Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wewbangetAvatar border
TS
wewbanget
Deretan Jet Tempur TNI Buat Usir Pesawat Asing di Langit Indonesia


TNI Angkatan Udara punya banyak jet tempur untuk usir pesawat asing masuk kawasan udara Indonesia. Biasanya beberapa pasukan TNI AU melakukan patroli udara untuk memantau keadaan.

Jika pesawat asing itu melanggar batas udara wilayah Indonesia dan terdeteksi radar dari pangkalan udara, maka pasukan TNI AU langsung mengerahkan jet tempur mereka untuk mengejar dan menangkap pesawat asing itu.

Berikut jet-jet tempur milik TNI AU yang usir pesawat asing di langit Indonesia:


1. J1. Jet Tempur F6 Fighting Falcon

 Oktober 2018 lalu, Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau mendeteksi adanya dua pesawat tempur asing masuk wilayah NKRI di Natuna, Kepulauan Riau. Pihak TNI AU mengerahkan dua jet tempur F16 Fighting Falcon untuk mengusir pesawat yang belum diketahui asalnya itu.

Melihat pesawat tempur TNI AU mulai mendekati, kedua pesawat asing tersebut langsung kabur. Ronny menduga kedua pesawat asing tersebut pergi setelah dua F16 TNI AU tertangkap radar asing itu.
Dua jet tempur ini juga pernah memaksa turun pesawat Ethiopian Airlines Boeing 777 F di Bandara Hang Nadim Batam pada Januari 2019 lalu. Pesawat tersebut dicegat oleh pesawat Tempur TNI AU karena memasuki wilayah Indonesia.

2. Sukhoi SU-30 dan satu SU-7

  Sukhoi Skadron 11 TNI AU yang siaga di Bandara Internasional Hang Nadim Batam kembali mengusir pesawat tidak dikenal dari wilayah udara Natuna Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (25/9). 

"Satuan radar mendeteksi pesawat tidak dikenal di wilayah Natuna. Kami melakukan pengejaran," terang Letkol Pnb Vincentius Endy Hadi Putra.

Pengejaran dilakukan dengan satu Sukhoi SU-30 dan satu SU-27. Lebih jauh Vincentius memaparkan belum mengetahui secara pasti jenis pesawat tersebut karena posisi terakhir masih jauh dari titik pesawat terpantau radar. Pesawat tersebut sudah keluar dari udara Natuna.


3. Pesawat Hawk dari Skuadron 12 Black Panther

   TNI AU juga punya pesawat Hawk dari Skuadron 12 Black Panther untuk mengusir pesawat asing yang masuk wilayah Indonesia. Pesawat ini juga pernah digunakan untuk latihan Skuadron 12 Black Panther di Lanud Soewondo, Medan, November 2014. 

Salah satu tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan kesiagaan terhadap pelanggaran terhadap wilayah udara Indonesia. Latihan ini melibatkan 6 unit pesawat Hawk dari Skuadron 12 Black Panther Pekan Baru.





SUMBER : Merdeka.com





Diubah oleh wewbanget 25-03-2019 02:42
nona212
nona212 memberi reputasi
2
2.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.