Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mullupusAvatar border
TS
mullupus 
Sakit Gigi? Coba Cara Ini, Gan!
Sakit gigi sama sakit hati adalah dua hal yang enggak bisa dipisahkan. Ketika lagi sakit gigi, seseorang malah ingin sakit hati. Begitu juga sebaliknya. Udah, ngaku aja gan! emoticon-Ngakak (S)

Sakit gigi bisa dikatakan penyakit umum yang bisa menimpa segala usia. Biasanya diawali dengan rasa nyeri yang luar biasa dan dibarengi dengan gusi bengkak. Muka jadi agak gimana gitu! emoticon-Berduka (S) Jika sakit gigi masih tergolong ringan, bisa ditangani di rumah. Kira-kira bagaimana ya cara mengatasinya? emoticon-Bingung (S)

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh sisa makanan yang menempel di gigi. Sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri. Ibarat mantan dan kenangannya yang ketinggalan, ini nih yang bikin sakit! Awalnya kecewa, kecewa, eh sakit sendiri. emoticon-Cape d... (S)Balik lagi ke sakit gigi, bakteri itu kemudian membentuk plak lengket yang menempel di permukaan gigi dan dapat menggerogoti lapisan luar gigi. Jangan dibayangin! emoticon-Hammer (S)

Oh iya gan, sakit gigi bisa ditangani dengan antibiotik dan obat pereda nyeri loh! Namun, agan bisa coba cara ini di rumah. Cara ini bertunjuan untunk membantu mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman akibat sakit gigi. Ini dia gan:

  1. Membersihkan gigi dengan benar



Photo by Moose Photos from Pexels


Masalah paling umum penyebab sakit gigi adalah kurangnya kebersihan gigi dan mulut. Disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang dapat menjangkau sela-sela gigi dan berkumurlah dengan obat kumur. Cara ini bisa mengatasi masalah gigi akibat sisa makanan yang menyangkut di sela gigi. Apabila kondisi terus berulang, disarankan untuk memeriksakan segera ke dokter gigi.

Btw gan, udah pada sikat gigi dua kali sehari belum? emoticon-Big Grin

  1. Berkumur dengan air garam




Air garam disinyalir merupakan desinfektan alami yang dapat mengurangi peradangan menyembuhkan luka di mulut. Campurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat pereda sakit gigi. Air garam juga bisa membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi. emoticon-Wowcantik

  1. Gunakan minyak cengkeh




Minyak cengkeh memiliki senyawa kimia eugenol yang bersifat anestesi dan antibakteri yang bisa meringankan gejala sakit gigi. Campurkan tiga tetes minyak cengkeh dengan seperempat sendok teh minyak zaitun. Gunakan kapas untuk menyerap campuran tersebut, kemudian taruh kapas di gigi yang sakit. Cara ini dipercaya bermanfaat meredakan nyeri, gan. emoticon-thumbsup

  1. Kompres gigi dengan kantung teh




Selain bisa diminum, teh celup berguna sebagai obat sakit gigi di rumah. Gimana cara ngatasin sakit gigi dengan teh celup?

Pertama, rendam kantung teh dalam air panas selama beberapa detik. Setelah itu letakkan kantung teh panas tersebut di gigi yang sakit. Teh yang mengandung asam tannic dipercaya dapat mengurangi pembengkakan.

  1. Kompres dengan air dingin




Cara lain yang bisa agan coba yaitu mengompres gigi dengan air dingin. Gunakan air dingin pada sisi luar pipi untuk meredakan rasa nyeri. Disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang lembut.

Cara-cara di atas bisa agan coba. Dan apabila rasa nyeri belum hilang juga, segera datang ke dokter gigi terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat, gan! emoticon-linux2


Diubah oleh mullupus 20-02-2019 09:16
3
1.8K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.