others
Batal
link has been copied
12680
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af7c08e14088d1e088b4572/clean-anda-bertanya-quranist-menjawab---part-3
Assalamualaikum Wr Wb PERKENALKAN Kami adalah MUSLIM, yang hanya mengikuti Al-Qur'an saja, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah dan DICONTOHKAN oleh para UtusanNya: Allah menjelaskan bahwa hanya Al Qur’an dan kitab sebelumnya saja yang wajib diimani oleh orang bertaqwa (2:4). Ayat 2:4 adalah kelanjutan dari ayat 2:2. 2:2. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka
Lapor Hansip
13-05-2018 11:35

[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab

Assalamualaikum Wr Wb


PERKENALKAN

Kami adalah MUSLIM, yang hanya mengikuti Al-Qur'an saja, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah dan DICONTOHKAN oleh para UtusanNya:

Allah menjelaskan bahwa hanya Al Qur’an dan kitab sebelumnya saja yang wajib diimani oleh orang bertaqwa (2:4). Ayat 2:4 adalah kelanjutan dari ayat 2:2.


2:2. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,


2:3. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.


2:4. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.



Jadi, salah satu kriteria orang bertaqwa adalah beriman kepada Al Qur’an dan kitab2 sebelumnya. Kemudian, Al Qur’an bersifat membenarkan kitab2 sebelumnya (10:37) sehingga beriman kepada Al Qur’an saja sudah cukup.


10:37. Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.


Ayat 2:4 harus dipandang sebagai petunjuk yang wajib dijalankan. Dalam ayat itu, Allah hanya memerintahkan kita untuk beriman kepada Al Qur’an saja. Dengan kata lain, orang bertaqwa adalah orang yang beriman kepada Al Qur’an saja.



Meskipun uraian di atas sudah cukup, ada baiknya dilakukan pembahasan lebih lanjut agar menjadi lebih jelas. Dalam Al Qur’an, Allah dengan sangat jelas memerintahkan kepada manusia supaya menjadikan kitab Allah sebagai alat untuk memutuskan perkara yang terjadi di antara manusia. Perintah seperti itu diturunkan pada jaman Nabi Musa (5:44), Nabi Isa (5:47), dan Nabi Muhammad (5:48 dan 5:49). Tampak di sini bahwa semua informasi itu ada dalam satu surat, yaitu Al Maa’idah. Ini menunjukkan penegasan Allah tentang penggunaan kitab Allah sebagai pedoman dalam pemutusan suatu perkara di antara manusia.


5:44. Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir.


5:47. Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.


5:48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,


5:49. dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.



Perintah penggunaan kitab Allah sebagai pedoman dalam memutuskan perkara di antara manusia juga dijumpai dalam 4:105.


4:105. Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang-orang yang khianat,



Ayat-ayat tersebut menjelaskan bahwa Al Qur’an merupakan satu-satunya pedoman dalam islam. Untuk menjelaskannya, kita perlu membahas tentang kata perkara. Perkara pada dasarnya adalah masalah. Masalah dapat dinyatakan dengan pertanyaan. Pertanyaan dapat diajukan oleh seseorang atau beberapa orang yang terlibat dalam suatu masalah. Pertanyaan membutuhkan jawaban yang benar. Jawaban yang benar ada di Al Qur’an. Atau, sesuatu yang sesuai dengan Al Qur’an adalah benar. Demikanlah kurang lebih alur pikirnya.

Jika kita ingin menanyakan sesuatu tentang agama, kitab yang diperintahkan untuk dijadikan pedoman untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah Al Qur’an. Selain itu, aturan perundang-undangan dalam suatu negara juga harus sesuai dengan Al Qur’an sehingga keputusan suatu perkara yang dihasilkan secara tidak langsung sudah dibuat berdasarkan Al Qur’an.


saya ingin menjelaskan lebih lanjut tentang hal di atas dengan contoh. Misalnya, ada dua orang yang berbeda pendapat tentang waktu shalat. Bagaimana cara memutuskan perkara tersebut? Menurut Allah, kita wajib hanya menggunakan Al Qur’an saja sebagai pedoman untuk memutuskan perkara itu. Jika kita menggunakan kitab hadis atau kitab selain Al Qur’an lainnya, kita akan melanggar perintah Allah. Sekali lagi, kita wajib hanya menggunakan Al Qur’an saja dalam memutuskan perkara tersebut. Caranya, kita mengaji Al Qur’an tentang waktu shalat. Dalam khasus contoh ini, waktu shalat yang sesuai dengan yang ada dalam Al Qur’an adalah yang benar.


Alinea di atas menunjukkan bahwa semua pertanyaan masalah agama harus dijawab dengan Al Qur’an saja, sekali lagi, hanya Al Qur’an saja. Pertanyaan tentang cara masuk islam, cara berpuasa, cara shalat, cara berjihad, cara berwudlu, waktu shalat, cara bersedekah, cara masuk surga, nama malaikat, keharaman, cara berpakaian, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya wajib dijawab berdasarkan Al Qur’an saja. Oleh karena itu, menurut Allah, satu-satunya pedoman dalam islam adalah Al Qur’an.


Sebagai tambahan, dalam Al Qur’an diceritakan bahwa orang yang tidak beriman kepada Al Qur’an karena disesatkan syaitan akan menyesal di akhirat (25:29) dan Nabi Muhammad akan mengatakan bahwa mereka dahulu telah mengabaikan Al Qur’an (25:30). Kedua ayat ini menegaskan bahwa Nabi Muhammad mengingatkan agar kaumnya hanya mengimani Al Qur’an saja.


25:29. Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia.


25:30. Berkatalah Rasul: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku menjadikan Al Quran itu sesuatu yang tidak diacuhkan."


dan diayat 25:30. mengapa nabi Muhammad tidak mengatakan "kaumku telah menjadikan Sunnahku sesuatu yang tidak diacuhkan" ???


KHARAKTERISTIK AL QUR’AN SEBAGAI SATU-SATUNYA PEDOMAN


Dalam 12:111 Allah menjelaskan bahwa Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.


12:111. Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.



Selain itu, Al Qur’an adalah benar dan adil, sempurna, rapi, rinci penjelasannya, jelas ayatnya, dan tidak meragukan (6:115; 11:1; 2:99; dan 2:2). Tidak ada yang bisa merubah kalimat-Nya dan Allah akan selalu memelihara-Nya (6:115 dan 15;9).


6:115. Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quran) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


11:1. Alif laam raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu,


2:99. Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu ayat-ayat yang jelas; dan tak ada yang ingkar kepadanya, melainkan orang-orang yang fasik.


2:2. Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,


15:9. Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya



Allah juga sudah memasukkan segala sesuatu yang harus dimasukkan kedalam Al Qur’an (6:38).


6:38. Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.


Dapat disampaikan di sini bahwa Al Qur’an benar-benar kitab yang dijadikan sebagai pedoman dalam islam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tyrodinthor dan 19 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 107 dari 381
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-02-2019 17:37
Quote:Original Posted By markawan
wajar elu wahabi berpendapat spt itu, 11 12 dgn quranist.

yg dimaksud condi dgn make pikiran org lain adalah siapapun dalam hal apapun (tafsir, fiqh dll) berkaitan dgn al-Qur'an, kecuali pikirannya sendiri. sementara yg lu maksud al-Qur'an dan sunnah adalah versi wahabi

yg gw maksud dgn berpijak kpd akal pikiran org lain adalah dr Rasulullah, 3 generasi terbaik, imam madzhab, dan para ulama2 aswaja. beda dgn wahabi yg hanya mengikuti al-Qur'an dan sunnah, aswaja juga mengikuti ijtihad ulama

Tidak ada dalil di Al Qur'an, justru yg ada Allah memerintahkan agar kita selalu mentaddabur Al Qur'an dan tdk bergantung kepada orang lain.

Quote:
gw ambil contoh sederhana, yg mencontohkan tafsir Qur'an bil Qur'an adalah Rasulullah sendiri, pd saat sahabat bertanya arti kalimat pd satu ayat yg dijawab oleh Rasulullah dgn ayat yg lain.

sbg generasi terbaik, para sahabat juga make pikiran org lain (dlm hal ini Rasulullah) utk memahami al-Qur'an. bahkan Rasulullah sendiri dituntun oleh malaikat Jibril utk membaca (dan memahami al-Qur'an). pd titik ini, quranist meyakini bahwa tuhan yg akan memahamkan (membenarkan) cocoklogi tafsir Qur'an bil Qur'an yg mereka lakukan.

sebenernya kebutuhan utk berpijak pd hasil kerja org lain ini lebih jelas dlm hal fiqh


Hasil kerja orang lain semua theist berpijak kepada hasil kerja orang lain. Yang membedakan adalah pengambilan kesimpulan yg berbeda.
Diubah oleh Michaelwise
1 0
1
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
18-02-2019 22:18
Quote:Original Posted By Michaelwise

Tidak ada dalil di Al Qur'an, justru yg ada Allah memerintahkan agar kita selalu mentaddabur Al Qur'an dan tdk bergantung kepada orang lain.


para sahabat yg bertanya kpd Rasulullah lebih tau akan hal itu. bukan itu poinnya

Quote:
Hasil kerja orang lain semua theist berpijak kepada hasil kerja orang lain. Yang membedakan adalah pengambilan kesimpulan yg berbeda.


hasilnya ya spt yg kita lihat quranis di abbm (misalnya), perbedaan dijawab dgn moyangers, kopongers dll emoticon-Ngakak
profile-picture
invokerwall memberi reputasi
1 0
1
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
19-02-2019 01:54
Quote:Original Posted By kusmardiyanto


kalau saya bilang sebaliknya....dunia ini mundur karena banyak diantara manusia meninggalkan Al-Qur'an dan As-Sunnah.....



Mundur Karena banyak orang yg seperti antum emoticon-Cendol (S)

1 0
1
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
19-02-2019 08:37
Quote:Original Posted By markawan
para sahabat yg bertanya kpd Rasulullah lebih tau akan hal itu. bukan itu poinnya



hasilnya ya spt yg kita lihat quranis di abbm (misalnya), perbedaan dijawab dgn moyangers, kopongers dll emoticon-Ngakak


Ini bukan masalah sahabat lebih tahu atau bagaimana ane setuju krn mereka saksi hidup.. Tapi apakah metode sanad dengan metode oral terjamin sama matannya dengan ucapan nabi atau sahabat saat mereka hidup?

Hadis wasiat nabi agar umat tdk tersesat aja memiliki 3 versi.
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
20-02-2019 08:30
TS masih aktifkah? Link di page one ndak bs dibuka tuh. Tolong diperbaiki donk emoticon-Blue Guy Cendol (S)
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
20-02-2019 15:52
Quote:Original Posted By ahlulgaib


Mundur Karena banyak orang yg seperti antum emoticon-Cendol (S)



masak sih.....

0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
06-03-2019 22:39
sundul dulu. kasihan juga thread penyembah pikiran tenggelam emoticon-Cool
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
07-03-2019 07:16
Quote:Original Posted By markawan
sundul dulu. kasihan juga thread penyembah pikiran tenggelam emoticon-Cool


Bilang aja demen ama quranist2 emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
08-03-2019 07:22
Quote:Original Posted By markawan
sundul dulu. kasihan juga thread penyembah pikiran tenggelam emoticon-Cool


emoticon-Ngakak
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
16-03-2019 22:51
Gun,esensi doa itu sebenarnya apa?Kalau sudah tahu Tuhan Maha Anu dan Maha itu,ndak pernah tidur,dan selalu menjaga makhluk2nya,trus kenapa pula kita harus selalu berdoa memohon perlindunganNya?
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
17-03-2019 01:12
Quote:Original Posted By ndaz.buluz
Gun,esensi doa itu sebenarnya apa?Kalau sudah tahu Tuhan Maha Anu dan Maha itu,ndak pernah tidur,dan selalu menjaga makhluk2nya,trus kenapa pula kita harus selalu berdoa memohon perlindunganNya?


In my opinion, ketika kita berbicara sifat Tuhan. Kita sering kali menemui paradox seperti contoh Maha Kuasa seringkali diartikan sebagai Serba bisa, bisa mengecil, berkehendak seenak hati. Nope He Doesn't. Tidak Tuhan pun memiliki aturan, karena dia juga Maha Adil.

Kalau kita berfikir dgn pola Maha Kuasa diartikan sebagai serba bisa, Maha Adil dan Maha Penyayangpun bisa menjadi kontradiksi diantara sifat lainnya.

So kesimpulannya :
kehendak Tuhan mengiringi itikad dan usaha manusia.

Kalaupun statement saya salah maka saya memiliki jawaban lain yaitu;
Berdoa sama sekali tidak berarti meragukan bahwa Tuhan maha tahu, tetapi justru memberikan kekuatan kepada diri sendiri untuk senantiasa berusaha dan menunjukkan kepada Tuhan bahwa kita memiliki kemauan yang kuat.

Peace and love.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
17-03-2019 07:47
Misi gan... Nubitol numpang tanya...

1. Dalam islam bersentuhan yang bukan mahromnya dapat membatalkan whudlu. Nah pertanyaan saya :
1.a apakah bersentuhan antara suami/stri dapat membatalkan wudlu?
1.b apakah bersentuhan antara sepupu(anak dari adik/kakak ibu kandung, anak dari adik/kakak ayah kandung) bisa membatalkan wudlu???

2. Saya masih ragu dengan pernikahan saya. Ayah saya seorang muallaf, dan sudah lama bercerai dengan ibu saya. Ke duanya menikah lagi. Saat saya menikah, kebetulan ayah saya tidak bisa hadir karena sakit. Padahal acara pernikahan 3 jam lagi dilaksanakan. Setelah melalui musyawarah, akhirnya ayah tiri saya yang menjadi walinya. Itu karena usulan dari Naib yang waktu itu menikahkan saya. Apakah pernikahan saya sah di mata agama???
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
17-03-2019 12:07
Quote:Original Posted By missqueen88
Misi gan... Nubitol numpang tanya...

1. Dalam islam bersentuhan yang bukan mahromnya dapat membatalkan whudlu. Nah pertanyaan saya :
1.a apakah bersentuhan antara suami/stri dapat membatalkan wudlu?
1.b apakah bersentuhan antara sepupu(anak dari adik/kakak ibu kandung, anak dari adik/kakak ayah kandung) bisa membatalkan wudlu???

2. Saya masih ragu dengan pernikahan saya. Ayah saya seorang muallaf, dan sudah lama bercerai dengan ibu saya. Ke duanya menikah lagi. Saat saya menikah, kebetulan ayah saya tidak bisa hadir karena sakit. Padahal acara pernikahan 3 jam lagi dilaksanakan. Setelah melalui musyawarah, akhirnya ayah tiri saya yang menjadi walinya. Itu karena usulan dari Naib yang waktu itu menikahkan saya. Apakah pernikahan saya sah di mata agama???


Saya menjawab menggunakan kacamata muslim mayoritas.
1. Perbedaan pendapat dikalangan utama. Terutama mazhab.
In my opinion lebih baik wudhu lagi saja, tidak sulit menurut saya berwudhu kembali.
2. Sah. Tujuan utama menikah adalah de facto.
Selama itu dilakukan musyawarah dan wali benar berhalangan kemudian adanya wali sah.

Peace and love.
Diubah oleh wise.ly
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
25-03-2019 12:31
Quote:ﯤ ﯥ ﯦ ﯧ ﯨ ﯩ ﯪ ﯫ ﯬ ﯭ ﯮ ﯯ

SAHIH INTERNATIONAL
O Children of Israel, remember My favor that I have bestowed upon you and that I preferred you over the worlds.

Al-baqarah (2:47)


Siapa yang dimaksud ISRAEL? Kan anak-anak ISRAEL, berarti bapaknya ISRAEL, Siapa ISRAEL? Tunjukan kepada saya didalam Quran yang menjelaskan ini, thanks.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
25-03-2019 12:51
Quote:Original Posted By Iskak
Siapa yang dimaksud ISRAEL? Kan anak-anak ISRAEL, berarti bapaknya ISRAEL, Siapa ISRAEL? Tunjukan kepada saya didalam Quran yang menjelaskan ini, thanks.


19:58.
Ada yang menafsirkan israel orang2 yg diselamatkan dijaman nuh.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
25-03-2019 15:00
Quote:Original Posted By Michaelwise


19:58.
Ada yang menafsirkan israel orang2 yg diselamatkan dijaman nuh.


Salah gan, baca lagi ayatnya yang bener.


Quote:ﮆ ﮇ ﮈ ﮉ ﮊ ﮋ ﮌ ﮍ ﮎ ﮏ ﮐ ﮑ ﮒ ﮓ ﮔ ﮕ ﮖ ﮗ ﮘ ﮙ ﮚ ﮛﮜ ﮝ ﮞ ﮟ ﮠ ﮡ ﮢ ﮣ ﮤﮥ
SAHIH INTERNATIONAL

Those were the ones upon whom Allah bestowed favor from among the prophets of the descendants of Adam and of those We carried [in the ship] with Noah, and of the descendants of Abraham and Israel, and of those whom We guided and chose. When the verses of the Most Merciful were recited to them, they fell in prostration and weeping.


1. the prophets of the descendants of Adam
2. those We carried [in the ship] with Noah
3. of the descendants of Abraham
4. Israel

Pertanyaan saya siapa Israel? Dimana didalam Alquran dimana menjelaskan tentang Israel? ISRAEL adalah.........


0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
25-03-2019 16:39
Quote:Original Posted By Iskak
Salah gan, baca lagi ayatnya yang bener.




1. the prophets of the descendants of Adam
2. those We carried [in the ship] with Noah
3. of the descendants of Abraham
4. Israel

Pertanyaan saya siapa Israel? Dimana didalam Alquran dimana menjelaskan tentang Israel? ISRAEL adalah.........


Kalau mengikuti mayoritas ya jacob.

Tapi dari saya pribadi tidak mengetahui pasti siapa israil sebenarnya.

Banyak juga buku2 yang membahas siapa israel, kalau dari saya saya meyakini yakub bukan israil tapi sudah ada sebelum yakub sendiri hidup. Itu saja yang bisa saya katakan.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
25-03-2019 16:44
Quote:Original Posted By Iskak
Salah gan, baca lagi ayatnya yang bener.



Patternya begini.

Versi 1.
Israel hidup tidak jauh dari dari ibrahim.

Versi 2.
Keturunan adam - keturunan ibrahim.
Yang dibawa oleh noah - mereka israil.
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
25-03-2019 19:20
Ada yg rutin ketemuan di RL?
0 0
0
[CLEAN] Anda bertanya Quranist menjawab - Part 3
25-03-2019 19:32
Quote:Original Posted By CarloAjilotti
Ada yg rutin ketemuan di RL?


Grup chat mau join?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 107 dari 381
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia