Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ternyata Pabrikan Ini Mulai Bikin Motor Listrik Sejak Tahun 70-an!!

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Ternyata Pabrikan Ini Mulai Bikin Motor Listrik Sejak Tahun 70-an!!
Beberapa tahun belakangan motor listrik rame diperbincangkan banyak orang. Kehadiran motor jenis ini diyakini mampu memberikan dampak positif terhadap kondisi lingkungan yang sekarang makin memburuk. Pabrikan motor dunia pun berlomba – lomba untuk menghadirkan motor listrik yang diyakini bakalan menjadi tren otomotif dimasa depan. 


Salah satu pabrikan motor yang juga ikut meluncurkan motor listrik adalah Harley – Davidson. Pabrikan yang identik dengan motor kubikasi gede ini mengeluarkan beberapa varian motor listrik, salah satunya Livewire.

Menariknya motor listrik yang dikeluarkan Harley – Davidson beberapa waktu belakangan bukanlah motor listrik generasi pertama Harley – Davidson. Yap, motor listrik pertama Harley – Davidson ternyata sudah mulai dibikin pada tahun 70 – an. Tahun dimana pamor motor listrik belum seperti sekarang.

Motor listrik pertama Harley – Davidson pertama kali dibangun pada tahun 1978. Harley – Davidson listrik pertama dibangun oleh Steve Fehr dari Transitron Electronic Corporation di Honolulu, Hawai. Saat itu, Steve menggunakan Harley – Davidson XLH Sportster sebagai basisnya. Steve mengganti mesin V – Twin OHV 900cc dengan mesin listrik Baldor 24 volt ampere dan 4 buah baterai. Tenaga dari mesin ini kemudian disalurkan ke transmisi otomatis 4 – percepatan.

Motor ini memiliki bobot 286 kg. Bobot yang cukup besar membuat motor listrik ini membutuhkan waktu 6 detik untuk berakselerasi dari 0 – 80 km/jam dengan kecepatan maksimum 80 km/jam. Secara teori motor ini hanya mampu melaju selama 6 jam saja.

Setelah menghabiskan dana sekitar USD70.000 atau setara Rp989 jutaan untuk membangun motor listrik pertama ini, Steve melepas motor ini untuk disimpan di museum transportasi di Mequon sampai tahun 1999.

Saat peluncuran Harley – Davidson Livewire tahun 2014, Harley – Davidson listrik MK2 Sportster rakitan Steve terjual dengan harga USD11.000 atau sekitar Rp155 juataan.

 


0
1.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.