Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pujavespaAvatar border
TS
pujavespa
Waspada! Kurir JNE & J&T nakal
Selamat jam segini agan-agan..
Ikut curhat dulu ya soal ekspedisi yang ada aja kusutnya.

Bulan April & Mei lalu, waktu ane lagi hanimun beres kimpoi. Ada whatsapp dari customer ane, doi mau belanja dari lapak ane.
Case pertama, tas messenger Eastpak The Kruzier Original yang ane kirim pake ekspedisi J&T. Karena males kemana-mana, efek La Favela hari sebelumnya, ane cari nomer telfonnya di google. Waktu itu posisi ane lagi di Jimbaran. Di google nemu "Nomer telfon J&T Jimbaran/Nusa Dua langsung ane telfon dan kasih alamat rumah.
1 jam kemudian doi dateng nih, ane kasih paketnya dengan udah di bungkus kertas coklat, bubble wrap dan plastik bening. Nah si doi ga bawa resinya ternyata, dia bilang ntar dianter kesini 30 menitan. Ragu sih, tapi ane iyain aja. Lewat 30 menit doi bilang harus jemput paket lagi, minta waktu maksimal besoknya resi dikasih ke ane.

Besoknya ane dapet orderan lagi, karena inget ada kurir J&T yang mau ngasih resi, ane minta sekalian bawa resi lagi, ada kiriman lagi. Dateng deh doi dengan bawa 2 resi. Udah lega tuh gan ane disitu emoticon-Big Grin
Lusanya, ane track paketan yang pertama. Udah nyampe di buyer ternyata. Tapi dapet complain dari buyer katanya tas yang ane kirim rusak ini itu. Dan buyer minta refund. Udah ane mediasiim dengan buyer dan rekber sebelah, sebut saja si bukalapak. Ane di press sama kiri kanan gan emoticon-Frown ya terpaksa daripada reputasi toko yang udah ane bangun rusak, ane balikin duitnya dan terima tas yang rusak ini. Kata buyer paketan ane cuma dibungkus sama kertas coklat dan plastik J&T. Wah ini kacau banget kan.

Kiriman yang kedua, isinya coil art buat vape. Resinya ga bisa di track gaaaan!😩
Ane konfirmasi ke buyernya apa udah nyampe atau belum takutnya web nya error, ternyata belum juga. Ane lagi yang pasang badan untuk ngirim lagi. Daripada refund gan, makin totos ane emoticon-Frown
Kali ini ane pake jasa JNE Pick Up. Dapet nomernya jg dari google. Kebeneran setelah janjian sama orang JNE yang bakal ngambil paket jam 3 sore, jam 1an ane dapet order lagi Sepatu Vans Authentic Red jadi bisa kirim sekalian. JNE pick up kan kalo barangnya sedikit kena charge, ya sama kaya kita pake Ojek online ke TKP JNE nya, jadi ga masalah lah yaaaa.
Datenglah doi, doi bilang rulesnya 1x24 jam resi dianterin atau dikirim via whatsapp. Ane iyain aja gan, karena di Bandung juga beberapa kurir kaya gitu rulesnya.

Besoknya ane dikirimin screen shot, tracking resi yang udah di app MyJNE sama orang JNE dengan nomer berbeda sama kurir yang pick up. Setelah ane forward ke buyer ane, buyer Vans nanya kok ga bisa di buka dari web nomer resinya, dengan lempeng ane jawab mungkin lagi maintenance server nya JNE suka gitu.
Lewat 4 hari masih ga bisa di tracking, buyer udah ngomel2 dan share screenshot wall instagram ane, dan komen di lapak kaskus ane juga emoticon-Frown wah ancur lagi reputasi gara-gara ekspedisi, ane lagi yang pasang badan untuk refund duit buyer.

Kiriman yang isinya coil art buat vape juga ga nyampe-nyampe sampe saat ini. Buyer masih ngontek ane, ane bulak-balik ke CS JNE di jl. Soekarno Hatta dan tanggapannya cuma "Baik pak, akan kami tindak lanjuti", ane komplain lewat email ke Customer Care JNE, dijawabnya sama mulu kaya pake BOT.
Sepertinya ane harus pasang badan lagi nutupin kusutnya ekspedisi.

Anehnya nih gan, ane ngirim oleh-oleh ke orang tua dan mertua ane sama kurir JNE yang ngambil paketan ane itu, paketnya nyampe dengan selamat sentosa aman. Padahal case nya sama-sama ga bisa di track juga resinya.

Pelajaran yang ane dapetin dari case ini adalah:
Sebagai seller, kalo belum ada orang kepercayaan di ekspedisi yang tugasnya anter-jemput paket mendingan langsung ke agen / kcp ekspedisi tsb.
Jangan lupa juga fotoin paket agan-agan sebelum dikirim lewat ekspedisi dan dikasih liat ke counter/kurir pick up & buyer. Jadi kalo ada apa-apa agan punya bukti kalo barang yang agan kirim sesuai deskripsi dan aman.
Dan selalu menghubungi call centre kalo agan mau di pick up paketnya, jangan cari dari google, takutnya orang yang ngaku-ngaku aja.

Semoga ekspedisi di Indonesia yang makin banyak namanya ini, bisa megang kepercayaan customernya dan bisa tanggung jawab dengan apa yang terjadi dengan kiriman paket.
0
45.5K
25
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.