Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Banyak Pembatalan Penerbangan, Turis ke Labuan Bajo Turun 36 Persen
Labuan Bajo, salah satu destinasi wisata prioritas Indonesia mengalami penurunan wisatawan. Hal ini, disebebkan oleh sejumlah faktor.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Timur mencatat jumlah penumpang pesawat yang datang di Bandara Komodo, Labuan Bajo, pada Januari 2019 sebanyak 18.445 orang atau menurun 36,17 persen dari Desember 2018 sebanyak 28.896 orang.

BPS juga mencatat jumlah keseluruhan penumpang yang datang maupun berangkat melalui Bandara Komodo mengalami penurunan dari Desember 2018 sebanyak 50.953 orang menjadi 34.730 orang di Januari 2019.

Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong, ketika dihubungi Antara secara terpisah dari Kupang, mengakui bahwa arus penumpang pesawat yang datang ke daerah setempat menurun drastis pada Januari bahkan berlangsung hingga Februari 2019.

Menurutnya, salah satu penyebabnya karena adanya pembatalan layanan penerbangan dari sejumlah maskapai menuju daerah setempat.

"Garuda yang melayani rute Kupang-Ende-Labuan Bajo sempat tidak terbang, Wings Air yang langsung Kupang-Labuan Bajo juga tidak terbang, kemudian juga dengan maskapai penerbangan Citilink," katanya.

Maria mengaku pihaknya tidak mengetahui penyebab pembatalan layanan penerbangan sejumlah maskapai ini.

Namun, lanjutnya, kondisi tersebut turut menyumbang lemahnya kunjungan wisatawan ke tempat wisata di Labuan Bajo yang terkenal memiliki objek wisata Taman Nasional Komodo ini.

"Ini yang membuat pariwisata kami dalam dua bulan ini (Januari-Februari 2019) memang sangat lesu sekali karena tamu-tamu sepih," katanya.

Ia menambahkan, kondisi kunjungan wisatawan yang sepi ini akan berdampak pada berkurangnya pendapatan asli daerah (PAD) pemerintah daerah setempat.

"Apakah memang ini karena low season, kami tidak tahu, tapi kali sangat sepi dan pasti akan berdampak pada PAD kami di tahun ini," katanya.

Seperti yang diketahui, belakangan wisata di Labuan Bajo menjadi polemik. Terlebih, beberapa isu yang akan dilakukan pemerintah setempat terhadap TN Komodo. Tentunya, hal ini juga akan menghambat aktivitas pariwisata yang menjadi salah satu sumber pencarian utama warga sekitar.

https://m.detik.com/travel/travel-ne...urun-36-persen

Wong harga tiket pesawatnya muahalllll
Diubah oleh chemical.sapto 07-03-2019 18:50
0
3.2K
55
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.