• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menghadapi Teman Kos Menyebalkan Tanpa Bikin Konflik, Emang Bisa?

raiahAvatar border
TS
raiah
Menghadapi Teman Kos Menyebalkan Tanpa Bikin Konflik, Emang Bisa?


Yang pernah atau masih jadi anak kos ayo coba absen di mari!


Kos-kosan atau indekos memang bisa jadi pilihan tempat tinggal bagi siapa saja. Nggak cuma anak kuliahan yang tinggal jauh dari orang tua, tapi juga buat para pekerja yang merantau di luar kota sana. Cocok lah buat mereka yang memang ingin mencoba ingin hidup mandiri.

Meski demikian tinggal di kosan bukan berarti aman sentosa dan bahagia selamanya Gan. Kehidupan di kosan justru aslinya sering dekat sama yang namanya DRAMA. Nggak cuma karena namanya hidup emang ada naik turunnya, tapi juga karena seringkali kita harus berurusan sama teman kosan yang nyebelinnya kadang bikin kita berharap bisa tinggal di rumah sendiri aja Gan. #anakkosanpastipaham



Yah, namanya juga kosan Gan. Tinggal di kosan berarti kamu harus ikhlas tinggal dengan beragam jenis orang baru dalam satu atap kan. Itu makanya besar kemungkinan kamu bisa menemukan tipe-tipe anak kosan menyebalkan dengan berbagai karakter, dari yang demen ngutang, jorok nggak ketulungan, sampai yang suka seenak jidatnya pakai barang-barang orang tanpa ijin duluan.

Contohnya kayak pengalaman salah satu orang yang sempat viral di twitter beberapa waktu lalu ini nih. Mangkok yang dia punya dipakai teman kosannya jadi mangkuk untuk bikin masker wajah. Karena kesal akhirnya si empunya mangkok memberikan teguran tertulis kepada si pelaku. Ujung-ujungnya konflik pun tak terhindarkan.


Sumber: twitter/@eskepalsoju


Punya teman kosan yang menyebalkan emang menguji kesabaran. Pengennya sih cuek tapi kadang hal yang sama dilakukan berulang-ulang sampai akhirnya kita jadi nggak nyaman. Mau diam aja tapi mulai terasa terganggu, mau ditegur langsung tapi nggak enak duluan karena takut konflik berkepanjangan. Hadeh #Dramadrama.

Trus gimana dong?

Ada beberapa jalan yang menurut ane bisa Agan lakukan untuk menghadapi teman kos yang menyebalkan ini tanpa menimbulkan konflik dan perang dingin lainnya.

emoticon-Request


Baik-baikin dulu, jujur kemudian

Biasanya orang jadi makin kesal karena ada orang yang nggak dia kenal justru menegur kesalahan atau ngomelin kebiasaan buruknya. Jadi coba deh bersikap ramah beberapa waktu dulu ke dia. Dari menyapa atau nanya kabar atau ngobrolin hal-hal. Siapa tahu ketika udah merasa lebih kenal, teman kosan Agan jadi lebih terbuka dan menerima saran dari Agan termasuk saran untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan nyebelin dia.

Jadikan ibu kos sebagai penengah

Emang sih ada aja yang nggak suka ketika sesama anak kos ngadu ke ibu kos soal kebiasaan jelek penghuni kos lainnya. Tapi terkadang cara ini yang memang dibutuhkan. Butuh keberadaan penguasa yang sesungguhnya (dalam hal ini si pemilik kos) untuk mengeluarkan aturan atau titah yang mengakomodir kenyamanan bersama untuk penghuni kos. Untuk ngadu ke bu kos jangan gunakan kalimat-kalimat hasutan yang nggak berdasar dan terlalu memojokkan teman yang menyebalkan itu tadi ya Gan. Takutnya, ibu kos kelepasan bicara ke teman kos Agan dan ujung-ujungnya malah Agan yang dimusuhi teman sekosan Agan.



Sabar adalah koentji

Takut melakukan konfrontasi dan memberikan keluhan langsung ke si teman kos yang nyebelin karena nggak mau ada konflik-konflik lainnya ? Yaudah lah Gan, banyak-banyakin sabar aja. Coba maklumi tingkah polah menyebalkan si teman kos tersebut, bersabar dan berdoa aja semoga dia bisa berubah jadi lebih baik suatu saat. Kapan? Ya nggak tau. Sabar aja udah. emoticon-Stick Out Tongue

Pindah kosan aja lah udah

Ketika titik kesabaran mulai habis, kenyamanan semakin terganggu, tapi Agan nggak tahu apa yang harus diperbuat lagi, coba deh buat pertimbangkan pindah ke kosan aja. Yah, daripada sibuk ngomel-ngomel dan ngedumel tapi si teman kosan tetap menyebalkan dan nggak berubah, mending kamu cari kosan dengan penghuni yang lebih menyenangkan. Ya kan?

emoticon-Jempol

Yah, namanya juga hidup berdampingan. Kadang kita nggak menduga karakter-karakter orang seperti apa saja yang harus kita hadapi kan. Jadi yah, beginilah memang drama kosan yang harus kamu hadapi Gan.
Punya cerita menghadapi teman kos yang menyebalkan lainnya? Coba share di mari. Siapa tau jadi bisa berbagi tips dan pengalaman lainnya.

#SalamAnakKos



999999999
999999999 memberi reputasi
6
11.6K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.