• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Misteri Besar Sejarah Yang Butuh Waktu Panjang Hingga Akhirnya Terpecahkan

bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
Misteri Besar Sejarah Yang Butuh Waktu Panjang Hingga Akhirnya Terpecahkan


Jasmerah!
Sejarah,entah kenapa selalu tertarik untuk mengetahuinya.Sejarah,dia juga salah satu guru terhebat yang pernah ada dalam kehidupan manusia,dengan sejarah entah berapa manfaat yang diberikan untuk kita dngan syarat tahu akan sejarah.
Mempelajari sejarah,disana pasti ada suatu hal yang janggal atau sedikit bagian yang "hilang" hingga membuat berbagai pertanyaan timbul.
Adanya kejanggalan besar dalam sebuah sejarah akan dianggap sebagai satu misteri yang patut untuk dipecahkan.Beberapa misteri tersebut berhasil terpecahkan bahkan belum terpecahkan hingga sekarang.
Berikut ini adalah misteri besar dalam sejarah yang berhasil dipecahkan dalam waktu yang cukup panjang.

1. Gambar-Gambar Alat Transportasi Modern Di Makam Seti I
Spoiler for Transportasi Modern:

Quote:

Misteri-nya adalah Hieroglif Mesir yang ditemukan di makam Seti I tepatnya di daerah Abydos,Mesir.Dan menariknya,di dalam Hieroglif tersebut terdapat berbagai macam bentuk,seperti bentuk helikopter,kapal terbang serta kapal selam.Penemuan ini membuat banyak para arkeolog berdebat tentang arti sebaliknya dari simbol tersebut.Bahkan sebagian dari mereka percaya bahwa gambar tersebut merupakan kapal terbang kuno,helikopter kuno dan kapal selam kuno.Wah..
Dan fakta dibalik gambar tersebut adalah gambar yang nampak seperti alat transportasi tersebut adalah nama-nama dari Seti I dan anaknya Ramesses II.Hal itu diungkapkan oleh seorang sejarawan bahwa hieroglif yang berbentuk seperti alat transportasi modern itu hanyalah nama-nama Seti I dan anaknya Ramesses II yang ditulis diatas nama satu sama lain.Artinya nama Ramesses ditulis diatas nama Seti I setelah kematiannya.Bisa dilihat di gambar di atas,yang berwarna biru adalah nama-nama Seti I dan yang berwarna hijau adalah nama-nama Ramesses II.
Karena penulisan seperti itu,maka hieroglif itu tampak seperti helikopter,kapal selam dan beberapa alat transportasi modern lainnya.Hmmm.Dan butuh waktu yang lama hingga akhirnya misteri ini terpecahkan.

2. Patung Raksasa Di Pulau Paskah
Spoiler for Patung Pulau Paskah:

Quote:

Misterinya adalah hampir 300 tahun lamanya para sejarawan dan arkeolog bertanya-tanya tentang bagaimana orang-orang disana yang pada zaman itu yang pada dasarnya sangat terbatas dengan yang namanya peralatan bisa membuat serta mengukir sebuah batu yang amat besar.Tak hanya bagaimana mereka membuat,para ilmuawan dan arkeolog juga heran bagaimana orang-orang disana dapat memindahkan batu yang beratnya mencapai 82 ton dan bisa menempatkannya secara vertikal.Hmm.
Fakta dibalik patung tersebutadalah Moai raksasa itu tak dibuat oleh penyihir,melainkan dibuat oleh manusia.Orang sana membuat Moai dan mengukirnya langsung di atas batu tersebut.Saat Moai telah selesai,orang disana memindahkannya dengan cukup mudah dengan alat yang cukup sederhana dan membutuhkan tak banyak orang.Bagaimana cara mereka memindahkan patung tersebut dapat dilihat pada video yang dipublikasi oleh National Geographic (pada salah satu link gambar di atas).

3. Sinyal "Wow!" Dari Luar Angkasa
Spoiler for Sinyal "Wow!":

Quote:

Misterinya adalah pada tahun 1997 sinyal aneh ini diterima.Dan diterimanya sinyal tersebut diluar dugaan sehingga para ilmuwan menamai sinyal aneh ini dengan nama "sinyal wow!".Selama ini para ilmuwan mencoba menguraikan makna dari sinyal tersebut,mereka juga mencoba menelusuri dari galaksi mana sinyal itu berasal.Sayangnya,usaha tersebut tak berhasil.Sehingga banyak orang menyebutnya sebagai sinyal dari alien.
Faktanyaadalah sinyal tersebut bukan dikirim oleh alien.Pada 2017,sebuah studi menyatakan bahwa sinyal tersebut berasal dari komet.Sinyal tersebut muncul dari hidrogen pada permukaan komet 266P/Christensen dan komet 366P/Gibs.Dua komet tersebut melewati konstelasi sagitarius pada tanggal 15 Agustus 1977 dan pada 27 Juli 2017.Itu artinya,"sinya wow" secara alami disebabkan oleh 2 komet tersebut.Jadi,sinyal itu bukan dikirim oleh alien ya.

4. Apa Yang Terjadi terhadap Suku Maya
Spoiler for Misteri Suku Maya:

Quote:

Misterinya,Suku Maya adalah suku yang hidup di zaman peradaban kuno.Mereka terkenal dengan kemajuannya di bidang tulisan,seni,arsitektur,matematika serta astronomi.Dengan segala kemajuan itu,suku Maya adalah sebuah bangsa yang sangat maju pada zamannya,namun suatu hari mereka meninggalkan kota mereka yang maju tersebut dan tak ada satu orang pun yang tahu kenapa.
Faktanya adalah pada sebuah penelitian yang dipublikasikan di situs National Academy of Studies,mereka para imuwan  menjelaskan bahwa suku maya menebang terlalu banyak pohon untuk dijadikan lahan pertanian.Dilain sisi,mereka juga butuh banyak kayu untuk digunakan sebagai salah satu bahan baku utama kebutuhan mereka.
Karena gundulnya hutan dan kekeringan yang disebabkan oleh ulah mereka sendiri,Suku Maya akhirnya harus meninggalkan kota tercinta mereka untuk menghindari kelaparan.

5. Insiden UFO Roswell
Spoiler for UFO:

Quote:

Misterinya adalah pada 1947,sebuah material aneh mendarat di daerah Roswell,Amerika Serikat.Dan itu dianggap sebagai UFO.Kurangnya penjelasan dari pemerintah mengakibatkan perdebatan dan rumor tentang alien yang mendarat di bumi semakin liar.
Faktanya adalah serpihan yang jatuh di Roswell merupakan bagian dari radar.Pada waktu itu,perang dingin telah dimulai,dan pasukan militer Amerika Serikat tengah mengerjakan proyek rahasia balon udara yang berfungsi untuk mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh percobaan bom atom oleh Uni Soviet.Dan sialnya,salah satu mesin tersebut meledak dan jatuh di Roswell.Karena proyek itu sifatnya sangat rahasia,ya,ujung-ujungnya menyebarlah desas-desus tentang UFO.Hmm.
Dan butuh waktu lama hingga misteri ini dipercaya oleh khalayak umum.

Demikian beberapa misteri sejarah yang butuh waktu yang cukup lama  agar dapat terjawab secara ilmiah.Dunia yang sudah dihuni oleh manusia sejak zaman dulu,tentunya telah banyak era yang  tercatat dalam sejarah,dan tiap era ada kemajuannya sendiri dan itulah yang membuatnya menarik untuk dipelajari.Karena mungkin keterbatasan,beberapa kejadian sejarah masih menjadi misteri hingga saat ini.
Saya teringat dengan salah satu Thread di Kaskus,menjelaskan kenapa tuan Krab yang seekor kepiting bisa punya anak paus?tentu lebih dari satu teori yang menjelaskan hal tersebut.Dan fakta yang sebenarnya tak ada satu orang pun yang tahu (kecuali penciptanya) karena "keterbatasan" kita. 

Thank,Saleum.



Sumber Referensi : Sini , sini , sini , sini .
nona212
nona212 memberi reputasi
16
12.6K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.