andibagaskaraAvatar border
TS
andibagaskara
5 Gudeg Jogja Paling Enak dan Terkenal yang Wajib Anda Cicipi


Yogyakarta atau sering disebut Jogja, adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Selain memiliki banyak destinasi wisata yang ikonik, Yogyakarta juga memiliki banyak kuliner yang menarik untuk dicicipi. Tak terkecuali makanan legendaris yang menjadi ciri khas kota Jogja, yaitu Gudeg.

Gudeg adalah makanan yang dibuat dari gori atau nangka muda yang dimasak dengan rasa manis, lalu disajikan dengan ayam, telur, sambal krecek, hingga tahu tempe. Gudeg selalu dijadikan pilihan makanan untuk dicicipi dan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Jika berkunjung ke Jogja rasanya kurang afdol jika tidak merasakan kelezatan gudeg.

Kali ini kami akan memberikan 5 rekomendasi tempat makan gudeg Jogja terkenal dan paling enak yang wajib Anda cicipi ketika Anda sedang berlibur ke Jogja. Yuk simak di bawah ini.

5 Gudeg Jogja Paling Enak dan Terkenal yang Wajib Anda Cicipi


1. Gudeg Yu Djum


Bicara tentang warung gudeg Jogja terkenal, tentu tidak akan lepas dari gudeg yang paling legendaris dan bisa dikatakan sebagai pionir dunia pergudegan di Jogja ini, siapa lagi kalau bukan Gudeg Yu Djum. Gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1951 dan masih tetap eksis hingga sekarang serta sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di kota Jogja.

Dengan resep turun temurun yang selalu terjaga kualitas dan rasanya, menjadikan Gudeg Yu Djum selalu menjadi pilihan baik bagi warga Jogja sendiri maupun para wisatawan. Ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh? Tentu bisa! Anda bisa membeli paket besek alias wadah dari anyaman bambu, atau memilih gudeg kendhil atau wadah dari tanah liat yang unik, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau dengan cita rasa yang memuaskan.

2. Gudeg Bromo Bu Tekluk


Rekomendasi gudeg Jogja terkenal berikutnya adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk. Tempat makan ini terletak di Affandi No.2-A, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perbedaan yang sangat mencolok tempat ini dengan tempat makan lainnya ialah jam buka nya. Kedai ini buka dari jam 11 malam, untuk itu tempat ini sangat terkenal bagi para pecinta kuliner malam.

Agar tidak kehabisan dan dapat menikmati menu yang disajikan secara meluas, Anda disarankan untuk datang 45 – 30 menit sebelum tempat makan ini buka dengan tujuan supaya Anda tidak kehabisan dan tidak mendapat posisi yang terbelakang karena begitu banyaknya yang ingin mencicipi makanan tradisional ini.

3. Gudeg Permata Bu Sunarti


Sama dengan yang sebelumnya, namun tempat makan ini memiliki selisih waktu jam buka yang lebih cepat dibandingkan dengan Gudeg Bromo Bu Tekluk, yakni Jam 9 malam. Gudeg Permata Bu Sunarti merupakan salah satu tempat makanan terlaris untuk sajian makanan khas tradisional khas Jogja ini, karena makanan yang disajikan tidak terlalu manis dan sesuai bagi para pecinta gudeg namun tidak suka dengan rasa yang begitu manis di lidah. Siapkan waktu sedikit lebih awal sebelum jam buka tempat makan ini agar Anda dapat mencicipi sajian yang diberikan secara lengkap dan tidak kehabisan.

4. Gudeg Pawon


Rekomendasi gudeg Jogja terkenal berikutnya adalah Gudeg Pawon. Layaknya kuliner malam lainnya, tempat ini akan dibuka pada pukul 10 malam waktu setempat, namun jangan coba datang tepat pukul 10 atau lebih jika tidak mau antri lama. Sebelum buka, para penikmat makanan ini sudah antri bahkan 2 jam sebelum tempat itu buka.

Keunikan dari tempat ini adalah disajikan langsung dari pawon (jawa) yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah dapur. Anda akan berdiri mengantri untuk mengambil gudeg langsung dari dapurnya. Sembari antri, Anda dapat melihat proses pembuatan sajian ini yang langsung dimasak di tungku saat itu juga.

5. Gudeg Sagan


Anda ingin mencoba gudeg namun di tempat yang bernuansa modern seperti cafe? Tentu Gudeg Sagan Jogja adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Rumah makan gudeg yang berada di dekat UGM, tepatnya di Jl. Profesor Dr. Herman Yohanes ini selalu ramai dikunjungi terutama pada malam hari.

Tempat ini menawarkan gudeg yang agak berbeda dari yang lain yaitu gudeg basah. Gudeg basah yang khas dengan kuah santan kental membuatnya memiliki cita rasa lezat yang khas dan tidak di temukan pada gudeg lainnya. Menikmati sajian gudeg dengan diiringi live music dan tempat yang kekinian mungkin hanya bisa Anda dapatkan di Gudeg Sagan ini. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, sesuai dengan pilihan lauknya.

Gimana, Anda tertarik berkunjung dan mencicipi gudeg yang mana? Yang jelas semua rekomendasi gudeg Jogja terkenal dan enak di atas layak Anda coba semua, karena menawarkan cita rasa dan keunikannya masing-masing.



Dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan emoticon-Rate 5 Star



Diubah oleh andibagaskara 12-03-2019 07:27
10
14.8K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.