Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFariesAvatar border
TS
LordFaries
Cerdaskan Pemilih, Putra Cak Nun Buat Aplikasi Pilpres Pantau Bersama

Partisipasi masyarakat ikut mengawasi dan memilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sangat penting. Nah, sebagai anak bangsa vokalis Band Letto, Sabrang Mowo Damar Panuluh atau akrab disapa Neo ikut ambil bagian. Putra Cak Nun ini membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau Pilpres mendatang.

Pembuatan aplikasi ini berawal dari keprihatinannya melihat iklim politik menjelang Pilpres 2019. “Idenya ya ternyata masih banyak pemilih di Pilpres 2019 yang memilih pasangan capres dan cawapres tanpa berpikir rasional dan terjebak pada labelisasi sosok,” kata Noe Letto di Yogyakarta, Selasa (5/3/2019).

Menurut Noe, ada banyak pemilih yang menentukan pilihan tanpa melihat gagasan dari pasangan yang dipilihnya. Mereka terjebak pada politik identitas. Agar para pemilih tak terjebak, ia pun membuat aplikasi Pantau Bersama.

Pembuatan aplikasi sejak awal Januari 2019 ini akan membantu para pemilih menentukan pilihannya berdasarkan gagasan dan pilihan rasional.

“Kesulitan kita memilih karena bias personal dan terjebak politik identitas. Kalau sudah terlanjur senang ada enforcement ke personal itu. Kita coba memindah proses itu. Yang tadinya senang duluan di awal (senang pada salah satu capres-cawapres) baru mengumpulkan data dibalik menjadi mengumpulkan data dulu baru senang dengan keputusannya atau pilihannya,” terang Neo.

Noe menambahkan, Aplikasi Pantau Bersama didesain agar membuat pemilih di Pilpres 2019 menjadi lebih rasional dan cerdas. Dengan memilih dengan rasional diharapkan para pemilih bisa menentukan pilihan terbaiknya di Pilpres 2019.

“Aplikasi ini membantu kita berpikir lebih rasional. Juga membantu memantau diri sendiri di era informasi yang semua keputusan serba emosional. Sehingga keputusan yang serba emosional itu menjadi keputusan yang rasional. Biar pesta demokrasi menjadi menyenangkan,” papar pria berambut keriting ini.

Dalam aplikasi ini tersedia tanya jawab. Para pengguna bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan akan dijawab oleh kubu duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin maupun duet Prabowo-Sandi. Pertanyaan dari para pengguna aplikasi ini akan dimasukkan ke dalam Tanya Kandidat. Pertanyaan tersebut lalu akan dijawab di Kata Kandidat.

“Konsepnya tanya jawab. Nanti setiap pertanyaan akan dijawab tetapi di awal kita tidak akan menyebutkan jawaban itu dari jawaban pasangan 01 atau 02. Nanti penanya akan memilih jawaban yang sesuai dengan pertanyaannya yang mana. Setelah itu aplikasi akan memberitahu itu jawaban dari pasangan 01 atau 02. Jadi yang dinilai gagasan dari jawaban itu," urai Noe.

Noe mengaku, pembuatan aplikasi Pantau Bersama ini telah mendapat apresiasi dari temannya di India dan Malaysia. Kebetulan dua negara tersebut pun akan menggelar pesta demokrasi seperti di Indonesia.

“Sempat ketemu teman dari India dan Malaysia yang mereka juga akan mengadakan pemilu juga. Mereka tertarik karena menurut mereka ini aplikasinya pertama di dunia. Simpel konsepnya tapi membuat pemilih menjadi rasional. Ayo silahkan manfaatkan Aplikasi Pantau Bersama dengan baik,” terang Putra Cak Nun ini. (*)

https://m.timesjember.com/berita/65295/cerdaskan-pemilih-putra-cak-nun-buat-aplikasi-pilpres-pantau-bersama#!-_-

9
3.8K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.