vitoownAvatar border
TS
vitoown
KULIAH ATAU BERHENTI?
Hallo gan perkenalan singkat aja gua baru lulus sma tahun 2018 gua kelahiran tahun 1999, sekarang gua udah kuliah ambil d3 perhotelan jalan 2 semester di salah satu tempat kuliah perhotelan&pariwisata terfavorit di indonesia yg ada di bandung. Jujur aja gan gua ragu banget sama prospek lulusan dari perhotelan ini dan gua merasa gua berada di jalan yang salah. Gua sering banget kepikiran untuk berhenti kuliah gan di semester 2 ini. Gua ceritain dlu gan kenapa gua ngambil perhotelan. Jadi gua dari mulai sma kelas 12 kepikiran pengen banget punya usaha gan, tapi gua berasal dari keluarga yang ga punya jadi otomatis gua harus cari modal dlu untuk gua coba coba buka usaha. Gua berfikir cara cari modal cepet gampang yaitu salah satunya itu dari masuk ke dunia perhotelan ini gan, saat itu juga gua kepikiran untuk bekerja di kapal pesiar. Akhirnya gua mutusin buat daftar ni kampus karena dari rencana yang ada di kepala gua yaitu, d3 kuliahnya cepet cuman 3 tahun, lulus bisa langsung kerja cepet buat cari modal usaha, uang kuliahnya murah karena subsidi dari pemerintah. Tapi hasilnya ya itu tadi gan gua kaya ragu banget gan di bidang ini, bisa dibilang gua "pesimis masa depan". Gua sering banget kepikiran sampe gua stress sendiri gan kalo gua tuh bener bisa sukses ga dari bidang ini. Gua juga rada sedikit terhambat buat biaya gan, ortu ane kaya rada kesusahan gitu gan untuk ngirim ane duit bulanan. Ane akhirnya mendapat beberapa pilihan hidup yang bisa ane pilih gan:

1. Cuti kuliah, kerja dulu 1 tahun, bisa balik lagi kuliah bisa engga
Oke yang ini sebenernya bisa jadi pilihan bagus gan karena siapa tau setelah bekerja bisa lebih membuka pikiran ane. Tapi ane agak terbeban karena waktu soalnya kalo ane cuti dan kerja setahun jadinya ane lulus di umur 23 dan baru d3. Kalo ga balik lagi kuliah berarti ane menemukan solusi yang lebih baik ketimbang kuliah disitu.

2. Cuti kuliah, kerja dulu 1 tahun tapi ane sambil les buat sbmptn gitu
Ane kepikiran gini, jadi gua cuti setahun trus selama kerja gua itu ikutan les bimbel gitu yang mahal yang biasa buat masuk sbmptn dan gua ngambil universitas ptn favorit dan ngambil jurusan teknik. Kalo ga keterima ya kemungkinan ane balik kuliah lagi di bidang yang ane ragukan sangat. Kalo diterima kemungkinan besar sih ane ambil walapun taro ane masuk brarti tahun 2020 dan lulus 2024 di umur 25 tapi agak waswas juga karena lulusnya umur 25.

3. Berhenti kuliah, kerja trus coba bangun usaha
Kalo yang ini minusnya ane gabisa ambil cuti gan soalnya menurut ane bangun usaha itu ga sebentar dan harus fokus jadi mending ane berhenti aja kalo mau bener bener fokus buat usaha

4. Lanjut kuliah aja


Itu ada beberapa pilihan gan, ane minta pendapat dan saran agan-agan disini yang sudah berkutik di dunia kerja maupun dibidang bisnis. Ane minta pendapat aja ane baiknya ngelakuin yang mana untuk masa depan ane. Soalnya ane bingung jadi kepikiran mau cuti ato berhenti mending skrng daripada keburu lama. Kalo ada yang mau sharing-sharing atau komentar juga boleh banget, thankyou gan.
Diubah oleh vitoown 20-03-2019 05:21
0
750
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.