Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rickyferdi336Avatar border
TS
rickyferdi336
BERI ANAK MUDA KESEMPATAN DAN PELUANG SESUAI DENGAN “PASSION”


    Generasi muda bangsa ini perlu mendapat dukungan dari pemerintahnya dalam segala hal. Salah satu yang mendesak untuk didukung dan diberikan ruang, adalah kreativitas mereka. Bagi anak muda, kreativitas adalah sesuatu yang begitu sangat mereka ingin kembangkan. Termasuk dalam hal dunia usaha, banyak anak muda ingin sesuatu yang berbeda dengan usaha-usaha para pendahulunya. Mereka ingin melakukan sesuatu yang dianggap sesuai dengan passion mereka.
 
Memasuki industri 4.0, dunia usaha diwarnai dengan sistem komputerisisasi, sistem digital, di mana dunia internet adalah faktor pendukung yang sangat diperlukan. Bicara dunia digital dan internet, hal tersebut taka sing bagi generasi milenial. Dunia internet boleh dikatakan asupan wajib yang didapat anak muda setiap hari, di seluruh dunia.
 
Lantas, apakah itu berarti industri 4.0 dapat dikembangkan dan diarahkan kepada aktivitas generasi muda. Tentu hal itu sangat baik jika bisa dilakukan, apalagi diatus sedemikian rupa agar anak muda bisa benar-benar melek dengan industri 4.0 ini.
 
Sebenarnya hal ini sudah menjadi perhatian pemerintah. Hal tersebut terwujud dalam pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) Syafruddin  di sejumlah media baru-baru ini. Disebutkan bahwa pemerintah akan mempercepat pelaksanaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).
 
Sebab, Indonesia akan menghadapi dua isu besar yaitu revolusi industri 4.0 dan bonus demografi. Dimana kedua tantangan ini perlu dikelola dengan baik agar Indonesia mampu meraih keemasannya pada 2045.
 
Revolusi Industri 4.0 akan menjadi ruang bagi para generasi milenial dalam upaya pembangunan bangsa di masa mendatang.
 
"Ibarat organisme dan ekosistem, yang paling cocok hidup dalam habitat era digitalisasi dan virtualisasi ya generasi millenial, kepada merekalah nasib bangsa ini akan bertumpu," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) Syafruddin dalam keterangan tertulisnya Rabu (20/3/2019).
 
Pemerintah, kata dia, mengajak teknokrat dan ilmuwan membuat perubahan yang luar biasa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang akan menopang kemajuan negara dan kesejahteraan bangsa di masa depan.
 
"Sekarang segalanya telah berubah, pengetahuan dan teknologi telah menghadirkan nafas baru bagi umat manusia untuk mengatasi berbagai masalah," katanya.
 
Sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/138...pbe-1553090183
 
Jika memang hal ini sudah menjadi perhatian, lantas apa langkah awal yang bisa dilakukan. Ya semestinya tidak usah muluk-muluk, kembalikan saja anak muda pada passion mereka, berikan mereka kesempatan untuk dipercaya akan kreativitas mereka.
 
Apa yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Gresikini boleh dikatakan salah satu langkah awal. Dinas tersebut memberikan pelatihan kepada Karang Taruna Kecamatan Gresik dalam pembuatan konten YouTube terhadap generasi milenial dari desa/kelurahan.
 
Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan potensi wisata dan usaha di daerah masing-masing. Kegiatan pengenalan konten YouTube tersebut dikenalkan kepada generasi milenial karena banyak potensi desa desa dan kelurahan.
 
"Generasi milenial masih banyak potensi yang harus dikembangkan dalam mengahadapi revolusi industri 4.0," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gresik, Budi Raharjo, Rabu (20/3/2019).
 
Oleh karena itu, pelatihan YouTube menjadi salah satu cara untuk dikembangkan oleh generasi milenial.
 
"Revolusi industri 4.0 harus disampaikan generasi muda sekarang. Sehingga, nanti siap menghadapinya," imbuhnya.
 
Sumber: http://madura.tribunnews.com/2019/03...n-promosi-desa
 
Meski terkesan tidak terlalu mencolok, tapi tak terbantahkan, bahwa hal-hal semacam itu adalah langkah positif yang semestinya harus dilakukan dalam skala nasional. Apapun yang dilakukan anak muda, selam apositif dan berpotensi untuk kemajuan bangsa, semestinya mereka diberikan peluang. Pasalnya, inovasi anak muda adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa ini.
 
Menarik ketika Politisi muda Partai NasDem, Anggiasari Puji Aryatie mendorong inovasi anak muda, untuk menumbuhkan industri. Bentuk dukungan seperti inilah yang dibutuhkan anak muda. Di mana mereka diberikan kepercayaan akan kreativitas dan inovasi mereka sendiri.
 
"Sebagai kader dan politisi muda NasDem, saya mendukung penuh kreatifitas generasi muda untuk menciptakan peluang bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat mereka," ujar Anggia kepada wartawan, Jakarta, Rabu (20/3/2019).
 
Anggi, sapaan akrab caleg NasDem Dapil DIY ini, mengatakan, banyak generasi muda di Yogyakarta yang berhasil mengembangkan industri kreatif berbasiskan nilai lokal dan budaya. Salah satunya adalah kerajinan kulit. Bahkan pasar dari produk tersebut sudah mendunia, tentu dengan memanfaatkan teknologi informasi.
 
"Contohnya di Yogya banyak pengrajin kulit anak muda, dan produknya sudah merambah pasar internasional, dengan bantuan teknologi dan penjualan online," ungkapnya.
 
Kata dia, ada tiga hal yang perlu didorong. Pertama, iklim usaha dan perdagangan yang nyaman, dimana akan berefek kepada terbukanya lapangan pekerjaan yang lebih luas. Kedua, peningkatan kapasitas para pelaku industri kreatif melalui pelatihan dan pendampingan. Ketiga adalah pasar dan jejaring.
 
"Penting juga bagi kaum muda untuk mengikutsertakan teman-teman kaum difabel yang bergerak di bidang itu," ujar Anggia.
 
Sumber: https://ekonomi.inilah.com/read/deta...dustri-kreatif
 
Selanjutnya tinggal bagaimana pemerintah memberikan kesempatan, sekaligus juga dukungan dalam berbagai bentuk yang dibutuhkan anak muda. Selama diberikan kesempatan, anak muda pasti mampu memanfaatkan peluang.


0
2.3K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.