Penyebab Shock Motor Jadi Keras Dan Biaya Normal Servisnya
TS
budibenedektus
Penyebab Shock Motor Jadi Keras Dan Biaya Normal Servisnya
Quote:
Spoiler for kalimat pembuka:
Shock breakermotor berfungsi untuk menetralisir kejutan atau sebagai peredam goncangan jalan pada saat kendaraan bergerak. Bantingan shock breaker motor yang empuk sangat diperlukan untuk memberikan rasa nyaman ketika berkendara. Namun juga namanya benda bergerak pasti akan ada suatu kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut, seperti bantingan shockbreaker motor jadi keras
.
Spoiler for kalimat isi:
Biasanya bantingan keras disebabkan oleh beberapa faktor seperti, usia pemakaian shockbreaker yang sudah terlalu lama, sehingga menyebabkan kinerja shock bisa berkurang. Namun usia ini ditemukan oleh gaya dan cara pemakaian, Selain itu faktor lain penyebab bantingan shockbreaker jadi keras ialah per/spring yang sudah tua juga akan mengurangi kinerja komponen ini, serta kualitas oli yang ada di dalam tabung shock berkurang seiring bertambahnya umur dan pemakaian motor.
Ada juga komponen lain yang ada pada shock seperti seal yang berfungsi menahan tekanan oli dan as, jika satu komponen ini rusak maka dengan otomatis oli yang ada oli di dalam tabung akan keluar dari dalam dengan sendirinya ketika shock bekerja.
Jika sobat semua mengalami kejadian seperti diatas maka itulah pertanda penyebab awal bantingan shockbreaker jadi keras, untuk menangani hal tersebut ada beberapa tips yang perlu sobat lakukan untuk menangani nya yaitu dengan cara membongkar dan mengecek satu per satu komponen yang rusak, sesuai dengan gejalanya.
Jika oli berkurang sobat bisa menyesuaikan nya dengan takaran yang pas. Untuk takaran motor matik dan bebek ialah berkisar adalah 70 hingga 80 MiliLiter, sedangkan jika motor sobat berjenis motor sport ukuran lebih banyak karena tabung dan komponen lainnya lebih besar untuk takaran olinya antara 150 cc 170 MiliLiter. Ukuran tersebut merupakan takaran untuk satu buah tabung shock depan.