Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sadar Gak Sih Kamu Kalau Ternyata Freezer Kulkas Nggak Ada Lampunya?

futuregeeksAvatar border
TS
futuregeeks
Sadar Gak Sih Kamu Kalau Ternyata Freezer Kulkas Nggak Ada Lampunya?

Hah, iya lho, waktu nulis judul Thread ini baru ngeh kalau ternyata memang selama ini nggak pernah perhatian sama si kulkas. Ahahaha. Bener juga, bagian bawah kulkas selalu terang dan ada lampunya tapi bagian freezer gak kena cahaya sama sekali. Kenapa ya? Biar masalah ini terkesan sangat serius, mari kita dengarkan penjelasan dari seorang profesor, GanSis.

Robert H. Frank, profesor ekonomi di Cornell University, bilang kalau alasan kenapa freezer nggak punya lampu adalah supaya kulkas yang kamu pakai lebih hemat listrik. Ada prinsip yang disebut "biaya-manfaat" atau cost-benefit principle. Begitu dikutip dari Kompas Lifestyle.

Perhitungannya seperti ini GanSis: biaya memasang lampu di freezer sama dengan biaya memasang lampu di seluruh bagian lemari es. Walaupun ukuran freezer relatif jauh lebih kecil dari bagian kulkas yang lain. Tentu saja yang dibahas di sini adalah kulkas konvensional yang memang ada bodi pendingin dan bagian freezer kecil (biasanya di atas). Makanya dalam rangka menghemat biaya produksi, perusahaan produsen kulkas memutuskan nggak memasang lampu di freezer.


Hitung-hitungan ekonomi ini disetujui juga oleh pakar teknisi lemari es, Ed Dougherty. Menurut Ed, penelitian sudah menunjukkan kalau freezer termasuk bagian kulkas yang jarang dibuka kalau dibandingkan dengan bagian kompartemen utamanya. Orang hanya membuka freezer untuk mencari es krim dan makanan yang harus dibekukan lainnya, yang kemungkinan besar cukup bisa dicari dengan menggunakan lampu dapur yang sedang menyala (atau di mana pun kulkas diletakkan). Makanya manfaat lampu freezer jauh lebih sedikit.

Nah alasan lainnya juga karena kristal es atau bunga-bunga es yang bisa muncul di dalam freezer. Munculnya bunga es ini membuat kondisi di dalam sana sangat lembab. Kalau dipasang lampu pun, cahayanya akan tertutup oleh uap dan kelembaban jadi fungsinya nggak maksimal.

Lampu juga mengeluarkan panas yang bisa mempengaruhi suhu di dalam freezer. Panas ini bisa jadi akan mempengaruhi makanan yang di simpan di dalam sana. Kira-kira seperti itu penjelasannya, GanSis.

Tapi memang ada juga sih kulkas dengan freezer berlampu. Tapi biasanya ada di kulkas-kulkas yang memang harganya mahal dan hanya orang-orang yang berpendapatan tinggi yang menggunakan kulkas seperti ini. Karena mereka berpikir lampu di freezer sepadan dengan biaya tambahan listrik yang harus mereka keluarkan.

O... gitar.

emoticon-Om Telolet Om!


Spoiler for Sumber Foto:

Diubah oleh futuregeeks 15-03-2019 07:29
eyefirst2
eyefirst2 memberi reputasi
11
10.3K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.