Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ikardusAvatar border
TS
ikardus
Unggah Video Lama Jokowi Bagi Sembako, Ketua BPD Prabowo Diperiksa Bawaslu
Merdeka.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor melakukan pemeriksaan terhadap Ketua Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Kota Bogor, Riyanti Suryawan.

BERITA TERKAIT
Ulama Aceh: Ma'ruf Sangat Paham Ekonomi Syariah, Wajib Didukung
Sejak 2017, Program Vokasi Industri Telah Gaet 400.000 Siswa SMK
110 BUMN Buka 11 Ribu Lowongan Kerja, 104.000 Orang Pelamar Sudah Mendaftar

Pemeriksaan tersebut dilakukan pada Jumat (8/3) terkait penyebaran konten video saat Joko Widodo ( Jokowi) membagikan sembako di Kampung Kramat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Video tersebut oleh Riyanti kemudian diupload melalui media sosial Facebook pribadinya.

Koordinator Divisi Sengketa Pemilu Bawaslu Kota Bogor Sasongko Putra mengatakan, pihaknya telah membentuk tim investigasi untuk melakukan pencarian informasi terkait video tersebut.

Hasilnya, sambung Sasongko, video yang diunggah Riyanti adalah video lama. Sasongko menyebut, video Jokowi bagi-bagi sembako di Kota Bogor itu terjadi pada tahun 2016.

"Itu yang melaporkan dari Ketua Bawaslu Provinsi. Selanjutnya, kami dari Bawaslu Kota Bogor melakukan penelusuran. Setelah itu kami akhirnya melakukan gugus tugas investigasi pencarian informasi. Hasilnya ternyata video tersebut adalah video lama," jelas Sasongko, saat dikonfirmasi, Sabtu (9/3/3019).

Dirinya melanjutkan, atas hasil investigasi itu, pihaknya akan menggelar rapat pleno untuk menentukan apakah Riyanti melakukan pelanggaran terkait penyebaran video hoaks atau tidak.

"Nanti akan kita terangkan dalam bentuk pleno. Saksi IT sementara belum ada, baru pemanggilan saksi. Tenggat waktu biasanya 7 hari," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Daerah Prabowo-Sandi Kota Bogor Riyanti Suryawan membenarkan pemeriksaan terhadap dirinya.

"Saya ditanya perihal dari mana saya mendapatkan video itu. Untuk jumlah pertanyaannya saya enggak hafal, tapi poinnya seputar video yang saya unggah di Facebook," tutur Riyanti, Sabtu.

Riyanti menjelaskan, dirinya tidak bermaksud apa-apa soal video yang dia unggah itu. Ia menuturkan, dua hari sebelumnya video tersebut sudah viral di Facebook dan juga di grup WhatsApp.

"Saya mendapatkan video itu juga dari WA grup, lalu saya share di FB. Saya tidak ada maksud apa-apa," pungkas Riyanti. [bal]

sumber https://www.merdeka.com/politik/ungg...a-bawaslu.html
Diubah oleh ikardus 09-03-2019 13:47
2
4K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.