Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabar.kaburAvatar border
TS
kabar.kabur
Survei: Pemilih Muslim Prabowo Ingin Indonesia Seperti Timur Tengah
JawaPos.com – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memotret keinginan pemilih terhadap dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari kalangan muslim. Dari hasil survei tersebut terdapat dua keinginan..
Untuk pemilih muslim pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mayoritas menginginkan Indonesia harus seperti negara Timur Tengah atau Arab. Sementara pemilih pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menginginkan Indonesia dengan kekhasan Pancasila.

Ardian Sopa, peneliti LSI Denny JA menyebut, dari 1.200 orang total responden, 87,8 persen merupakan pemilih muslim. 54,1 persen di antaranya merupakan pemilih Prabowo-Sandi. Mereka menginginkan Indonsia harus seperti dunia Timur Tengah. Angka itu turun dari survei sebelumnya, yang dilakukan pada Januari 2019, yaitu sebesar 67,6 persen.

“Dalam kurun waktu 6 bulan, di pemilih muslim dukungan atas Prabowo-Sandi cenderung menurun,” ujar Ardian Sopa di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, (5/3).

Pemilih muslim Prabowo-Sandi yang menginginkan Indonesia harus khas dengan Pancasila hanya 33,4 persen. Angka tersebut turun dari 36,9 persen di survei Januari lalu. Pada Desember 2018 sebesar 32,3 persen.

Sementara itu, pemilih kubu petahana angka yang menginginkan Indonesia harus khas Pancasila grafiknya menanjak. Pada Desember 2018 hanya sebesar 52,2 persen, saat Februari sudah 57,2 persen.

“Dalam kurun waktu 6 bulan, pemilih muslim Jokowi-Ma’ruf meningkat. Terutama di pemilih yang menilai Indonesia harus khas Pancasila,” sambung Ardian.

Sedangkan, pemilih Jokowi-Ma’ruf yang menginginkan Indonesia harus seperti dunia Timur Tengah hanya 45,9 persen. Dari sebelumnya 26,5 persen di Januari.

Untuk diketahui, survei LSI ini dilakukan dalam rentang waktu 18-25 Februari 2019, melibatkan 1.200 responden. Metode yang digunakan multistage random sampling. Menggunakan wawancara tatap muka. Margin of error survei 2,9 persen.



https://m.jawapos.com/nasional/pemil...-timur-tengah/


7
4.7K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.