Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ekotedjo551Avatar border
TS
ekotedjo551
JADI DUTA BESAR JAMAN JOKOWI, TERNYATA ‘DIPAKSA’ JUALAN INI JUGA
   
Jabatan Duta Besar memang jabatan bergengsi. Sejak dulu, selain diplomat, biasanya mantan pejabat negara atau mantan jenderal bisa menduduki wakil Indonesia di berbagai negara di dunia itu.Seperti yang sudah dipahami bersama, tugas duta besar adalah mewakili Indonesia, dalam kegiatan apapun. Mulai dari mengurusi WNI yang ada di negara itu, hingga urusan diplomatic lainnya.


Tapi yang belum banyak orang tahu, ternyata di jaman Presiden Jokowi, para duta besar ini punya tugas tambahan. Mereka ‘dipaksa’ Presiden berjualan atau memasarkan produk-produk Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) Indonesia, agar bisa mendunia. Tentunya produk UMKM yang berkualitas yang dikemas dengan baik pula.


Seperti dikutip dari merdeka.com, (https://www.merdeka.com/peristiwa/na...km-ekspor.html), Politisi Nasdem yang juga sering aktif di Luar Negeri, Shanti Ramchan mengakui hal itu. “Hal itu terlihat dari kedubes RI di luar negeri sangat welcome dan mengayomi sehingga UMKM meningkat," kata politisi NasDem Shanti Ramchand di Jakarta, Sabtu (16/3) seperti ditulis Merdeka.


Para dubes pun, lanjutnya, juga benar-benar diminta Presiden membantu UMKM. Kedutaan di luar negeri sangat terbuka mengajak UMKM ke luar negeri."Dilaunching pada saat acara Kedubes. Dengan begitu, produk UMKM akan dikenal di berbagai negara. Saya praktik langsung. Saya membawa 7 pedagang Indonesia ke New Delhi, India.

Mereka pedagang UMKM ada yang minyak kelapa, kacang, tekstil, sendal. Mereka ke sana kita lakukan B to B. Langsung menawarkan produknya kepada pengusaha di India. Hasilnya bagus. Banyak yang tertarik," kata Caleg NasDem dari Dapil DKI Jakarta II itu.
Shanti menilai ada yang perlu ditingkatkan yakni marketingnya. Pemerintah juga harus memberikan edukasi kepada pelaku UMKM agar melek teknologi.


Peran-peran tambahan kepada Duta Besar ini agaknya perlu diapresiasi. Apalagi UMKM adalah sendi-sendi ekonomi rakyat di seluruh Indonesia. Mulai dari produk makanan, minuman, hingga produk fashion banyak digarap UMKM. Jutaan masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya dari usaha mereka yang masih jauh dari skala industry.
Salah satu wilayah yang juga berpotensi melahirkan produk UMKM andalah adalah Jawa Tengah.


Mengutip jatengtoday.com (https://jatengtoday.com/eva-yuliana-...-negeri-20960)Pertumbuhan UMKM di Solo yang semakin berkembang pesat.


“Solo memiliki peluang sangat besar untuk mendorong kemajuan UMKM. Selain relatif kondusif, daerah ini juga merupakan salah satu tujuan wisata populer di Jawa Tengah,” kata Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana MSi, di Semarang, beberapa waktu lalu.
Eva juga menilai kemajuan teknologi saat ini sudah sangat mendukung agar UMKM Indonesia bisa menembus pasar luar negeri hingga bisa merebut pasar di sana. Untuk itu, ia menilai perlu diberi pelatihan bagi UMKM agar bisa berjualan secara daring juga.








1
2.7K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.