tanzacornerAvatar border
TS
tanzacorner
Investasi? Takut aah..
Halo, Ane newbie disini. Ane mau coba cerita dan berbagi dengan agan-agan disini.emoticon-Malu

Banyak orang ketika dengar kata investasi itu takut. Apakah benar orang-orang itu takut karena takut rugi?

Ane mau berbagi pengalaman nih. Awalnnya agan juga takut untuk memulai investasi. Apalagi ane ini hanya karyawan saja hidup pas-pasan, gaji juga pas-pasan. Mungkin ada agan-agan yang punya nasib yang sama? Selama ini ane cuma bisa belajar nyisihin duit per bulan lalu dimasukkan ke dalam bentuk tabungan, lalu setelah mencapai 8juta, ane masukin ke deposito dengan bunga 6%/tahun. 2 tahun ane masukin ke deposito ternyata nambahnya kurang dari 10%, setelah ane cari tau itu yang namanya bunga deposito 6% belum dikurangin sama pajak bunga sebesar 20%. Buat ane itu nominal yang sangat sedikit.

Lalu ane coba cari-cari instrumen investasi yang rendah resiko. Akhirnya ane ketemu yang namanya reksadana. Kalo dicari tau, apakah reksadana ini ada resiko? Tentu ada. Tapi dalam jangka panjang ini akan jadi investasi yang menguntungkan. Ane coba tanya ke teman-teman ane dan baca artikel yang berhubungan dengan investasi di reksadana. Setelah ane pelajari barulah ane mulai berinvestasi.

Sekarang ane paham kenapa orang takut dengan investasi. Sebenarnya yang buat agan-agan takut berinvestasi itu karena agan ga punya pengetahuan yang berhubungan dengan jenis investasi itu. Trus yah mungkin agan-agan takut karena ga ada orang yang bisa bantuin jelasin tentang investasi apa yang bagus, kapan waktu yang tepat untuk investasi, dan mengapa memilih berinvestasi ke suatu instrumen. Sebenarnya kalo ada yang bantu jelasin kenapa sebuah investasi sedang melemah atau menguat dengan informasi yang jelas, ane yakin agan tidak akan takut untuk berinvestasi. Soalnya ane begitu juga.emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Awalnya ane mau coba investasi reksadana melalui Bareksa, untung ada temen ane yang kasi tau kalo main di Bareksa itu kita akan kena biaya tambahan subcription fee (biaya setor), redeemption fee (biaya tarik), switching fee (biaya pindah produk). Kebetulan kalo langsung sama manajer investasinya, dibebaskan biaya2 tersebut. Akhirnya ane masukin reksadana di Henan Putihrai Asset Management bulan November 2018 dan sekarang Maret 2019 ane uda dapet keuntungan 20%. Beruntung banget karena ada orang yang kasi tau kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi. 

emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh

Singkat cerita ane sekarang malah kerja di Henan Putihrai Asset Management. Buat agan-agan yang punya cerita serupa boleh bagi-bagi cerita dibawah ini. Atau kalau agan-agan ingin tanya-tanya juga boleh.

emoticon-Sundul Upemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Sundul Up
0
901
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Reksa Dana
Reksa DanaKASKUS Official
803Thread1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.