• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Stop rudapaksa Kata "Pencitraan" dalam Konteks Sosial-Politik Kita!

VolkswagenPutihAvatar border
TS
VolkswagenPutih
Stop rudapaksa Kata "Pencitraan" dalam Konteks Sosial-Politik Kita!
Quote:




To the pointaja, menurut gue pencitraan dalam politik adalah hal yang penting dan wajib dilakukan. Kenapa? gue akan jelasin secara mudah dan semoga bisa dipahami supaya lo bisa open minded atas upaya pencitraan yang dilakukan politisi kita.

Mungkin disini lo pasti gak akan setuju karena pikiran kita udah terinsepsi anggapan kalau pencitraan adalah hal yang negatif dan hanya sekedar pembohongan kepada publik. Tapi lo harus tahu kalau anggapan tersebut merupakan anggapan yang dangkal dan sangat awam.



Jadi gini, setiap partai politik atau politisi mempunyai hak dan menurut gue wajib untuk melakukan pencitraan. Hal tersebut dikarenakan pencitraan merupakan suatu strategi atau cara mencapai kekuasaan melalui cara memengaruhi pandangan masyarakat.

Tentunya ini bukan dalam konteks negatif, pencitraan dalam politik harus dilakukan berdasarkan apa yang politisi itu punya atau pernah dilakukan. Jika politisi melakukan suatu pencitraan tetapi tidak sesuai dengan realita yang ada, itu mengartikan kalau politisi tersebut bukan melakukan pencitraan, tapi pembohongan (IMHO).



Dalam situasi politik yang semakin panas ini, kiranya kita harus segera paham dan terus mengembangkan kemampuan kita dalam membaca gerakan politik dari suatu politisi agar tidak cepat mengambil kesimpulan atau biasa disebut netizen sumbu pendek.

Lo harus tahu kalau pencitraan dalam politik itu biasa disebut politik pencitraan atau imaging politic. Gue tahu ini akan terdengar seperti kuliah yang membosankan, tapi lo harus paham ini agar opini lo di medsos gak dikit-dikit ngomong "ah pencitraan nih" ke politisi yang lo gak suka.



Menurut buku-buku marketing politik, sosiologi politik, komunikasi politik, dan teori politik kontemporer yang pernah gue baca menyatakan bahwa Imaging politic adalah cara bertindak dalam membentuk citra yang diinginkan kepada publik, tentunya dalam bentuk sikap, perilaku, pendapat, dan gagasan.

Dari pengertian tersebut kita bisa menganalogikan politisi A yang ingin menguasai pemerintahan atau parlemen berupaya menarik suara masyarakat dengan cara bertindak. Nah bertindaknya melalui apa? tentunya dengan cara dia bersikap, berperilaku, berpendapat, dan juga mengeluarkan gagasan. Apakah politisi A ini bisa disalahkan? tentu tidak bro.

Kalau lo menyalahkan politisi A melakukan pencitraan karena dia bersikap, berperilaku, berpendapat, dan mengeluarkan gagasan untuk meningkatkan persona dia, tandanya lo yang belum dewasa untuk menghirup indahnya alam demokrasi.



Sebenarnya simpel, semua politisi sudah pasti melakukan pencitraan. Medianya pun ada banyak, bisa melalui media sosial ataupun kampanye offline. Pemasangan spanduk dengan jargon dan misi yang ingin dilakukan juga merupakan pencitraan.

So, menurut gue kita sebagai masyarakat yang sekarang ini hidup di era demokrasi yang cukup berkembang harus menahan emosi kita untuk mengambil pernyataan dan men-cap bahwa politisi A atau B adalah politisi kalengan karena melakukan pencitraan. Bro, semua politisi pasti melakukan pencitraan, percaya deh. Kalau ada suatu politisi atau partai politik bilang ga melakukan pencitraan, tandanya dia lagi berbohong tuh.



Kalau lo setidaknya sudah paham sedikit saja dari inti tulisan gue ini, pasti lo akan mengambil sikap yang berbeda jika ada politisi melakukan pencitraan. Lo bukan lagi marah dan jengkel, tapi memaklumi bahwa itu merupakan usaha politisi tersebut dalam memasarkan gagasan dan arah politiknya.

Kiranya kita sebagai masyarakat biasa yang perlu mengoreksi diri lebih dalam untuk memilah-milah politisi mana yang sesuai dengan arah kemajuan yang kita inginkan. Lagian lo bisa tahu darimana gagasan politik dari suatu politisi kalau politisi tersebut gak melakukan politik pencitraan? Paham kan.
6
4.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.