Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

solidsnakezAvatar border
TS
solidsnakez
Apakah anda tertarik untuk bekerja di proyek?
Halo gan, perkenalkan, saya adalah fresh graduate yang saat ini bekerja di kontraktor pertambangan. Saya hanya ingin sharing pengalaman saya disini dan ingin tahu apakah pendapat agan2 sekalian tentang bekerja di proyek. Saya sendiri merupakan lulusan teknik jadi memang kebetulan saya tahu saya memang kemungkinan besar akan bekerja di proyek setelah saya lulus. Kebetulan lokasi saya bekerja adalah salah satu perusahaan tambang terbesar di bagian Timur Indonesia.



Saya sendiri bekerja di perusahaan internasional jadi untuk fasilitas bisa dibilang cukup baik. saya mendapatkan roster sekitar 2 bulan bekerja dan 1 bulan libur, akan tetapi selama 2 bulan tersebut saya hanya bisa mendapatkan 4 kali off. Kami mendapatkan roster tersebut karena memang kami dibutuhkan untuk berada di site setiap hari. Untuk pekerjaan pun, kami melakukannya sebagian besar di kantor, hanya sesekali kami dibutuhkan untuk ke lapangan, untuk mengecek progress dan mengecek kondisi apabila ada tugas tambahan yang harus dikerjakan.

Untuk salary pun, bisa dikatakan tinggi untuk ukuran Indonesia, karena hampir 6-7 kali UMR DKI Jakarta tergantung dari jumlah bonus yang didapatkan. Adapun kelebihan dan kekurangan akan saya rangkum di bagian bawah:
Kelebihan

  1. Finansial



Dengan gaji besar ditambah lokasi kerja terpencil akan membangun kekuatan finansial agan2 menjadi sangat kuat. Apalagi, saat bekerja di proyek, pengeluarkan akan minimal pula ditambah dengan gaji melebihi orang yang bekerja di kota. Disana tempat tinggal telah disediakan, termasuk biaya air dan listrik, jadi pengeluaran agan2 selama bekerja bisa sepenuhnya untuk istri dan anak2 jika anda sudah berkeluarga. Untuk makanan pun disediakan oleh perusahaan walaupun ada restoran disini, tetapi ada opsi apakah ingin makan di mess atau ingin makan di restoran.
  1. Kesehatan




Kalau untuk poin yang ini, agak relatif karena mungkin situasi kerja di proyek lain berbeda. Tetapi di tempat saya bekerja, lokasi berada di gunung, jadi udara yang dihirup pun lebih bersih, ditambah larangan untuk membawa kendaraan pribadi ke lokasi kerja termasuk mobil ataupun motor memacu orang-orang untuk berjalan kaki ataupun memakai fasilitas bus yang disediakan. Untuk orang Indonesia yang rata2 setiap hari menggunakan mobil atau motor untuk berpergian akan merasakan kesehatan membaik dengan meningkatnya intensitas jalan kaki.

  1. Hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja



Biasanya pekerja di proyek akan tinggal bersama dengan rekan kerja mereka dan ini tentunya akan menambah keakraban dengan teman pekerja karena selain teman kerja, mereka juga menjadi seperti keluarga yang tinggal bersama.

  1. Keanekaragaman



Pekerja disini berasal dari suku yang berbeda di seluruh Indonesia, ditambah dengan pekerja dari luar Indonesia akan meningkatkan pengalaman agan-agan untuk bertemu dan bekerja bersama dengan orang dari suku lain di seluruh Indonesia, agan akan belajar tentang bahasa mereka, adat istiadat dan bahkan makanan khas tradisional mereka.

Adapun di balik kelebihan yang ada, ada juga kekurangannya:
Kekurangan

  1. Jauh dari keluarga dan kebosanan

.

Untuk kerja di proyek, rasa kesepian akan selalu menghantui karena jarak yang cukup jauh dengan anak istri, sanak saudara ataupun teman di kampung halaman. Karena itu penting untuk menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja karena merekalah keluarga di tempat kerja dan ini tentunya akan meredam rasa kesepian.

Terlebih untuk para pekerja yang memiliki pacar di luar jobsite alias menjalani long distance relationship, terkadang pertengkaran tidak jarang terjadi. Apalagi jika komunikasi tidak lancar yang dapat mengancam retaknya suatu hubungan.

Selain itu, berada di jobsite bagi sebagian orang, seperti merasa di penjara. Pekerjaan sehari2 hanya termasuk kerja dan tidur. Rutinitas seperti ini bisa menekan mental seseorang sampai ia stres.

Biasanya ini merupakah salah satu alasan beberapa pekerja resign

Untungnya, walaupun saya berasal dari kota, saya mempunyai hobi seperti main game dan ini membantu saya untuk menghilangkan rasa jenuh ketika di tempat kerja.


  1. Ketidaknyamanan
.

Biasanya lingkungan kerja proyek memang tidak nyaman. Itu bisa dari iklim lokasi kerja yang teralu dingin ataupun teralu panas. Polusi udara yang tinggi ataupun dari fasilitas yang kurang memadai seperti aliran listrik atau air yang tidak lancar. Kalau untuk saya pribadi, hal yang membuat kurang nyaman termasuk dari fasilitas transportasi yang kurang memadai, seperti bis yang seringkali tidak cukup untuk mengangkut seluruh karyawan ataupun harus berjalan ke tempat tujuan karena tidak adanya kendaraan disana, ditambah kontur yang jalan yang disertai turunan atau tanjakan tajam membuat tenaga seolah terkuras ketika ingin berpergian.

  1. Orang yang sama dimana-mana

Karena setelah bekerja para karyawan kembali ke barak yang sama, akan cenderung timbul perasaan bosan karena mereka bertemu dengan orang yang sama setiap hari. Apalagi jika ditambah ada permasalahan di tempat kerja ataupun di tempat tinggal, waduh bisa2 masalah tersebut di bawa ke dunia kerja ataupun tempat tinggal


Adapun hal2 diatas merangkum apa yang saya rasakan ketika bekerja di proyek. Agan2 dengan pengalaman yang sama seperti saya silahkan menambahkan poin2 yang agan rasakan. Untungnya sudah berjalan hampir setahun saya bekerja disini dan masih tetap betah dan saya rasakan finansial saya . Tolong diisi poll di thread ini, apakah anda ingin bekerja di proyek walaupun harus jauh di kampung halaman dan hidup tanpa hiburan tetapi sebagai gantinya memiliki finansial yang kuat ataukah anda memilih untuk bekerja di kota agar bisa senantiasa berkumpul bersama keluarga walaupun harus hidup sederhana..

Sekian, terima kasih..
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 0 suara
Apakah anda ingin kerja di proyek
Tentu, waktu bersama keluarga bisa dikorbankan tentunya
0%
Gak, Mendingan bisa ngumpul bareng keluarga tiap hari
0%
0
4.8K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.