tidak hanya melakukan penggelapan uang saja. Gravitasi dan suap sebenarnya juga termasuk korupsi. Oleh karena itu kita perlu memberikan wawasan kepada orang-orang yang kita rasa belum paham akan korupsi, entah keluarga maupun rekan kerja. 

Itulah 5 cara untuk mencegah korupsi terjadi di Indonesia. Korupsi adalah hal yang sangat merugikan untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi teguhkan hati untuk tidak tergoda korupsi.

Sumber Artikel: Pemikiran Pribadi

-1
651
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.