Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

esemkajayaAvatar border
TS
esemkajaya
Harga Mobil Esemka 2019 : Terbaru dan Termurah
Harga Mobil Esemka 2019 – Industri mobil nasional Indonesia masih kalah dari Malaysia. Padahal dahulu Indonesia memiliki mobil nasional bernama Timor yang cukup populer hingga sekarang. Sayangnya Timor hanya seumur jagung, dan harus menghentkan produksinya seiring dengan lengsernya Presiden Soeharto. Andai saja Timor masih berdiri sampai sekarang, mungkin Indonesia bisa satu tingkat di atas Malaysia dalam urusan mobil nasional.

Lupakan Timor, karena sekarang sudah ada wacana mobil nasional baru bernama Esemka. Mobil tersebut digadang-gadang menjadi mobil nasional kebanggaan Indonesia. Sebenarnya wacana hadirnya mobil Esemka sudah ada sejak tahun 2009. Mobil tersebut merupakan mobil nasional hasil karya siswa SMK yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sehingga dinamai “Esemka”.

Sayangnya sampai detik ini mobil Esemka belum diproduksi secara masal. Banyak sekali polemik terkait peluncuran mobil nasional tersebut. Bahkan ada yang mengait-kaitkan bahwa mobil Esemka hanyalah pencitraan Presiden Jokowi. Yah, wacana memproduksi massal mobil Esemka memang santer didengar sejak era Presiden Jokowi. Sebelum itu mobil Esemka juga menjadi kendaraan dinas Walikota Solo pada tahun 2014.

Kami sendiri optimis bahwa nantinya mobil Esemka akan diproduksi secara massal sebagai mobil kebanggaan masyarakat Indonesia. Walaupun masih butuh waktu cukup lama, namun hadirnya mobil nasional tersebut bisa membawa angin segar bagi industri otomotif tanah air. Terlebih harga mobil Esemka digadang-gadang jauh lebih murah dibandingkan mobil asal Jepang, seperti Honda, Toyota, Daihatsu, ataupun yang lainnya.

Yah, harga mobil Esemka wajib murah agar masyarakat Indonesia mau membelinya. Tak hanya itu, mobil Esemka juga harus memiliki spesifikasi dan fitur yang mumpuni, sehingga tak kalah saing dari mobil Jepang yang notabennya lebih familiar bagi masyarakat Indonesia. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui secara lengkap spesifikasi dan harga mobil Esemka 2019, silahkan simak informasi berikut ini.

Sebelumnya terdengar kabar bahwa mobil Esemka akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2019. Tak hanya satu mobil, akan tetapi ada beberapa mobil yang akan diluncurkan dan diproduksi secara massal. Sayangnya sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut kapan tepatnya mobil Esemka akan mulai dipasarkan. Namun yang pasti mobil Esemka sudah mendapatkan sertifikasi uji laik jalan kendaraan bermotor dari Kementerian Perhubungan.

Ada banyak sekali varian mobil Esemka yang akan dipasarkan di Indonesia. Masing-masing varian tentu memiliki desain berbeda-beda. Namun sayangnya sampai detik ini belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi dan fitur yang dimilikinya. Yah, kita harus bersabar apabila ingin mengetahui secara pasti spesifikasi mobil Esemka setiap tipenya. Nah untuk mengetahui apa saja tipenya silahkan simak dibawah ini.

1. Harga Mobil Esemka Bima 1.8D
Gambar Mobil Esemka Bima
Spesifikasi Esemka Bima mengusung mesin berkapasitas 1.8 Liter dengan sistem penggerak 4×2 dan transmisi manual. Hanya itu saja bocoran yang kami dapatkan mengenai spesifikasi Esemka Bima. Yang pasti mobil ini akan bersaing melawan Daihatsu Grand Max dan Suzuki Mega Carry dipasar mobil Pick Up tanah air. Semoga saja harga mobil Esemka Bima 1.8 jauh lebih terjangkau, sehingga bisa menjadi pilihan tepat bagi masyarakat Indonesia yang sedang mencari kendaraan niaga.

Baca Juga : Daftar Harga Mobil Honda 2019 : Terbaru & Termurah
2. Harga Mobil Esemka Bima 1.0
Gambar Mobil Pick Up Esemka Bima
Gambar Esemka Bima 1.0

Total ada 3 varian Esemka Bima yang sudah lulus uji laik jalan. Ketiganya merupakan mobil pick up yang memiliki tampilan cukup modern dan didukung bak luas yang bisa menampung berbagai macam barang. Soal harga masih menjadi misteri, namun kemungkinan harga mobil Esemka Bima 1.0 cukup terjangkau. Pasalnya mobil ini hanya memiliki mesin berkapasitas 1.000cc dengan transmisi manual. Kapasitas mesinnya memang cukup kecil, akan tetapi sudah lebih dari cukup untuk memuhi kebutuhan angkut barang.

Advertisement


3. Harga Mobil Esemka Bima 1.3L
Gambar Esemka Bima
Gambar Esemka Bima 1.3L

Selain varian 1.8 Liter dan 1.0 Liter, tersedia pula Esemka Bima yang mengusung mesin 1.3 Liter. Desain ketiganya tidak akan berbeda jauh, dan kemungkinan sudah dilengkapi Fog Lamp sesuai bocoran gambar Esemka Bima yang beredar di dunia maya. Di sisi lain mobil ini menawarkan daya angkut yang cukup besar dan didukung bak luas yang bisa mengangkut berbagai macam barang. Kapasitas mesinnya juga cukup besar, sehingga bisa diandalkan untuk melewati tanjakan ataupun medan berat lainnya.

4. Harga Mobil Esemka Niaga 1.0
Gambar Mobil Esemka Niaga
Gambar Mobil Esemka Niaga

Sejarah mengatakan bahwa mobil asli Indonesia cukup berjaya di Negari Sendiri. Semoga saja hal yang sama juga berlaku untuk Esemka Niaga yang merupakan mobil pick up bermesin 1.0 Liter. Sesuai namanya, mobil tersebut dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan niaga masyarakat Indonesia dalam mengangkut barang ataupun mendistribusikan barang. Sekarang kita hanya perlu bersabar sampai mobil nasional tersebut dipasarkan secara resmi, dan mari kita berdoa agar harga mobil Esemka Niaga tak sampai 100 Juta.

5. Harga Mobil Esemka Digdaya 2.0
Gambar Mobil Esemka Digdaya
Gambar Foday Lion F22

Sebenarnya mobil Esemka memiliki desain yang cukup menarik. Namun kabarnya mobil yang dipasarkan merupakan rebranding dari merek China. Sebagai buktinya adalah desain Esemka Digdaya yang sanga mirip dengan mobil China Foday Lion F22 Pick-up. Yah, tak menutup kemungkinan Esemka bekerja sama dengan merek asal China tersebut. Hal ini bukan menjadi masalah berarti selama kualitas Esemka Digdaya tetap terjaga.

Untuk spesifikasinya sendiri, Esemka Digdaya dikabarkan mengusung mesin diesel berkapasitas 2.000cc. Mesin tersebut membuat mobil Double Cabin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 134 Horsepower pada 4.000 rpm dan torsi 300 Nm pada pada 2.000 rpm. Lalu ada pula transmisi manual 5 percepatan dan sistem penggerak 4×2. Tak menutup kemungkinan nantinya akan muncul varian 4×4, sehingga Esemka Digdaya bisa bersaing melawan mobil Double Cabin sekelas Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, dll.

Esemka Digdaya 2.0
Gambar Esemka Digdaya 2.0

Selain mengusung mesin bertenaga, mobil Esemka Digdaya 2.0 juga dibekali fitur keselamatan yang cukup lengkap. Dimana sudah ada sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), cakram plus booster, dan electronic brakeforce distribution (EBD). Selain itu, tersedia pula sistem kemudi Hydrolic Power Steering yang menjadikan mobil Esemka Digdaya 2.0 lebih nyaman dikendarai.

Dengan semua fitur di atas, kami yakin harga mobil Esemka Digdaya 2.0 cukup mahal. Kemungkinan besar harganya dibanderol sekitar 200 Jutaan atau bahkan melebihi 300 Juta. Terlebih mobil ini sudah dilengkapi suspensi depan Double Wishbone dan suspensi belakang Axle Rigid XLE RIGID serta didukung sistem stabilizer yang menjadikan mobil Double Cabin ini semakin optimal dalam melewati berbagai medan jalan.

6. Harga Mobil Esemka Borneo
Esemka Borneo
Gambar Esemka Borneo

Satu lagi mobil Esemka yang layak ditunggu kehadirannya, yakni Esemka Borneo. Mobil ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil travel karena memiliki kapasitas penumpang yang besar. Dimensinya juga cukup panjang dan dibekali mesin bertenaga besar yang kemungkinan besar memakai mesin diesel. Kemudian soal harga, kami cukup yakin harga mobil Esemka Borneo cukup terjangkau. Semoga saja harganya tak sampai 300 Juta Rupiah agar bisa menjadi alternatif selain Isuzu Elf ataupun yang lainnya.

Baca Juga : Harga Mobil Tesla Termurah dan Termahal di Indonesia 2019
7. Harga Mobil Esemka Garuda 2.0
Gambar Esemka Garuda
Gambar Foday Landfort

Dari semua mobil Esemka, yang paling dinantikan kehadirannya adalah Esemka Garuda. Mobil ini akan menantang mobil SUV sekelas Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, namun dengan harga jauh lebih terjangkau. Yah, harga mobil Esemka Garuda memang wajib lebih murah, karena persaingan di segmen SUV tergolong cukup ketat. Lalu bagaimana dengan spesifikasi Esemka Garuda, apakah setara dengan mobil SUV yang kami sampaikan di atas ?

Belum ada informasi secara pasti mengenai spesifikasi Esemka Garuda. Namun mobil ini terlihat sangat mirip dengan mobil China bernama Foday Landfort. Sama halnya dengan Digdaya, kemungkinan besar Esemka Garuda merupakan rebranding dari Foday Landfort. Alhasil spesifikasi keduanya tidak berbeda jauh. Dimana untuk Foday Landfort mengusung mesin D19TCID1 Diesel Turbocharged 1.9 liter bertenaga 100 kW pada 4.000 rpm dan torsi 300 Nm pada 1.800 sampai 2.800 rpm.

Gambar Esemka Garuda 2.0
Gambar Esemka Garuda 2.0

Menariknya lagi, Foday Landfort juga tersedia dalam varian bensin yang menggunakan mesin buatan Mitsubishi dengan kapasitas 2.387cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 kW pada 5.250 rpm dan torsi 200 Nm pada 3.000 rpm. Andai saja Esemka Garuda menggunakan mesin tersebut, pastinya mobil terbaru ini akan lebih lampu menarik minat konsumen. Pasalnya mesin buatan Mitsubishi terkenal akan ketangguhan dan keiritannya.

Apabila kita samakan dengan harga Foday Lanfort, maka harga mobil Esemka Garuda akan dibanderol CNY122.800 atau setara Rp. 268 Jutaan. Harga mobil Esemka Garuda tersebut hanya perkiraan kami saja. Bisa saja harganya lebih murah atau lebih mahal. Namun menurut kami harga Rp. 268 Jutaan sebanding dengan ketangguhan mesin serta desain Esemka Garuda yang sangat gagah. Jadi mari kita berdoa semoga harga mobil Esemka Garuda sama murahnya dengan Foday Lanfort.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Penyebab Motor Brebet Cara Membuat SIM A
Cara membuat SIM C Cara Menghemat BBM
Selain mobil deretan mobil di atas, sebenarnya masih ada beberapa mobil Esemka lainnya. Kabarnya akan ada 11 mobil Esemka yang dipasarkan di Indonesia. Semakin banyak mobil yang dipasarkan, tentu semakin baik. Pasalnya masyarakat Indonesia bisa memilih mobil Esemka sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki. Sekarang kita hanya tinggal menunggu sampai mobil nasional tersebut benar-benar terealisasi, dan semoga nantinya harga mobil Indonesia tersebut terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Pasti banyak orang yang mengatakan bahwa mobil Esemka merupakan mobil nasional rasa China. Wajar apabila hal itu terjadi. Pasalnya rata-rata mobil Esemka memiliki kesamaan dengan mobil China buatan Foday, terutama tipe Garuda dan Digdaya. Mari kita lihat bersama-sama, apakah mobil nasional rasa China tersebut akan diproduksi massal di Indonesia atau tidak. Sekian informasi otomotifo.com kali ini, semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

https://www.otomotifo.com/harga-mobi...semka-terbaru/


Belilah pak... Belilah buk... Esemka mendunia
Terharu.. lihat usaha pakde mengembangkan mobil esemka ...
1
2.8K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.