• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Konspirasi Ekonomi Membongkar Kekayaan Elit Dunia saat Panama Paper's Bocor

ochuqueenaAvatar border
TS
ochuqueena
Konspirasi Ekonomi Membongkar Kekayaan Elit Dunia saat Panama Paper's Bocor
Quote:


Panama Paper's berisi kumpulan 11.5 juta dokumen rahasia dari 214.000 perusahaan luar negeri bocor diretas pada 2017 silam. Dokumen ini pertama kali didapat oleh sebuah koran dari Jerman, Süddeutsche Zeitung.

Panama Paper's ini dibuat oleh penyedia jasa perusahaan yang berasal dari Panama oleh Mossack Fonseca. Edward Snowden mengklaim, kebocoran data Panama Paper's dijuluki sebagai "Bocoran terbesar dalam sejarah jurnalisme data."



Dokumen tersebut berisikan rincian informasi dari 214.000 lebih perusahaan asing yang bekerja sama dengan Mossack. Termasuk identits pemegang saham dan direkturnya. Pada data Panama Paper's yang bocor tersebut terdapat daftar nama tokoh-tokoh dunia yang mendirikan perusahaan cangkang di negara suaka pajak (Tax Haven) dengan tujuan terhindar dari beban pajak. Dan diduga untuk melakukan pencucian uang.

Quote:


Panama Papers mengungkap data perusahaan offshore yang terhubung pada lebih dari 140 politikus di lebih dari 50 negara, termasuk 14 orang pemimpin negara.



Lalu apa bahayanya? Harus diketahui, jika pembayaran kewajiban pajak diabaikan, maka pelayanan publik yang harusnya diberikan oleh pemerintah akan sangat terhambat.

Diluar dari tuduhan Panama Paper's sebagai penghindar pajak, terbongkarnya dokumen ini bisa dilihat dari sisi konspirasi ekonomi dunia.

Quote:


Diketahui, Panama merupakan tempat Mossack Fonseca berdomisili, berada di bawah proteksi Amerika Serikat. Sehingga kebocoran data tersebut dianggap lumrah terjadi.

Ichsanuddin Naarsy mengatakan "Ini bagian dari perang ekonomi global, di mana Amerika Serikat menghadapi Vladimir Putin, Russia dan para pendukungnya."

***
Quote:


Mossack Fonseca selama sekian tahun menangani klien dari banyak perusahaan asing yang berasal lebih dari 100 negara. Sebagian besar perusahaan tersebut berasal dari Hongkong, Siprus, Swiss, Britania Raya, Panama dan Luxemburg.

Panama Paper's yang bocor merupakan data Mossack Fonseca yang berisi tentang informasi kliennya sejak 1977 sampai awal 2015. Pada data tersebut publik dapat mengetahui bagaimana kinerja dari dunia offshore dan bagaimana 'uang gelap' cair dalam jagad finansial global.

Quote:


Pada dokumen tersebut terdapat nama-nama tokoh dunia seperti Presiden Argentina Mauricio Macri, Maddona (penyanyi internasional), Queen Elizabeth II bahkan Lionel Messi (pesebak bola unggulan Barcelona).

Tidak hanya itu, tokoh nasional Indonesia juga masuk ke dalam daftar nama tersebut. Mereka adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, James Riady (pemilik grup Lippo) bahkan calon presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Beredarnya Panama Paper's juga menyulutkan kembali isu politik nasional tahun ini yang menyertakan Prabowo-Sandiaga. Dan pernah menerpa Sandiaga saat menjadi bakal calon wakil gubernur DKI saat itu. Namun Sandiaga mampu menunjukkan transparansi mengenai aset pribadi yang ia miliki.

Saat ini, panama paper's juga sempat diungkit kembali. Sehingga berbagai opini dan tuduhan muncul untuk menyudutkan pasangan tersebut, termasuk pernyataan joko widodo yang membahas mengenai dana bocor di Hongkong dan Swiss.

Hanya saja, berdasarkan data dari Panama Paper's, publik dapat menilai bahwa para tokoh dalam daftar nama tersebut diduga berniat untuk menghindari kewajiban pajak yang harusnya ditunaikan di negara mereka tinggal sebagai warga negara.

Tetapi publik tidak bisa 'menjudge' tokoh tersebut berbuat ilegal karena tuduhan menghindari pajak. Perusahaan Offshore dianggap bukan merupakan sesuatu yang ilegal. Karena tidak ada dasar hukum yang mengatur status perusahaan offshore tersebut ilegal atau tidak.
Diubah oleh ochuqueena 22-03-2019 15:03
1
1.3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.