skydaveeAvatar border
TS
skydavee
Hutan Pinus Asri, Sejuknya Jogja
dok.pribadi

Mencari area instagramablepasti jadi salah satu tujuan berwisata yang tidak bisa ditepikan. Sudut-sudut fotogenik kerap diburu para penggemar fotografi untuk diabadikan sebagai objek foto.

Masih berada di wilayah Yogyakarta, kali ini kita akan berplesir ke Hutan Pinus Asri yang letaknya di daerah Dlingo, Bantul.

Mengikuti papan petunjuk dari Terminal Giwangan menuju Makam Raja-raja Imogiri, kita bisa mengambil arah ke Kebun Buah Mangunan. Setelah bertemu pertigaan ambil arah naik ke Puncak Pinus. Melanjutkan ke atas kita akan bertemu dengan objek wisata Hutan Pinus Mangunan yang juga hampir tak pernah sepi dari pengunjung. Terutama pada musim liburan, maupun ketika akhir pekan.

Dari objek Rumah Hobit dan beberapa meter lagi ke atas, kita akan menemukan Hutan Pinus Asri. Tempat ini banyak diincar penggemar fotografi mulai dari sebelum matahari terbit. Konon, suasana kabut yang eksotik dan cahaya matahari pagi adalah incaran spot foto terbaik yang jarang bisa didapatkan semua orang.

dok.pribadi

Kalau di Korea Selatan tersohor keindahan pepohonan pinus dan ginko di Nami Island-nya, sekarang tak perlu pergi jauh dan khawatir merogoh kocek yang berlebihan untuk bisa menikmati sensasi pinus ala drama korea yang bikin baper.

Cukup mampir ke Bantul dan mencoba sensasi sejuknya hutan pinus yang dijamin bisa membuat kita melupakan sejenak kesibukan, kepenatan, kemacetan dan kejenuhan yang dirasakan sepanjang hari.

Tiket masuk Hutan Pinus Asri ini dibandrol seharga 2500 rupiah saja per orangnya, sedangkan parkir motor 3000 rupiah dan parkir mobil hanya 5000 rupiah. Harga yang tentunya sangat terjangkau untuk menikmati alam yang sejuk dan indah. Di tempat parkir tersedia fasilitas mushola, toilet dan warung makan serba kayu yang harganya juga tidak menguras kocek terlalu dalam.

dok.pribadi

Sebelum masuk, disarankan bawa botol minuman yang cukup isinya karena lokasinya yang naik turun bisa membuat kita mendadak haus. Siapkan alas kaki yang tahan selip, karena ketika musim penghujan, pijakan-pijakan kayunya otomatis akan menjadi licin, dan tanah menjadi basah. Unsur kehati-hatian mutlak tetap diutamakan. Jangan sampai niat bersenang senang melepas penat malah berujung celaka.

dok.pribadi

Ada banyak spotfoto yang unik seperti panggung papan, taman bunga, sangkar burung, ayunan, rumah rumahan dan yang paling menarik adalah gardu pandang yang terhampar langsung di tebing.

dok.pribadi

Tapi ingat, gardu ini tidak ada pengamannya secara langsung. Jadi kita wajib berhati-hati saat ingin berada di atasnya. Jangan bercanda berlebihan atau pecicilan karena yang di depan kita adalah jurang. Budayakan antri dan bergantian saat ingin mengambil foto. Usahakan jangan terlalu lama berfoto-ria bila antriannya panjang ya? Kasian pengunjung yang lain, juga hendak mengabadikan tiap momen dengan berfoto. So, wajib untuk tahu diri!

Nah, untuk yang berwisata bersama keluarga dan anak-anaknya, tetap harus pengawasan ekstra. Tempat ini cukup ramah untuk anak-anak mengeksplor alam dengan keriangannya. Ada ayunan, rumah-rumahan, tangga pijakan dan bunga-bunga yang menyejukkan mata. Namun tetap harus diberikan pengertian pada anak-anak agar tidak melewati sudut-sudut curam yang berbahaya.

Karena yang datang kesini bukan hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Jadi ada baiknya tetap menjaga prilaku dan kesopanan supaya tidak memberikan pemandangan yang buruk di tempat yang cukup indah ini. Misal, bagi yang sedang berpacaran, tolong jangan berbuat yang bisa merusak indahnya alam di sana. Yang wajar-wajar saja.

Tak perlu bepergian jauh keluar negri, eksplore blusukan dalam negri pun bisa jadi sebuah promosi untuk menarik wisatawan asing berkunjung ke Indonesia.


Nah, mari kita berlibur!
Siapa bilang wisata murah tidak bisa indah?



©Skydavee 2019
Diubah oleh skydavee 01-03-2019 07:33
5
5.7K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.