alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.84 stars - based on 25 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c90a84faf7e931fc7629ce1/kenapa-kita-harus-mengalah-pada-bus-dan-truk-besar
Lapor Hansip
19-03-2019 15:29
KENAPA KITA HARUS MENGALAH PADA BUS dan TRUK BESAR ?
Past Hot Thread
KENAPA KITA HARUS MENGALAH PADA BUS dan TRUK BESAR ?

Quote:"Daripada mengorbankan nyawa seluruh penumpang bus, lebih baik nyawa 1 or 2 orang pengendara motor yg hilang."


Kalimat di atas adlh berasal dari supir bus antar kota antar propinsi. Dari kalimat itu, mestinya pengendara motor mengerti betapa rapuhnya posisi mereka di jalan raya, terutama jika berada di depan, di belakang, maupun di samping bus/truk.
Jadi jika misalnya Anda sedang naik motor di jalan raya,
mengalahlah pada bus/truk besar. Ini demi kepentingan nyawa Anda sendiri. Jika truk/bus tsb sibuk mengklakson anda untuk minggir, maka berusalah rendah hati & sabar. Jangan dimasukkan ke hati mengenai klakson ber-tubi's & keras tsb.

Jangan_baper ya gansis... !!!emoticon-Big Grin

KENAPA KITA HARUS MENGALAH PADA BUS dan TRUK BESAR ?

*BERIKUT HAL YG WAJIB DIKETAHUI OLEH PEMOTOR MAUPUN PENGENDARA MOBIL DI JALAN RAYA JIKA BERHADAPAN DENGAN BUS MAUPUN TRUK.

KENAPA KITA HARUS MENGALAH PADA BUS dan TRUK BESAR ?

Quote:Kita harus menanamkan konsep begini:
Truk yg biasanya mengangkut hasil bumi, sayur'san, bahan bangunan, kontainer dsb, sangat berjasa bagi perekonomian.
Mereka memiliki kepentingan yg cukup besar.

Konsep lain:
Bus membawa penumpang banyak, antara 24 hingga 80 orang, dg demikian kepentingannya jauh lebih besar dari 1 atau 2 pemotor.

Supir truk trailer bisa saja mengerem mendadak jika ada pemotor yg jatuh di depannya. Tapi jika dia melakukan itu, bagian belakang atau muatannya akan tidak stabil, lari ke kanan/ke kiri. Jika ada banyak pemotor di sisi kanan, kirinya akan terserempet & tergilas.

Jadi supir tsb dg terpaksa akan membiarkan pemotor yg jatuh tsb tergilas. Pilihan yg sulit namun logis.


*JIKA KITA DIBELAKANG BUS/TRUK, BERILAH JARAK LEBIH KURANG 50 - 100 METER.

KENAPA KITA HARUS MENGALAH PADA BUS dan TRUK BESAR ?

Quote:Kalau truk/bus di depan menghidupkan lampu sen kanan, jangan coba's mendahului, itu artinya ada kendaraan dari arah berlawanan. Kalau mau mendahului truk, gunakan perhitungan.
Misalnya panjang truk 12 meter, panjang mobil 4 meter, itu artinya kita harus punya ruang untuk mendahului truk sebanyak 4 hingga 5 kali panjang mobil/motor. Jika_truk /bus sudah menghidupkan lampu sen kiri & lampu sennya menyala, kita boleh segera menghidupkan lampu sen kanan mobil/motor kita & mendahului truk/bus tsb. Jangan_lupa kasih kode klakson 2 kali. Itu sebagai tanda ucapan terima kasih, mereka semua sudah paham akan kode tsb.
Jika terjadi kecelakaan, (tentu saja tidak sengaja), sopir truk/bus akan lebih memilih korbannya meninggal biar tidak banyak ganti ruginya. Kalau korbannya tidak meninggal/cacat seumur hidup, ganti ruginya bisa ratusan juta akan jadi beban pengeluaran ke supir & perusahaannya, termasuk check up beberapa bulan, belum lagi urusan ke polisi.
Jika korbannya meninggal, paling banter supir truk, bus/
perusahaannya memberi uang damai/uang kerohiman, masalahnya selesai sampai di situ. Jika korbannya meninggal pun, pada saat berurusan sama polisi supir truk/bus memiliki alasan yg selalu bisa diterima, yaitu
tidak_kelihatan
" Mengapa?
Ukuran_truk /bus itu besar sekali, tidak mudah bagi supir untuk mengawasi tiap sudut truk/bus setiap saat. Jika ada yg terlindas, sopir truk/bus akan memakai alasan "tidak melihat/tidak kelihatan."

Kalau misalnya keluarga korban ngotot mau perkarakan pengadilan kecil kemungkinan keluarga korban akan memenangkan perkara, karena alasan "tidak_kelihatan" bisa diterima oleh akal sehatnya hakim, pengacara, penuntut umum dan semuanya. Kemungkinan besar kasus akan diselesaikan di luar pengadilan dg ganti rugi.

Kita harus mengerti bahwa tidak gampang supir mengendalikan truk/bus sebesar itu di jalan yg padat dg kendaraan kecil melaju di sekitarnya. Intinya kita harus extra's hati's jika berada di dekat truk/bus besar.


*JANGAN PERNAH BERHENTI MENDADAK DIDEPAN TRUK BERMUATAN JIKA JARAK ANDA DENGAN TRUK DIBAWAH 12 METER.

KENAPA KITA HARUS MENGALAH PADA BUS dan TRUK BESAR ?

Quote:Nyawa Anda akan melayang, jika bukan nyawa Anda, nyawa orang di sekitarnya.
Perhatikan terus lampu sen truk/bus di depan kita.
Pastikan_lampu_belakang & depan motor hidup, karena tidak mudah melihat keberadaan motor yg lampu belakang dan depannya mati.
Tingkatkan kesabaran, jangan gampang marah terhadap supir truk/bus, apalagi truk trailer & bus malam. Karena beban yg dipikul supir tsb banyak, selain muatan mereka juga harus memikirkan kehidupan keluarga mereka.

SEMOGA BERMANFAAT
KEEP SAFETY RIDING

emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!
🙏🙏🙏

KENAPA KITA HARUS MENGALAH PADA BUS dan TRUK BESAR ?
Sumber gambar : google.com
Diubah oleh dhenny54
43
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 10
21-03-2019 14:27
harus lebih hati" kalo dijalan ada truk atau bus.. lebih baik mengalah pengendara motor karna kendaraan besar ada titik blind spotnya...
1
21-03-2019 14:30
Truk besar muatan penuh itu lajunya lebih stabil banding bus antar propinsi.. kalo bus antar kota lebih ekstrim.. main berenti dadakanemoticon-Smilie apalagi kejar penumpang..ngeri lah.. tapi paling ngeselin truk pasir tapi baknya kosong.. kalo ngebut anginnya sampe masuk ke bulu hidung.
0
21-03-2019 15:05
Rules jalanan yg dibilang ts memang benar begitu adanya dijalanan.

Mau nambahin aja.
Jika ada bus menyalip dari arah berlawanan dgn mengambil jalur kita.
Kita jangan sekali2 ngasih lampu dim ke bis tsb. Karena bis gak mungkin mengalah jika sedang proses menyalip.
Lebih baik kita mengurangi kecepatan dan bergerak lebih ke kiri jalur kita.
Tetapi jika sudah mentok kiri dan tidak memiliki space lagi maka kita sebaik nya nyalain lampu hazard sebagai signal ke sopir bus jika kita sudah gak pnya space lagi.
Diubah oleh Portaldugem
1
21-03-2019 15:13
Mending sabar daripada tewas

- Ane
2
21-03-2019 17:44
kalo masih gerak2 biasanya dilindas lg biar mati
1
21-03-2019 17:47
Poin 1 sama 2 bukan ngalah tapi emang udah aturan emoticon-Hammer kalau diperempattan misal ada truk, mobil, sama motor dan ngga ada rambu stop nah baru motor yg maju duluan terus mobil terus truk
1
22-03-2019 05:33
ini nih ane sering temuin kl naik ke brastagi sumut .. container gandengan sampe 3-4 di area tanjakan dan zig zag dengan muatan overload .. ente mau berhenti di pinggiran, posisi area tanjakan, ente mau lambat, tarikan jadi berat alhasil habis minyak .. serba salah jadi nya emoticon-Hammer2
1
22-03-2019 05:34
Ya kalo nggak kalah.. bisa jadi lembut kita dijalanan.. emoticon-Ngakak
Yg penting safety ajalah di jalanan..
Anak dan istri menunggu di rumah..
1
22-03-2019 06:42
Karena yang Waras ngalah gan...
1
22-03-2019 08:38
the problem is, banyak pengendara yang nggak sabaran. giliran dibelakang truk, maunya nyalip terus, giliran didepan truk, jalannya lambat. Padahal dibelakangnya ada truk yang mau lewat, malah nggak mau minggir/ngalah
Diubah oleh mztgr
1
22-03-2019 23:18
emoticon-2 Jempol
1
23-03-2019 11:26
Seminggu sekali ane nempuh perjalanan Solo - Semarang sendirian. Baik pake motor atau mobil, kalau ngga pas bener2 jalan sepi dan lurus keliatan depannya, ane lebih sering ngalah ga nyalip truk gede. Ngeri bre kalau keinget temen deket ane yg meninggal krn kecelakaan di salah satu ruas jalan itu.
1
23-03-2019 12:00
KENAPA KITA HARUS MENGALAH PADA BUS dan TRUK BESAR ?

trit bener nih. emg bahaya soalnya supir bukan masalah dia seenaknya aja bawa mobil atau ketika kasus kecelakaan motor sedang nyalip kadang terseret oleh truk besar. karena supir memang jarak pandang di pengendara terbatas. kalo ente pengendara motor menyalip itu supir ga akan mengentahui bahwa ente nyalip. tau tau pas kebetulan truk belok akhirnya terlindas

yang sudah ditandai kuning pada gambar di atas bahwasannya pengendara truk tidak akan bisa melihat. karena jarak pandang truk sangat terbatas karena posisi badan truk sangat tinggi.
Diubah oleh sidqyf
1
24-03-2019 00:16
Ane juga bawa truk gan bukan sekwlas tronton sii,,,,tapi pas lewat jalanan yg rame sama motor was was juga kadang ada yg suka potong jalur,,,,dr spion ga keliatan tau2 main serobot ajah,,,,,
1
24-03-2019 00:30
mantap tips nya emoticon-2 Jempol
1
24-03-2019 13:30
Lebih baik mengalah daripada celaka, meskipun kita sedang dalam posisi yang benar kalau melawan bus lebih baik mengalah saja, daripada nanti ada apa-apa, kita sendiri yang bakalan rugi.
0
25-03-2019 11:44
terima kasih share rate komen dan cendolnya gan, semoga trit ini dpt menyadarkan kita semua akan harga sebuah nyawa emoticon-Angel
0
Halaman 10 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.