g.e.mAvatar border
TS
g.e.m
Radeon™ RX 590, VGA Handal Buat Gaming Full HD 1080p di Max Setting!
Halo gan, berjumpa kembali dengan ane emoticon-Smilie Kali ini ane mau bahas tentang VGA terbaru dari AMD, Radeon™ RX 590. Penasaran sama performanya untuk main game? Simak di pembahasan kali ini ya gan!




Sebagian besar dari agan pasti memiliki hobi yang sama yakni bermain game, iya kan? terlepas dari genre yang dimainkan, berdasarkan survei terkini mayoritas gamers dominan memilih monitor dengan resolusi Full HD 1080p serta sebagian besar lebih memilih VGA yang berada di rentang harga $199-$399 (atau setara 2-5 Jutaan).




Nah, AMD belum lama ini sudah meluncurkan VGA terbarunya gan, yakni Radeon™ RX 590, VGA ini termasuk ke dalam kategori VGA yang memiliki rentang harga yang paling banyak dicari oleh gamers, seperti yang ane sebutkan di awal trit gan.



Radeon™ RX 590 hadir dengan fabrikasi 12nm paling baru yang menghasilkan peningkatan performa hingga 12% dibandingkan Radeon™ RX 580 yang sudah hadir sebelumnya. Peningkatan performa tersebut salah satunya didapat berkat penggunaan GPU clockspeed yang telah ditingkatkan gan. 



Radeon™ RX 590 hadir sebagai pengisi lini Radeon™ RX 500 Series yang udah hadir sebelumnya gan. Posisinya tepat berada di tengah-tengah antara Radeon™ RX 500 Series dan kartu grafis high-end Radeon™ RX Vega Series.



Saat ini Radeon™ RX 590 sudah tersedia di pasaran, yang diluncurkan oleh empat vendor VGA ternama, yakni ASUS Strix Radeon™ RX 590, Sapphire Nitro Radeon™ RX 590, XFX Radeon™ RX 590 FatBoy dan PowerColor Devil Radeon™ RX 590. Menyusul akan muncul juga dari brand lain seperti MSI Armor Radeon™ RX 590 dan Gigabyte Radeon™ RX 590.
Setelah penjelasan singkat di atas, kita lanjut yuk gan kepada pembahasan performa gamingnya gan, mengingat ane gak bisa masukkan semua brand VGA yang ada di pasaran, kita simak aja review beberapa di antaranya: Sapphire Nitro Radeon™ RX 590 8GB GDDR5 dan PowerColor Devil Radeon™ RX 590 VRAM 8GB GDDR5.





Pada pengujian game pertama yakni Battlefield 1 yang ane kutip dari Techpowerup, Sapphire Radeon™ RX 590 berhasil mencatatkan performa kencang menembus 100 FPS, menariknya berkat kehadiran fitur Dual BIOS pengguna bisa mengaktifkan Quiet BIOS untuk mendapatkan performa gaming lebih kencang namun dengan voltase dan putaran kipas lebih hening gan.



Pengujian PowerColor Red Devil Radeon™ RX 590 ane kutip dari Guru3D gan, walaupun tidak bisa menembus 100 FPS karena perbedaan game (untuk kali ini pengujiannya adalah game Battlefield V)  dan perbedaan Rig untuk pengujian, namun PowerColor Red Devil Radeon™ RX 590 berhasil unggul dibandingkan kartu grafis kelas menengah lainnya bahkan hampir setara dengan Geforce GTX 1070 dengan harga lebih mahal.





Game Far Cry 5 menjadi salah satu favorit banyak gamers saat ini, salah satunya berkat aksi dan tema gak biasa yang dihadirkan. Sapphire Nitro Radeon™ RX 590 kembali menunjukan keunggulannya dibandingkan VGA kelas menengah lainnya gan. Tidak ada perbedaan berarti saat fitur Queit BIOS diaktifkan. 



PowerColor Devil Radeon™ RX 590 kembali menunjukan performa terbaiknya dalam pengujian dari Guru3D gan, lagi-lagi kita bisa melihat PowerColor Devil Radeon™ RX 590 bisa menggeser kartu grafis kelas menengah lainnya bahkan bisa setara dengan kartu grafis kelas atas yang diluncurkan dua tahun lalu seperti Radeon™ R9 Fury dan Geforce GTX 980 Ti.





 Game The Witcher 3 merupakan salah satu game lawas yang masih banyak dimainkan sampe sekarang gan, grafis yang menawan dan story yang menakjubkan penyebabnya. Sapphire Radeon™ RX 590 terbukti kembali unggul dibandingkan VGA kelas menengah lainnya gan.



Hasil yang sama juga berhasil dicapai oleh Power Color Red Devil Radeon™ RX 590 saat memainkan game The Witcher 3 yang gak cuma mengalahkan VGA kelas menengah yang ada gan, di pengujian Guru3D bahkan bisa lebih unggul dibandingkan VGA seri kelas atas lawas yakni Radeon™ R9 Fury dan Geforce GTX 980 Ti.





Game terbaru dari Rebellion developer dibalik game Sniper Elite menghadirkan petualangan yang menegangkan gan. Sapphire Nitro Radeon™ RX 590 kembali menghadirkan keunggulan fitur Quiet BIOS yang tidak ada perbedaan performa yang signifikan gan, menariknya Sapphire Nitro Radeon™ RX 590 juga lebih unggul dibandingkan kartu grafis kelas atas lawas Geforce GTX 980 Ti. 



Strange Brigade kembali bisa dijalankan dengan lancar di PowerColor Devil Radeon™ RX 590 gan, hal yang sama juga kita bisa temui dimana PowerColor Devil Radeon™ RX 590 terbukti lebih unggul bahkan mengalahkan VGA kelas atas lawas seperti Radeon™ R9 390X atau Geforce GTX 980. 





Game yang menceritakan tentang peperangan di masa depan ini sangat digandrungi oleh sebagian gamers karena kualitas tampilan grafis yang dihadirkan. Sapphire Nitro Radeon™ RX 590 terbukti bisa unggul dibandingkan kartu grafis kelas menengah lainnya termasuk kartu grafis kelas atas lawas Geforce GTX 980 Ti gan.



Deus EX Mankind juga bisa lancar dimainkan di PowerColor Devil Radeon™ RX 590 dengan lancar. Walaupun kali ini harus mengakui keunggulan VGA kelas atas lawas Radeon™ R9 Fury , namun PowerColor Devil Radeon™ RX 590 berhasil unggul atas VGA kelas menengah lainnya gan.



Sedikit tips bagi agan yang ingin membangun PC gaming yang ideal, agan bisa pasangkan VGA Radeon™ RX 590 dengan monitor yang mendukung fitur Radeon™ FreeSync yang ada di pasaran gan. Agan akan mendapatkan gak cuma pengalaman bermain game yang kenceng aja, tapi juga bebas stuttering dan tearing.



Gak cukup bermain kencang dan bebas stuttering aja gan, bahkan agan juga berkesempatan mendapatkan tiga game AAA gratis setiap pembelian VGA Radeon™ RX 590. Tiga game tersebut adalah Devil May Cry 5, Resident Evil 2 dan The Division 2. Promo ini berlaku untuk pembelian VGA Radeon™ dari  15 November 2018 – 6 April 2019 aja loh gan, jadi segera beli sebelum kehabisan bonusnya.

Info lengkapnya tentang klaim game gratis, bisa lihat di web resmi AMD Indonesia ya gan https://www.amd-id.com/2018/12/dapat...seri-tertentu/

Sekian dari ane gan. Semoga bermanfaat ya trit ane terutama bagi agan yang sedang ingin upgrade dari PC lama agan atau ingin kartu grafis untuk PC Gaming terbaru emoticon-Smilie

Jika agan merasa trit ane ini membantu agan dan bermanfaat, jangan sungkan kasih emoticon-Cendol Gan, rate emoticon-Rate 5 Star dan share ke sosial media agan. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya!

Sumber:
https://www.amd-id.com/2018/12/radeo...main-game-aaa/
https://www.amd-id.com/2019/02/uji-p...olusi-full-hd/
Diubah oleh g.e.m 18-03-2019 11:47
0
1.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.