Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wbshockAvatar border
TS
wbshock
Banjir Lagi Setelah Lima Tahun, Warga Green Garden Terkejut

Sebuah perahu kayu membawa warga melintasi banjir di jalan Panjang, Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat, (18/1). ANTARA/M Agung Rajasa

TEMPO.COJakarta -  Setelah lima tahun terbebas dari banjir, kawasan sekitar kompleks perumahan Green Garden di Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, kembali tergenang, Selasa 5 Maret 2019. Sebabnya adalah hujan pada Selasa pagi dan kiriman air dari hulu di Bogor yang membuat saluran air di kawasan Green Garden meluap.

Baca:
Jakarta Selatan Antisipasi Banjir di Seluruh Wilayahnya

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat, Imron Syahrin, menerangkan banjir disebabkan debit air yang meluap. Selain kiriman dari hulu, dia menunjuk faktor Kali Angke yang belum diturap sepanjang 500 meter. Imron menunjuk banyak lokasi di garis sepadan kali itu yang malah dijadikan hunian.
"Jarak kali dengan permukiman warga hanya tersisa 30 sentimeter. Akibatnya terjadi genangan terjadi di kawasan itu," ucapnya.

Untuk menghadapi banjir hari ini, Jakarta Barat menyiapkan pompa berkapasitas 1.000 liter per detik. Pompa ditempatkan di dekat kali untuk membantu menyedot air banjir.

Baca:
Hujan Lebat, BPBD Beri Peringatan Dini Banjir Jakarta

Pada saat yang sama sejumlah wilayah lain di Jakarta Barat juga terendam banjir. Di antaranya adalah di kawasan Kembangan Utara dan Patra. Kemacetan lalu lintas menjadi dampak lain dari genangan-genangan yang terjadi.
Di kawasan Green Garden, kemacetan lalu lintas terjadi hampir sepanjang hari ini. Kemacetan tidak berkurang lepas tengah hari sekalipun tinggi genangan mulai berkurang. Ini seperti yang dituturkan Tata (35 tahun) warga setempat. 

Baca:
Katulampa Siaga 3, Banjir Rendam Sebagian Jakarta


Tata mengaku terkejut dengan kejadian banjir hari ini. Menurutnya, banjir di kawasan itu terakhir kali terjadi pada 2014. Kala itu sejumlah warga terpaksa mengungsi karena banjir merangsek sampai ke dalam rumah. 
ANTARA

Tempe

Naturalisasi air ke tanah berhasil
5
6.6K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.