azkaraharja999Avatar border
TS
azkaraharja999
Jokowi: Silakan Lihat K-Pop, tapi Kita Punya Musik Lebih Bagus

Menerima siswa SMA Taruna Nusantara di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk mencintai kearifan lokal agar Indonesia bisa bertahan dari infiltrasi budaya asing.

Menurutnya, jika masyarakat sadar dan peduli dengan budaya sendiri, maka ketakutan akan pengaruh dari luar itu tidak akan muncul. Jokowi mencontohkan masyarakat Indonesia boleh menikmati budaya atau seni dari luar negeri asalkan tidak melupakan budaya sendiri.

"Kita boleh saja lihat K-Pop (musik pop Korea), tapi kita sendiri kan punya musik yang lebih bagus, keroncong, dangdut, musik di Ambon, dan lagu-lagu daerah di seluruh penjuru tanah air," kata calon presiden petahanan itu, Senin, 4 Maret 2019.

Jokowi mengungkapkan kekhawatirannya akan budaya Indonesia yang tergerus budaya asing. Ia meminta pemerintah memberikan wadah agar masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pelajaran tentang kebudayaan lokal. Kepada para siswa SMK Taruna Nusantara, Jokowi menuturkan menikmati budaya asing cukup sebatas untuk perbandingan saja.

"Kalau mau nonton (K-Pop) silakan sebagai komparasi, gak ada masalah."

Guna mencegah infiltrasi budaya asing, pemerintah telah menerapkan pendidikan karakter dan budi pekerti di sekolah-sekolah. Pemerintah beralasan pendidikan itu harus ditumbuhkan pada anak sejak usia dini.

"Kalau kita sadar dengan budaya kita sendiri, karakter ke-Indonesiaan, ya, gak perlu khawatir. Masuknya budaya luar ke Indonesia gak perlu khawatir," kata Jokowi.

Sumber Berita : https://nasional.tempo.co/read/11816...s/full&view=ok 

tata krama pak, harus di jaga juga...
emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Cendol Gan
-10
2.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.