Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Asyik, gaji PNS naik. Swasta? Silakan...
Asyik, gaji PNS naik. Swasta? Silakan...

GAJI | Salah satu hal yang dianggap kewajaran adalah gaji naik, bukan gaji turun. Tak hanya bagi amtenar tetapi juga partikelir. Maka untuk imbalan kerja, istilah yang disukai adalah uang sudah cair, bukan sudah turun.

Kini ketika pemerintah menaikkan gaji abdi negara, dan mempercepat keluarnya gaji ke-13 maupun ke-14, hal itu disambut girang.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Kenaikan gaji ASN (aparatur sipil negara), yang di dalamnya juga ada PNS (pegawai negeri sipil), sekitar lima persen. Diharapkan DPR dapat menyetujui Rancangan UU APBN 2019 sehingga kenaikan itu menjadi nyata.

Pengabdi negara yang non-PNS akan mengalami kenaikan gaji. Mereka itu adalah kepala desa dan stafnya. Kemarin (11/3/2019) Presiden Joko "Jokowi" Widodo menandatangani PP Nomor 11 Tahun 2019.

Isinya: penghasilan tetap kepala desa minimum Rp2.426.640 – setara 120 persen dari gaji pokok PNS golongan II A.Isu kenaikan gaji ASN termasuk gurih.

Presiden maupun calon presiden selalu menjadikannya sebagai jualan pemikat. Pasangan calon presiden Prabowo Subianto – Sandiaga Uno berjanji akan menaikkan gaji ASN untuk memberantas korupsi di birokrasi.

Langkah Jokowi — sebagai presiden dan sekaligus petahana capres — menurut Dradjad Wibowo, anggota Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandiaga, "Jadi, kenaikannya kita dukung. Tapi timing-nya itu lho, mbok ya jangan vulgar.

"Masalah siapa yang menggaji ASN, tentu bukan presiden melainkan APBN dan itu pun berdasarkan UU. Namun isu ini menjadi politis saat Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara Februari lalu menanya anak buah.

Perihal gaji pegawai non-ASN, akhir tahun lalu PT Mercer Indonesia memperkirakan kenaikan gaji pegawai 2019 di delapan sektor industri rata-rata delapan persen. Salah satu sektor tersebut adalah jasa keuangan.Asyik, gaji PNS naik. Swasta? Silakan...


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...swasta-silakan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Asyik, gaji PNS naik. Swasta? Silakan... BMKG: Gempa M 5,5 guncang Kabupaten Aceh Singkil

- Asyik, gaji PNS naik. Swasta? Silakan... BMKG: Gempa M 5,1 guncang Maluku Tenggara Barat

- Asyik, gaji PNS naik. Swasta? Silakan... Kemenhub inspeksi Boeing 737 Max 8

Diubah oleh KASKUS.HQ 12-03-2019 04:20
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.8K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread739Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.