fashionistahAvatar border
TS
fashionistah
Lebih Baik Mana? Bulu Asli atau Sintetis?

Industri fashion menciptakan banyak sekali barang dengan menggunakan berbagai macam material, tak terkecuali dengan bulu. Banyak sekali fashion item adri berbagai merk yang menggunakan bulu hewan sebagai material utamanya. Hingga pada suatu waktu, penggunaan bulu hewan menjadi salah satu topik sensitif dan menuai perdebatan di industri fashion. Perdebatan itu pun berakhir dengan solusi menggantikan bulu hewan tersebut dengan bulu sintetis. Tapi apakah penggunaan bulu sintetis ini merupakan solusi yang tepat? Atau justru malah menimbulkan masalah baru?




Bulu Hewan



Pada dasarnya, pelarangan penggunaan bulu hewan pada fashion item itu karena akan berdampak pada kepunahan hewan GanSis. Walaupun sudah banyak yang mengganti bulu asli dengan bulu sintetis tapi masih ada juga loh yang tetap menggunakan bulu asli sebagai bahan utamanya, seperti bulu rubah, kelinci, dan chinchilla.

Penggunaan bulu asli tetap dilakukan karena mereka percaya bahwa bulu dapat bersumber secara etis dan secara signifikan lebih berkelanjutan karena dinilai benar-benar alami dan dapat terdegradasi secara biologis dengan baik, daripada menggunakan bulu sintetis.

Federasi Bulu Internasional akan membuat Furmark, yaitu sertifikasi global untuk memberikan kepercayaan pada brand dan konsumen soal kesejahteraan hewan terkait dengan peternakan bulu.



Bulu Sintetis



Alasan pelarangan penggunaan bulu asli adalah sebagai upaya pelestarian lingkungan dan mencegahnya kepunahan hewan-hewan yang bulunya dimanfaatkan untuk industri fashion. Sebagai solusinya, hadirlah bulu sintetis yang terbuat dari plastik untuk menggantikan peran bulu asli tersebut.

Tapi nyatanya penggunaan bulu sintetis bukan hadir sebagai solusi GanSis. Penggunaan bulu sintetis justru malah menimbulkan masalah baru. Ternyata penggunaan bulu sintetis malah menimbulkan masalah bagi lingkungan kita, yaitu olusi air dalam bentuk nitrogen, fosfor dari kotoran hewan, dan polusi karbon monoksida, nitrogen oksida, sulfur oksida, serta asam klorida yang berasal dari pembakaran bangkai hewan.




Kalau menurut GanSis lebih baik mana?
Bulu asli atau sintetis?



SUMBER
Diubah oleh fashionistah 20-03-2019 11:56
tata604
tata604 memberi reputasi
2
1.2K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashionista
FashionistaKASKUS Official
2.2KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.