Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amnessterzAvatar border
TS
amnessterz
Bikin Nasi Bakar Simpel Yuk
Halo Agan dan Sista
Kali ini ane coba berbagi resep dah, makanan yang menurut ane simpel banget dan lumayan mengenyangkan yaitu Nasi Bakar. Resep nasi bakar mungkin sudah banyak berhamburan di jagad internet ini, biasanya orang ogah mencoba bikin  karena males cari bahan nya, termasuk ane. Akhirnya sampe pada beberapa hari lalu, ane iseng bikin nasi goreng pake bumbu instan, nah secara kebetulan di bungkus bumbu tersebut ada resep nasi bakar. Setelah ane baca-baca, wah ternyata simpel sekali  resepnya, maka ga ragu lagi langsung ane coba eksekusi tuh resep. Sebelum mulai eksekusi resep, ane sudah membayangkan, kalo hasilnya nanti bakal simpel banget, ga semewah buatan warung makan yang pake isian sumsum tulang sapi atau lemak sapi itu, tapi it’s ok lah, minimal ane yakin bisa bikin yang rasanya pas di lidah dan yang paling utama, terasa aroma daun pisang nya setelah di panggang.

Ok tanpa banyak cing-cong lagi, siapain bahan dan alatnya.

Bahan:
Spoiler for bahan:


1. Nasi
Usahakan udah dingin atau udah keluar dari magicom ya, biar tidak lengket.
2. Bumbu nasi goreng
Biar ga ribet masukin cabe, garam, gula, micin segala macem. Kalo merk & rasanya terserah preferensi agan dan sista.
3. Telur
Sesuaikan dengan takaran, separuh piring nasi di foto ini, ane pake satu butir aja.
4. Kacang polong
Sifatnya pelengkap aja kok ini, sebagai tambahan sayuran & biar ada warna warni nya. Tapi ane suka banget pake ini.
5. Irisan ati ampela
Ini juga pelengkap aja, itungan nya tambahan protein aja. Tapi ane juga suka banget ini.
6. Daun pisang
Buat bungkus, apalagi. Eh tapi beneran, setelah dipanggang, duh harumnya bikin ngiler.
7. Margarin
Sebagai pengganti minyak goreng. Kelebihan margarin dibanding minyak goreng, entar gan/sis, lanjutin membacanya.

 Alat:
1. Wajan goreng
2. Spatula
3. Wajan panggang
4. Pisau 
5. Lidi

Nah terus cara bikin nya:

1. Setelah semua bahan siap, barulah kita panaskan wajan/penggorengan. Pake api sedang dulu aja, setelah agak panas, masukan margarin secukupnya. Nah alasan kenapa ane selalu pake margarin dibanding minyak goreng, adalah karena margarin tidak membuat nasi hasil digoreng nanti menjadi basah seperti bila digoreng dengan minyak. Selain itu, meski kita kasih banyak margarin, rasa minyaknya tetap terasa tipis, tidak seperti minyak goreng yang rasa nya bikin tenggorokan gimana gitu (dalam hal ini kira-kira ane pake satu sendok makan). Selain itu margarin juga bikin nasi tidak lengket di wajan.
Spoiler for panaskan wajan & margarin:



2. Setelah margarin mencair, masukan nasi. Putar api kompor ke yang paling besar, aduk-aduk sampe nasi tidak menggumpal. Di bagian ini mungkin butuh sedikit jam terbang, terutama cara menggunakan api besar dan teknik mengaduk nasi sampe tidak menggumpal.

3. Bila nasi sudah tidak menggumpal dan tidak lengket, kecilkan api kompor, aduk sebentar supaya tidak ada yang lengket/gosong di bagian bawah. Kalo sudah, masukan pelengkap seperti irisan ampela dan kacang polong. Besarkan kembali apinya, aduk sampe rata.
Spoiler for masukan pelengkap:


4. Setelah nasi dan pelengkapnya merata, kecilkan lagi apinya, masukan bumbu nasi goreng instan sampe rasanya cocok dengan selera kita. Kalo ane sih karena suka yang spicy, jadi ga akan menahan diri untuk naburin bumbu nya. 
Quote:

Spoiler for tabur saja jangan ragu:



5. Besarkan api, aduk sampe rata, jangan lama-lama tapi, ntar keburu kering. Kalo udah rata warna nya, segera matikan api, aduk-aduk lagi supaya ga ada yang gosong didasar wajan karena wajan masih sangat panas untuk sementara. Sedikit tips, kalo goreng nasi, sebaiknya emang pake api besar supaya minyak ga lengket dan nasi tidak menggumpal serta lebih kering.

6. Setelah kita aduk-aduk sebentar sampe suhu nya sedikit turun, masukan telur, aduk rata. Lho kok telurnya terakhir?  Iya gan/sis, inilah bedanya dengan nasi goreng, hal ini supaya nanti setelah dipanggang, telur yang belum matang tadi bisa bikin nasinya padat dan tampilan nya jadi cakep.
Spoiler for telur masuk terakhir:



7. Selesai di aduk rata, kemudian kita tuang ke daun pisang yang telah kita bersihkan, untuk di bungkus. Bungkus dan rekatkan dengan lidi.
Spoiler for porsinya kasih large biar lega:


8. Panggang diatas wajan panggang yang telah dipanaskan, bolak balik nasi yang telah dibungkus tadi. Jangan kuatir tumpah gan/sis, kalo udah rapet aman kok karena nasinya jadi padat karena telur tadi. Panggang cukup sampe agak ada noda gosong kecoklatan saja, jangan terlalu lama.
Spoiler for jangan terlalu gosong:


9. Angkat, letakan di piring. tambahkan sisa jeroan sebagai topping (kalo masih ada). Nasi bakar siap dinikmati.
Spoiler for tinggal kita basmi:


10. Masih ada sisanya? Tinggal di panggang sebentar sampe hangat, siap dinikmati untuk ronde ke-2.

Nah gimana gan/sis gampang banget kan ternyata bikin nasi bakar. Kapan-kapan ane mau nyoba lagi kalo ada bahan seperti lemak sapi dan bahan lain yang mantab-mantab sebagai pelengkap nya. Lemak dikit ga apa lah, micin dikit juga ga apa lah, yang penting kita jaga porsi makan jangan sampe overdosis. Selamat mencoba.

sumber gambar: koleksi pribadi
hvzalf
azid12353
ceuhetty
ceuhetty dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.7K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.