Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFariesAvatar border
TS
LordFaries
Tak Ada Foto Jokowi-Ma'ruf di Kantor dan Baliho PSI di Sejumlah Daerah

Baliho Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di sejumlah ruas jalan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (14/3). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Sejumlah baliho kampanye Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di berbagai daerah tak memasang foto Jokowi-Ma'aruf. Padahal, PSI merupakan salah satu partai pengusung calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 itu.

Pantauan kumparan, Kamis (14/3), di sejumlah kota seperti Banda Aceh, Medan, Yogyakarta, Semarang, setiap baliho kampanye calon legislatif PSI tak memasang foto Jokowi-Ma'ruf.

Sekretaris Jenderal DPW PSI Aceh Yuli Zuardi Rais mengakui tidak semua baliho kampanye partai dan caleg PSI di Aceh ada foto Jokowi-Ma'ruf. Menurut dia, khusus untuk baliho caleg, PSI memberikan kewenangan penuh kepada setiap kader.

"Rata-rata kalau yang cetakan pribadi itu pasti mereka ingin fokus ke personal caleg dan itu wajar saja," kata Yuli, saat dihubungi, Kamis (14/3).

Yuli mengatakan meski demikian, PSI di Aceh tetap mendukung pemenangan Jokowi-Ma'ruf di pilpres 2019.

Medan, Sumatera Utara, baliho kampanye caleg PSI jumlahnya sedikit. Salah satunya adalah baliho caleg DPRD Sumatera Utara Fuad Ginting. Di sudut sebelah kanannya, hanya ada tulisan Jokowi-Amin Indonesia Maju 01, tanpa mencantumkan foto capres nomor urut 01 itu.

Ketua DPW PSI Sumatera Utara, Fuad Ginting, mengatakan meski demikian, PSI di Sumatera Utara tetap berkomitmen memenangkan Jokowi-Ma'aruf di pemilihan presiden 2019.

Hal yang sama juga ditemukan di Yogyakarta. Sejumlah baliho kampanye caleg PSI diketahui tidak mencantumkan foto ataupun tulisan Jokowi-Maruf.

Sebagai contoh, baliho caleg DPR RI Dapil DIY Redianto Heru Nurcahyo di Jalan Monjali dan Jalan Magelang tidak mencantumkan foto maupun tulisan Jokowi-Maruf. Bahkan logo 01 pun tidak tampak.

Baliho Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di sejumlah ruas jalan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (14/3). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DIY, Sigit Nugroho, menegaskan meski tak ada foto Jokowi bukan berarti pihaknya tidak berkomitmen memenangkan Jokowi.

Sigit menjelaskan di kantor DPW PSI DIY di Kotagede sendiri juga ada spanduk bertuliskan Jokowi Presidenku. Spanduk tersebut terpasang tepat di pagar kantornya.

“Di beberapa daerah di kabupaten ada. Di kabupaten kota sudah mulai banyak spanduk caleg yang ada atributnya 01 dan kita tetap komit memenangkan 01. Bukan berarti kemudian ketika ada APK yang tidak ada 01 nya kita (dianggap) enggak berpihak ke 01," kata Sigit.

Begitu juga di Semarang. Sejumlah atribut kampanye caleg dan partai PSI jarang menampilkan foto Jokowi-Ma'ruf. Ketua DPW PSI Jawa Tengah, Yuda Primasetya, mengatakan jarangnya foto Jokowi-Ma'ruf dalam baliho-baliho caleg PSI di Jawa Tengah merupakan bagian dari strategi.

"Jadi memang itu bagian dari strategi kita tapi tidak terus dikatakan bukan tidak mendukung Pak Jokowi," kata Yuda.

Foto Jokowi-Ma'ruf, kata Yuda, dipasang di bus roadshow yang dimiliki PSI. Tujuannya adalah untuk blusukan kampanye ke daerah-daerah secara door to door.

https://m.kumparan.com/@kumparannews/tak-ada-foto-jokowi-maruf-di-kantor-dan-baliho-psi-di-sejumlah-daerah-1552565587504319419

PSI YES JKW NO

Netral gan emoticon-Wakaka
3
3.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.